Kiat Jitu agar Alergi Anak tak Berlanjut Hingga Dewasa

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 24 Nov 2017, 10:15 WIB
Alergi yang muncul pada anak tentunya membuat Anda sebagai orang tua perlu memberi perhatian khusus.
Kiat Jitu agar Alergi Anak tak Berlanjut Hingga Dewasa

Klikdokter.com, Jakarta Alergi adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh memberikan reaksi berlebihan terhadap alergen, yang biasanya berupa makanan, zat yang dihirup, atau kontak dengan kulit. Ketika anak Anda mengalami alergi, ia dapat mengalami gejala-gejala tertentu saat terpapar bahan alergen.

Berbagai gejala dapat muncul saat alergi kambuh. Gejala yang ringan dapat berupa gangguan pencernaan, ruam pada kulit, atau bersin-bersin disertai mata berair. Namun, gejala yang lebih berat atau anafilaksis juga mungkin terjadi.

Pada reaksi anafilaksis, anak dapat mengalami penurunan tekanan darah yang tajam, sesak nafas, hingga kehilangan kesadaran.

Secara teori, alergi tidak dapat disembuhkan, Tetapi, yang dapat Anda lakukan adalah mengendalikan munculnya gejala alergi pada anak. Kiat yang paling jitu adalah dengan menghindari paparan terhadap alergen. Apabila gejala sudah muncul, obat-obatan antialergi dapat Anda gunakan untuk meringankannya.

Perlu Anda ketahui, ada kabar gembira untuk anak Anda yang menderita alergi susu sapi. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 45–55 persen anak akan sembuh dari alergi susu sapi pada tahun pertama.

Pada tahun kedua, 60–75 persen anak akan sembuh dan pada tahun ketiga 90 persen anak akan terbebas dari alergi susu sapi. Secara umum, alergi makanan yang muncul pada usia anak ternyata juga dapat menghilang saat beranjak dewasa.

Kondisi alergi pada anak tidak perlu membuat Anda merasakan khawatir yang berlebihan. Hal yang paling penting Anda lakukan untuk mengendalikan gejala alergi adalah dengan menghindari anak dari paparan alergen serta mempersiapkan obat antialergi bila gejala muncul.

[NP/ RH]