Kiat Agar Anak yang Dirawat di Rumah Sakit Cepat Sembuh

Oleh dr. Jessica Florencia pada 24 Nov 2017, 15:02 WIB
Terkadang, anak yang sakit harus dirawat di rumah sakit. Lakukan tindakan ini untuk mendukung kesembuhannya.
Kiat Agar Anak yang Dirawat di Rumah Sakit Cepat Sembuh

Klikdokter.com, Jakarta Karena sistem imunitas tubuh yang belum sempurna, anak menjadi golongan usia yang rentan terserang penyakit. Bahkan tak jarang, penyakit tersebut membuat anak harus dirawat di rumah sakit.

Faktanya, saat anak dirawat di rumah sakit, ia tidak serta-merta terbebas dari ancaman penyakit yang mungkin lebih berbahaya. Bagaimanapun, rumah sakit merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang sakit, di mana kondisi ini membuat berbagai penyakit dapat berpindah dari satu pasien ke pasien lainnya.

Untuk mencegah hal itu, setiap orang yang berkontak dengan anak atau pasien yang sakit harus memerhatikan kebersihan tangannya dengan baik. Caranya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta handrub atau cairan pembersih tangan berbasis alkohol yang disediakan oleh pihak rumah sakit.

Selain itu, sangat penting juga bagi orang tua atau pendamping untuk memastikan kebersihan tangan anak yang sedang dirawat. Pastikan ia selalu mencuci tangannya dengan sabun dan air mengalir sebelum maupun sesudah makan, serta setelah selesai menggunakan toilet.

Meski terlihat sepele, ketahuilah bahwa menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu tindakan sederhana untuk mencegah anak yang dirawat di rumah sakit terserang penyakit yang lebih berat. Salam sehat!

(NB/ RH)