Kiat Atasi Mata Merah Karena Alergi Pada Anak

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 24 Nov 2017, 13:27 WIB
Keluhan mata merah dan berair kadang dijumpai pada anak. Bagaimana mengatasi kondisi ini bila penyebabnya adalah alergi?
Kiat Atasi Mata Merah Karena Alergi Pada Anak

Klikdokter.com, Jakarta Saat anak mengeluhkan mata merah dan gatal, maka Anda sebagai orang tua perlu waspada. Penyebab kondisi ini dapat berupa infeksi atau alergi. Infeksi pada mata disebabkan oleh virus atau bakteri.

Gejala yang khas selain mata merah yakni pembengkakan mata atau kelopak, produksi kotoran mata yang banyak, rasa gatal atau terbakar pada mata, dan keluarnya banyak air mata pada anak.

Bagaimana dengan mata merah karena alergi? Kondisi ini disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan tertentu yang disebut alergen. Reaksi ini menimbulkan gejala mata merah dan gatal, berair, produksi lendir di hidung, dan bersin-bersin. Alergen dapat berupa serbuk sari, kutu debu, atau bulu binatang.

Gejala mata merah akibat alergi dapat muncul segera setelah kontak dengan alergen. Oleh sebab itu, hal paling penting untuk Anda ingat adalah sebisa mungkin menghindari paparan alergen. Selain itu, jangan biarkan anak Anda menggosok mata agar tidak terjadi iritasi lebih parah.

Penanganan yang dapat diberikan untuk kondisi ini meliputi obat antialergi dan tetes mata. Obat antialergi berguna untuk meredakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen.

Tetes mata sendiri berguna untuk mengurangi rasa gatal pada mata. Cairan pada tetes mata dapat mengandung air mata buatan, dekongestan, ataupun steroid untuk mengurangi peradangan. Apabila peradangan pada mata anak Anda berlanjut, maka bisa jadi terdapat infeksi oleh virus atau bakteri juga pada mata.

Kondisi mata merah pada anak dapat disebabkan oleh infeksi ataupun alergi. Dengan menghindari alergen, memberikan antialergi dan tetes mata, serta tidak menggosok mata, kondisi mata merah anak Anda akibat alergi dapat diatasi. Jaga anak Anda untuk tidak menggosok mata agar tidak terjadi infeksi.

[NP/ RH]