Perlukah Anak Mengenakan Kacamata Jika Minusnya Sedikit?

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 24 Nov 2017, 13:58 WIB
Terkadang, anak Anda bisa saja mengalami kondisi miopia atau rabun jauh. Lalu jika minusnya masih sedikit, perlukah memakai kacamata?
Perlukah Anak Mengenakan Kacamata Jika Minusnya Sedikit?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu kondisi terkait penglihatan yang sering dialami oleh anak-anak adalah miopia atau rabun jauh. Anak dengan miopia mengalami kesulitan melihat obyek yang jauh dengan jelas. Oleh sebab itu terkadang orang tua memberikan kacamata pada anaknya.

Kondisi ini membutuhkan perhatian khusus dari orang tua. Pasalnya, prestasi belajar anak dapat terganggu. Anak Anda mungkin  mengalami kesulitan membaca tulisan di papan tulis.dapat memengaruhi prestasi di sekolah.

Gejala awalnya mungkin tidak terlalu menonjol, karena anak belum dapat mengetahui sendiri mengenai permasalahan pada penglihatannya. Mungkin anak Anda tampak sering memicingkan mata, atau terjadi penurunan pada performa akademiknya.

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin merupakan salah satu cara mendeteksi adanya kondisi rabun jauh pada anak Anda.

Apabila anak terdeteksi memiliki miopia atau rabun jauh, maka dibutuhkan kacamata untuk memperjelas penglihatannya. Walaupun minusnya sedikit, kacamata tetap diperlukan untuk mengoptimalkan jarak pandangnya. Pada umumnya, anak akan mau mengenakan kacamata karena mereka senang apabila kembali dapat melihat dengan jelas.

Tidak memberikan kacamata pada anak yang menderita rabun jauh dapat memiliki konsekuensi jangka panjang yang memperparah penglihatannya. Selain itu, prestasi belajarnya juga bisa terganggu karena tak dapat menerima pelajaran yang disampaikan dengan baik.

Agar anak lebih bersemangat mengenakan kacamata, libatkanlah mereka saat memilih bingkai. Dengan memilih bingkai favorit, maka anak akan merasa lebih nyaman  dan percaya diri dalam mengenakan kacamata.

Rabun jauh atau miopia merupakan salah satu kelainan penglihatan yang sering terjadi pada anak. Memberikan kacamata pada anak akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ini. Untuk lebih jelasnya, periksakan mata anak ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RH]