Pentingnya Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan

Oleh dr. Jessica Florencia pada 24 Nov 2017, 15:10 WIB
Tunjang perkembangan anak dengan mengajaknya bermain di luar ruangan.
Pentingnya Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan

Klikdokter.com, Jakarta Perkembangan zaman yang semakin pesat seakan membuat anak tenggelam di balik kecanggihan teknologi. Maka tak heran, saat ini sangat jarang ditemukan anak-anak yang bermain di luar ruangan.

Banyak alasan yang membuat orang tua enggan membiarkan anak bermain di luar ruangan. Misalnya cuaca yang tidak menentu, udara yang tidak sepenuhnya bersih, debu, dan berbagai alasan lainnya.

Jika Anda adalah salah satu orang tua yang enggan membiarkan anak bermain di luar ruangan, sebaiknya ubah hal ini mulai sekarang. Sebab banyak penelitian yang membuktikan bahwa membiarkan anak bermain di luar ruangan memberikan manfaat yang lebih banyak daripada ‘mengurung’ anak di dalam rumah.

Faktanya, anak yang bermain di luar ruangan lebih tidak mudah stres, penglihatannya lebih baik, tidak mudah terkena depresi dan gelisah berlebihan, serta tidak mudah merasa nyaman terhadap dirinya sendiri.

Sedangkan, anak yang lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah lebih berisiko mengalami kesehatan mental yang terganggu dan obesitas di kemudian hari. Hal ini menjadi semakin parah karena anak yang demikian juga berisiko mengalami gangguan konsentrasi dan kecanduan terhadap sesuatu yang mengganggu proses belajarnya.

Atas dasar itu, berbagai perhimpunan kesehatan anak merekomendasikan agar anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Namun tentu saja, hal ini harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Agar tetap sehat dan aman saat bermain di luar ruangan, orang tua harus menanamkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pada anak sejak dini. Dengan begini, anak akan terlindung dari kuman ataupun bakteri berbahaya penyebab penyakit infeksi.

Sudah saatnya bertindak. Jangan biarkan anak terperangkap dalam kenyamanan perkembangan zaman. Berikan ia kesempatan untuk bermain di luar ruangan, agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

(NB/ RH)