Pentingnya Cuci Tangan Sebelum Sentuh Bayi

Oleh dr. Jessica Florencia pada 24 Nov 2017, 15:07 WIB
Cuci tangan sebelum memegang bayi adalah tindakan yang wajib dilakukan. Ini alasannya.
Pentingnya Cuci Tangan Sebelum Sentuh Bayi

Klikdokter.com, Jakarta Cuci tangan tidak hanya harus dilakukan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Tindakan ini juga perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk menyentuh bayi.

Faktanya, dalam bulan-bulan pertama kehidupan, bayi sangat rentan terkena penyakit infeksi yang salah satu media penularannya adalah tangan. Atas dasar ini, setiap orang yang ingin menyentuh bayi, baik itu untuk menyusui, mengganti popok, atau hal lainnya, hendaknya mencuci tangan terlebih dahulu.

Jika ada orang dewasa atau anak kecil yang sakit di sekitar bayi, mereka yang hendak menyentuh bayi harus mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih sering lagi. Ini untuk menghilangkan kontaminan berbahaya yang mungkin menempel di tangan.

Bukan Sekadar Cuci Tangan

Mencuci tangan yang dimaksud bukan sekadar membilas tangan dengan air bersih. Melainkan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, kemudian seka dengan kain bersih hingga benar-benar kering.

Tidak ada kata ‘terlalu berlebihan’ dalam hal menjaga kebersihan tangan saat Anda berurusan dengan kesehatan bayi. Sebab jika bayi sakit, bukan hanya kesehatannya saja yang terganggu, melainkan tumbuh kembangnya juga. Karenanya, jangan sampai lupa untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang bayi, ya!

(NB/ RH)