Kiat Ngemil Sehat Tanpa Takut Kolesterol Melonjak

Oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pada 22 Nov 2017, 13:22 WIB
Ingin tahu kiat ngemil sehat tanpa takut kolesterol melonjak? Simak di sini.
Kiat Ngemil Sehat Tanpa Takut Kolesterol Melonjak

Klikdokter.com, Jakarta Anda takut ngemil? Anda tak sendiri. Ada banyak orang takut melakukannya karena berbagai alasan. Mulai dari takut gemuk, takut kolesterol melonjak, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ngemil merupakan aktivitas normal dan sehat. Sebab, ngemil dapat membantu Anda terhindar dari keinginan makan berlebihan di waktu makan utama. Selain itu, aktivitas ini juga membuat Anda tetap bertenaga dan berkonsentrasi.

Namun, meski dianjurkan, ngemil tetap harus dilakukan dengan cara yang tepat. Ngemil yang dilakukan dengan sembarangan dapat menyebabkan lonjakan kolesterol di dalam tubuh, penumpukan kalori berlebih, dan lainnya.

Lantas, bagaimana cara ngemil yang sehat?

  1. Awali dengan minum

Awali waktu ngemil Anda dengan minum teh hijau atau air putih. Hal ini akan membantu Anda agar tidak makan terlalu banyak camilan nantinya.

  1. Pilih camilan yang tepat

Buah-buahan merupakan pilihan camilan yang paling utama. Potongan apel, semangka atau pir akan menyegarkan Anda, sekaligus ‘mengganjal’ perut yang kosong.

Jika tidak terlalu suka dengan buah-buahan tersebut, Anda bisa mencoba kacang rebus atau jagung rebus.

  1. Simpan camilan di tempat yang tepat

Bagi Anda yang suka camilan manis, kismis dan kurma dapat dijadikan pilihan. Untuk memastikan kualitasnya tetap baik, simpan camilan tersebut di toples atau plastik kedap udara.

  1. Sesuaikan dengan mood

Ngemil yogurt dingin dengan potongan buah segar dapat memperbaiki mood pada beberapa orang. Air dingin dengan potongan buah beri di dalamnya juga dapat menjadi pilihan jika Anda tak terlalu menyukai yogurt.

  1. Hindari ini

Hindari minuman ‘berwarna’. Kadar gula dalam minuman tersebut cukup untuk membuat berat badan Anda naik, bahkan jika labelnya bertuliskan less sugar.

Selain menerapkan kiat ngemil sehat di atas, pastikan Anda tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara teratur, mengawasi asupan dan pola makan, menikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, rutin berolahraga, mengendalikan berat badan dan menghindari stres, mengawasi tekanan darah, dan lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.  Selamat mencoba!

(NB/ RH)