Perlukah Anak Medical Check-Up?

Oleh dr. Jessica Florencia pada 24 Nov 2017, 15:04 WIB
Medical check-up merupakan prosedur untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Kapan anak perlu melakukan tindakan ini?
Perlukah Anak Medical Check-Up?

Klikdokter.com, Jakarta Sudah sejak dahulu medical check-up dikenal dapat memberikan gambaran tentang kesehatan seseorang. Oleh karena itu, tindakan ini perlu dilakukan oleh semua golongan usia, khususnya anak.

Medical check-up untuk anak penting dilakukan karena dapat memberikan gambaran jelas mengenai kondisi kesehatannya. Berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berat, dapat terdeteksi secara dini dan dapat segera ditangani sehingga tidak berlarut-larut dan menyebabkan masalah di masa depan.

Secara umum, berikut adalah pemeriksaan yang harus dilewati anak saat melakukan medical check-up:

  1. Pemeriksaan fisik

Pada pemeriksaan ini, tubuh (bagian luar) anak akan diperiksa secara detail untuk mengetahui ada sesuatu yang janggal atau tidak. Di samping itu, pemeriksaan fisik juga dapat menjadi media untuk mengetahui apakah tumbuh kembang anak sudah sesuai dengan usianya atau belum.

  1. Pemeriksaan laboratorium

Pemeriksaan ini dapat memantau kondisi anggota tubuh anak bagian dalam, misalnya hati, jantung, lambung, usus dan lainnya.

  1. Pemeriksaan khusus

Pemeriksaan ini dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan anak saat melakukan medical check-up.

Faktanya, medical check-up tidak hanya untuk mengetahui dan mencegah keparahan penyakit. Tindakan ini juga dapat menjadi sarana belajar anak untuk selalu menjaga kesehatannya dengan baik dan benar. Bila ini dikombinasikan dengan kebiasaan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tentu kesehatan anak akan semakin terjaga.

Banyak sekali yang dapat diperoleh dari medical check-up untuk anak, bukan? Ayo periksakan kesehatan anak Anda secara berkala, agar ia dapat bertumbuh dan berkembang dengan sempurna.

(NB/ RH)