4 Penyebab Tersering Stroke di Usia Muda

Oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pada 10 Nov 2017, 11:17 WIB
Tidak hanya orang tua, stroke juga bisa dialami oleh usia muda. Ini sebabnya.
4 Penyebab Tersering Stroke di Usia Muda

Klikdokter.com, Jakarta Stroke terus menjadi penyakit berbahaya, yang ditakuti semua golongan usia. Ini karena stroke tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah tua, tetapi juga usia muda.

Stroke pada usia muda memang bukan perkara baru. Namun kasus ini masih terus menjadi misteri, lantaran gejalanya yang sulit dideteksi. Hal ini semakin buruk karena banyak orang muda yang belum tahu penyebab stroke yang mengintai mereka.

Apa saja penyebab stroke di usia muda? Berikut beberapa di antaranya:

  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat terjadi di usia muda, dan tidak akan terdeteksi jika tidak memeriksakan diri ke pusat kesehatan secara rutin. Ini karena tekanan darah tinggi kerap tidak memberikan gejala yang spesifik.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke perdarahan akibat pembuluh darah yang pecah. Risiko ini bertambah apabila terdapat kelainan pembuluh darah otak, seperti aneurisme atau kelainan bawaan lain yang menyebabkan perubahan struktur pembuluh darah.

  • Aterosklerosis

Stroke dapat disebabkan proses aterosklerosis pada pembuluh darah di leher dan otak. Pada sebagian orang dengan faktor genetik (keturunan) yang kuat, penyempitan pembuluh darah berlangsung lebih cepat.

Merokok, tekanan darah tinggi, dan kegemukan pada usia muda menambah percepatan proses penyempitan plak aterosklerosis. Hal ini dapat berujung pada stroke di usia muda.

1 of 2

Selanjutnya

  • Kelainan irama jantung (Atrial Fibrilasi)

Kelainan irama jantung adalah salah satu faktor penyebab stroke di usia muda dan masih sering terabaikan. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan mikro dalam struktur jantung, yang dapat merupakan akibat dari serangan jantung sebelumnya.

Pada usia muda, kelainan mikrostruktur tersebut diakibatkan oleh dampak dari kelainan otot jantung dan kelainan katup atau dinding jantung.

Keluhan utama dari kelainan irama jantung adalah berdebar-debar. Aliran listrik jantung yang tidak normal menyebabkan kontraksi-relaksasi jantung tidak sinkron. Akibatnya, timbul bekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah otak.

  • Kelainan struktur jantung

Kelainan pada katup jantung akibat penyempitan katup atau katup jantung yang tidak rapat membuat sebagian ruang jantung membesar. Kebocoran pada dinding sekat ruang jantung juga dapat mengakibatkan sebagian ruang jantung membesar.

Hal ini berpotensi menimbulkan aritmia atau gangguan irama jantung, yang disebut atrial fibrilasi. Selain itu, pembengkakan ruang jantung dapat menyebabkan kemampuan kontraksi jantung sangat menurun.

Hal tersebut menyebabkan darah cenderung mengental dalam ruang jantung. Bekuan darah yang terbentuk dari pengentalan ini dapat menyebabkan stroke.

Itulah empat penyebab tersering stroke di usia muda. Hindari menjadi korban berikutnya, dengan teratur periksa kolesterol, mengawasi asupan dan pola makan, menikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, awasi tekanan darah, lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓