Pentingnya Cek Kesehatan Mata Anak Sebelum Masuk Sekolah

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 24 Nov 2017, 13:54 WIB
Ketika waktu masuk sekolah tiba, tentunya Anda ingin agar anak belajar dengan optimal.
Pentingnya Cek Kesehatan Mata Anak Sebelum Masuk Sekolah

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan mata dengan penglihatan yang baik sangatlah penting bagi anak, terutama saat pertama masuk sekolah. Berbagai fungsi mata akan menunjang kegiatan belajarnya. Penglihatan dekat, penglihatan jauh, koordinasi kedua mata, dan kemampuan memfokuskan penglihatan adalah sebagian di antaranya.

Rekomendasi dari American Optometric Association menyebutkan bahwa anak sebaiknya menjalani pemeriksaan mata pada usia 6 bulan, 3 tahun, dan sebelum masuk sekolah sekitar usia 5 atau 6 tahun.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Annals of Family Medicine pada tahun 2004 dan menemukan 5–10 persen anak usia prasekolah memiliki gangguan penglihatan. Identifikasi permasalahan penglihatan secara dini seperti ini akan membuat anak mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Beberapa tanda-tanda permasalahan mata pada anak dapat dikenali. Gejala-gejalanya dapat berupa sering menggosok mata, mudah kesilauan, kesulitan memfokuskan penglihatan, atau sulit membaca tulisan yang jauh.

Namun, umumnya anak-anak belum dapat mengetahui sendiri bahwa ada permasalahan pada penglihatannya. Karena itulah memeriksa kesehatan mata anak Anda sangat penting dilakukan.

Bagaimana agar anak Anda tetap memiliki penglihatan yang baik? Seperti halnya orang dewasa, mencukupi kebutuhan cairan, nutrisi yang berimbang, serta tidur yang cukup dan teratur adalah kuncinya.

Berbagai kondisi terkait penglihatan anak Anda dapat diketahui melalui pemeriksaan mata. Dengan melakukan cek kesehatan mata sebelum masuk sekolah, maka Anda dapat mempersiapkan anak dengan lebih baik untuk mengikuti aktivitas belajar. Ayo lindungi kesehatan mata anak Anda agar tetap berprestasi di sekolah.

[NP/ RH]