Mengapa Harus Mencuci Tangan Pakai Sabun?

Oleh dr. Jessica Florencia pada 17 Nov 2017, 10:33 WIB
Agar tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit, biasakan untuk mencuci tangan pakai sabun –khususnya pada beberapa waktu penting.
Mengapa Harus Mencuci Tangan Pakai Sabun?

Klikdokter.com, Jakarta Bila sedang terburu-buru, Anda tentu pernah mencuci tangan pakai air tanpa sabun. Banyak orang, termasuk Anda, pasti mengira bahwa tindakan tersebut sudah cukup ampuh membersihkan tangan. Padahal, metode cuci tangan yang paling baik yaitu menggunakan air mengalir dan sabun.

Saat beraktivitas, tangan mudah terpapar kotoran dan kuman –termasuk bakteri dan virus, Anda tentu tidak dapat memilih jenis kotoran dan kuman yang berkontak dengan tangan. Berbagai macam kotoran seperti lemak dan debu, serta kuman tentu saja dapat menempel di tangan.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun akan membuat kotoran berlemak yang tidak larut di dalam air dapat dibersihkan dengan baik. Kuman pun lebih banyak yang mati.

Anda juga perlu tahu bahwa tangan yang terlihat bersih belum tentu tidak terdapat kuman. Bakteri penyebab diare, infeksi saluran napas, dan penyakit mata merupakan sumber penyakit yang mudah menempel di tangan dan benda, sehingga dapat meningkatkan penyebaran kuman.

Oleh karena itu, anda harus membersihkan tangan dengan lebih teliti –termasuk sela-sela jari dan kuku, saat mencuci tangan pakai sabun. Supaya kuman-kuman yang tersembunyi pun dapat lenyap. Mencuci tangan dengan sabun pun harus rutin dilakukan pada beberapa waktu penting seperti sebelum dan sesudah makan, setelah memegang mulut, setelah batuk, bersin, atau memegang hidung. Anda juga harus mencuci tangan setelah berkemih atau buang air besar di kamar mandi.

Mari, mulai membudayakan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun agar tubuh senantiasa sehat dan terlindungi dari kuman penyakit.

[BA/ RH]