Awas, Tangan Bisa Jadi Sumber Penyakit

Oleh dr. Jessica Florencia pada 24 Nov 2017, 15:06 WIB
Meski terlihat bersih, tangan belum tentu bebas virus, kuman, ataupun bakteri penyebab penyakit.
Awas, Tangan Bisa Jadi Sumber Penyakit

Klikdokter.com, Jakarta Tangan merupakan indera peraba, yang kerap tidak diperhatikan kebersihannya. Padahal, bagian tubuh yang satu ini bisa menjadi sumber penyakit yang mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Tangan bisa menjadi sumber penyakit, karena anggota tubuh ini kerap berkontak dengan kuman maupun bakteri berbahaya. Karena itu, jika Anda tidak mencuci tangan dengan baik dan benar sebelum makan, setelah dari toilet atau seusai beraktivitas, Anda berisiko tinggi untuk terkena:

  1. Diare

Jika Anda tidak mencuci tangan dengan baik dan benar sebelum makan, maka kuman maupun bakteri berbahaya seperti Salmonella, Escherichia coli, virus hepatitis A atau telur cacing bisa ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang dikonsumsi. Jika ini terjadi, maka diare tidak bisa dihindari lagi.

  1. Konjungtivitis

Meski terlihat bersih, tangan belum tentu terbebas dari virus, kuman, maupun bakteri berbahaya. Karena itu, jika Anda tidak mencuci tangan dengan baik dan benar seusai melakukan aktivitas, kemudian Anda mengucek mata begitu saja, maka kemungkinan Anda terkena konjungtivitis atau mata merah menjadi semakin tinggi.

  1. Selesma

Selesma atau common cold merupakan infeksi saluran pernapasan, yang gejalanya berupa batuk, pilek, dan bersin. Saat Anda berada di lingkungan dengan orang yang terkena penyakit ini, lalu menyentuh benda-benda yang di sekitarnya dan tidak mencuci tangan, maka risiko Anda untuk tertular penyakit yang sama meningkat berkali-kali lipat.

Ingatlah bahwa tangan yang terlihat bersih belum tentu bebas dari virus, kuman ataupun bakteri penyebab penyakit. Karena itu, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun sebelum maupun sesudah beraktivitas. Kesehatan tubuh yang hakiki berawal dari tangan yang bersih dan bebas kuman!

(NB/ RH)