Perlukah Antibiotik Jika Anak Sakit?

Oleh dr. Jessica Florencia pada 24 Nov 2017, 15:00 WIB
Anak yang sakit perlu diberikan antibiotik agar cepat sembuh. Benarkah bahwa semua penyakit pasti sembuh dengan antibiotik?
Perlukah Antibiotik Jika Anak Sakit?

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang tua yang beranggapan bahwa antibiotik adalah obat yang tepat untuk mengatasi segala jenis penyakit yang menyerang anak. Tapi, benarkah setiap anak yang sakit perlu obat jenis ini?

Faktanya, antibiotik merupakan obat yang secara khusus dikembangkan untuk melawan penyakit akibat infeksi bakteri. Atas dasar ini, antibiotik tidak boleh digunakan sembarangan, apalagi untuk mengobati penyakit yang bukan akibat infeksi bakteri.

Orang tua dianjurkan untuk tidak sembarang memberikan antibiotik pada anak yang sakit tanpa diagnosis yang tepat dari tenaga medis. Ini karena pemberian antibiotik yang tidak tepat sasaran akan berdampak pada resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik merupakan suatu kondisi ketika mikroorganisme yang seharusnya dapat diberantas dengan satu jenis antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Dengan kata lain, antibiotik yang sebelumnya mampu mengatasi keluhan tak lagi bisa memberikan manfaat yang sama.

Jadi, perlukah anak yang sakit diberikan antibiotik? Jawabannya adalah tergantung kondisi yang dialami oleh anak. Seperti disebutkan di atas, antibiotik merupakan golongan obat yang hanya efektif untuk mengatasi penyakit akibat infeksi bakteri. Jadi, jika penyakit anak disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, penggunaan antibiotik tidaklah diperlukan.

Yuk, lebih bijak. Hindari memberikan anak sembarang obat, antibiotik ataupun obat jenis lainnya, apalagi tanpa adanya instruksi yang jelas dari dokter. Akan lebih baik jika Anda menanamkan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebagai langkah awal pencegahan berbagai penyakit. Salam sehat!

(NB/ RH)