Kiat Memilih Kopi Kekinian yang Aman untuk Lambung

Oleh dr. Andika Widyatama pada 09 Nov 2017, 14:53 WIB
Anda salah satu penikmat kopi kekinian? Berikut kiat memilih kopi kekinian yang aman untuk lambung.
Kiat Memilih Kopi Kekinian yang Aman  untuk Lambung

Klikdokter.com, Jakarta Kopi kekinian kian gencar dipasarkan kepada masyarakat. Banyak produk kopi kekinian yang dicampur dengan bahan lain, seperti susu dan gula aren, untuk menambah cita rasa. Meski demikian, Anda tetap harus ingat bahwa yang Anda minum tetaplah minuman kopi.

Sering mengonsumsi kopi bisa menyebabkan masalah di lambung Anda. Kandungan kafein dan asam klorogenat pada kopi dapat memengaruhi produksi asam lambung yang kemudian dapat menimbulkan masalah, salah satunya sakit mag.

Nah, berikut kiat aman mengonsumsi kopi kekinian supaya tidak menimbulkan masalah di lambung:

  • Konsumsi kopi dalam keadaan lambung terisi

Biasakan minum kopi setelah lambung Anda terisi oleh makanan. Kondisi lambung yang terisi dapat meminimalkan paparan asam lambung terhadap mukosa lambung.

  • Pilih kopi yang disangrai paling gelap

Kopi yang disangrai paling gelap (dark roast coffee) adalah kopi yang disangrai dalam waktu lama. Makin lama biji kopi disangrai, makin meningkatkan produksi zat N-methylpyridinium (NPM). NPM bisa melindungi mukosa lambung.

Proses sangrai juga dapat menurunkan kadar asam klorogenat, salah satu zat yang merangsang produksi asam lambung. Selain itu, dark roast coffee memiliki kadar kafein paling sedikit.

1 of 2

Selanjutnya

  • Minum kopi dingin

Kopi dingin (cold brew coffee) dibuat dengan cara direndam di dalam air dingin selama 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Cold brew coffee memiliki nilai pH yang lebih tinggi sehingga kurang asam dibanding kopi biasa. Kadar kafeinnya pun lebih rendah sehingga kurang merangsang produksi asam lambung.

  • Tambahkan susu pada kopi

Banyak orang percaya menambahkan susu pada kopi bisa mengurangi rasa asam. Nilai pH susu sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pH kopi, namun bisa jadi tidak berarti apa-apa efeknya pada lambung.

Ketika Anda menambah susu ke dalam kopi, protein susu mengikat asam klorogenat sehingga menyebabkan penghambatan pada proses stimulasi produksi asam lambung.

  • Minum kopi rendah kafein

Jika Anda hanya suka rasa dari kopi dan tidak memedulikan kadar kafein dalam kopi, tentu Anda bisa memilih untuk minum kopi rendah kafein (decaffeinated coffee).

  • Memilih biji kopi rendah asam

Anda bisa memilih biji kopi rendah asam jika memang tersedia di toko kopi yang Anda datangi.

Bijaklah dalam memilih kopi yang akan Anda konsumsi. Jangan sampai karena hanya ingin mencoba produk kopi kekinian terbaru, malah menyebabkan masalah di lambung Anda.

[RS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓
Anda YaAnda Ya

itu termasuk semua kopi ya ?