Susu Soya dan Susu Sapi, Samakah Kualitasnya?

Oleh KlikDokter pada 23 Nov 2017, 11:12 WIB
Bunda sebagai orang tua dari Si Kecil yang memiliki alergi, sering mendengar bahwa susu soya dapat menjadi alternatif.
Susu Soya dan Susu Sapi, Samakah Kualitasnya?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika Si Kecil menderita alergi, sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi secara berlebihan terhadap bahan tertentu yang disebut alergen. Salah satu alergen yang paling sering dijumpai adalah susu sapi. Untuk menghindari reaksi alergi, maka konsumsi susu sapi pada Si Kecil harus dihindari.

Bentuk reaksi alergi saat mengonsumsi susu sapi dapat beragam. Reaksi yang ringan berupa ruam dan gatal di kulit. Namun, reaksi yang berat atau anafilaksis dapat menyebabkan sesak nafas hingga kematian. Maka, Si Kecil dengan alergi harus mendapatkan susu lain sebagai alternatif.

Salah satu susu yang dapat diberikan adalah susu soya. Susu ini dibuat dari bahan dasar kedelai. Namun, 8 hingga 14 persen Si Kecil dengan alergi susu sapi juga akan mengalami reaksi alergi terhadap kedelai.

Kelebihan susu soya dibandingkan dengan alternatif lain seperti susu terhidrolisat ekstensif atau asam amino adalah harganya yang lebih ekonomis dan rasanya yang lebih enak.

Soal kandungan gizi, baik susu soya maupun susu sapi memiliki kandungan nutrisi formula yang sama. Pada umumnya, susu formula diperkaya dengan asam amino esensial, vitamin, mineral, dan asam lemak. Perbedaan kedua susu formula tersebut hanyalah pada sumber bahannya.

Susu formula soya memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan yang dibuat dari bahan dasar sapi. Namun, harus diingat bahwa Si Kecil dengan alergi susu sapi masih mungkin mengalami reaksi alergi terhadap susu soya.

Pada Si Kecil yang memiliki alergi susu sapi, konsumsi bahan tersebut harus dihindari untuk mencegah timbulnya reaksi alergi.

Solusinya, kini banyak beredar di pasaran susu soya untuk Si Kecil. Salah satu yang dapat Bunda jadikan pilihan adalah Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges dengan kualitas protein yang setara dengan susu sapi, diperkaya dengan asam amino esensial, serta vitamin dan mineral.

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, sehingga ia memperoleh kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda serta kesempatan untuk tumbuh kembang optimal.

Nah, kini Bunda tak perlu khawatir lagi soal risiko alergi pada Si Kecil. Bunda dapat mengganti konsumsi susu sapi dengan susu soya untuk memenuhi asupan protein hariannya. Yuk, berikan yang terbaik buat Si Kecil agar menjadi generasi platinum yang multitalenta.

[NP/ RH]