4 Buah yang Terbaik untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 28 Nov 2017, 15:48 WIB
Buah yang tepat dapat menunjang tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Tapi buah seperti apa yang tepat?
4 Buah yang Terbaik untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Menginjak usia 6 bulan, si Kecil dianjurkan untuk mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Di antara sekian jenis makanan pendamping, buah adalah salah satu yang dianjurkan.

Buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi, sekaligus menunjang tumbuh kembang si Kecil. Di antara sekian jenisnya, berikut empat pilihan buah yang paling dianjurkan untuk diberikan kepada si Kecil di masa MPASI:

  1. Alpukat

Baby Center menyebutkan, buah yang menjadi pilihan pertama untuk diberikan kepada si Kecil di masa MPASI adalah alpukat. Ini karena alpukat mengandung jenis lemak baik, yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak si Kecil.

Cara menyajikan alpukat untuk MPASI adalah dengan mencampurkan alpukat yang sudah dikerok halus dengan sedikit ASI, agar teksturnya lebih lembut.

  1. Pisang

Pisang dikenal sebagai sumber potasium yang baik. Buah ini juga mengandung vitamin B6 dan C, kalsium, serta zat besi.

Cara menyajikan pisang untuk MPASI adalah dengan mengeroknya tipis-tipis, dan langsung diberikan kepada si Kecil tanpa menambahkan ASI. Ini karena pisang sudah mengandung cukup banyak cairan di dalamnya.

  1. Apel

Apel mengandung senyawa boron dan vitamin C. Boron dibutuhkan untuk membangun masa otot dan meningkatkan kemampuan kognitif, serta koordinasi otot.

Sedangkan vitamin C membantu pertumbuhan, perbaikan jaringan, dan pembuatan kolagen –yang bermanfaat untuk membangun kulit, tulang rawan, ligamen, tendon dan pembuluh darah.

  1. Stroberi

Kandungan polifenol dan antioksidan dari stroberi membuat buah ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang optimal, risiko si Kecil terserang penyakit menjadi semakin kecil.

Berbagai pilihan buah di atas sangat mudah ditemukan, bukan? Jangan lupa untuk memberikannya sebagai MPASI, agar tumbuh kembang si Kecil Anda semakin optimal.

(NB/ RH)