Agar Anak Tak Lahir dengan Alergi, Ini yang Harus Dikonsumsi Ibu

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 23 Nov 2017, 10:56 WIB
Kondisi alergi memiliki kecenderungan untuk diwariskan. Agar anak Anda tidak alergi, adakah yang harus dikonsumsi?
Agar Anak Tak Lahir dengan Alergi, Ini yang Harus Dikonsumsi Ibu

Klikdokter.com, Jakarta Alergi adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh memberikan respon berlebihan terhadap bahan yang disebut alergen. Kondisi ini memiliki kecenderungan diwariskan dari orangtua kepada anak. Salah satu penyebab alergi yang paling lazim adalah makanan.

Ibu yang sedang hamil perlu meningkatkan asupan makanan yang bergizi untuk mencegah alergi pada anak. Di masa lalu, masyarakat menganut kepercayaan bahwa ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan yang sering menyebabkan alergi –seperti telur, ikan, atau kacang agar nantinya bayi tidak menderita alergi.

Namun, berbagai penelitian membuktikan bahwa membatasi konsumsi bahan-bahan makanan tersebut tidak membuat bayi terhindar dari alergi. Sebaliknya, membatasi makanan justru menimbulkan risiko ibu kekurangan mikronutrien yang penting untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Berbagai kandungan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 pada ikan atau folat pada kacang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sehingga, seorang ibu tidak perlu menghindari makanan-makanan yang sering menyebabkan alergi. Kecuali bila Anda memang menderita alergi terhadap makanan tersebut. Anjuran-anjuran di atas juga berlaku selama Anda menyusui.

Tidak ada makanan yang perlu Anda hindari selama menyusui, kecuali bayi Anda telah terdiagnosis alergi terhadap bahan makanan tertentu. Di samping memperhatikan asupan nutrisi, Anda sebagai ibu juga harus menghindari kontak dengan asap rokok selama hamil dan menyusui.

Nah, mitos bahwa ibu hamil harus menghindari makanan tertentu ternyata juga tidak benar. Agar anak tidak lahir dengan membawa alergi, maka Anda harus memperbanyak asupan makanan bergizi seimbang, termasuk buah dan sayur. Hindari kontak dengan asap rokok juga untuk mengurangi risiko alergi pada anak.

[NP/ RH]