Mengapa Buah Penting untuk MPASI si Kecil?

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 28 Nov 2017, 15:53 WIB
Sudahkah Bunda memasukkan buah ke dalam menu MPASI si Kecil? Temukan jawaban mengapa hal tersebut penting.
Mengapa Buah Penting untuk MPASI si Kecil?

Klikdokter.com, Jakarta ASI eksklusif merupakan asupan terbaik bagi si Kecil yang berusia di bawah 6 bulan. Namun saat si Kecil berusia 6 bulan atau lebih, ASI tak mampu lagi memenuhi kebutuhan gizinya secara penuh. Karena itu, Bunda wajib memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Dalam pemberian MPASI untuk si Kecil, buah merupakan pilihan yang paling dianjurkan. Ini karena buah mengandung sejumlah zat yang sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Berikut beberapa manfaat buah untuk si Kecil:

  • Peningkatan fungsi otak

Beberapa jenis buah memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak si Kecil. Contoh buah jenis ini adalah alpukat dan apel.

  • Memperlancar buang air besar

Sebagian besar buah mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Beberapa contoh buah dengan manfaat ini adalah pepaya, pir, dan pisang.

  • Sistem kekebalan tubuh lebih baik

Sebagian jenis buah memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, si Kecil akan semakin sulit untuk terserang berbagai penyakit. Salah satu contoh buah dengan manfaat ini adalah stroberi.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh BMJ Jurnal pada tahun 2007, secara singkat bisa dibilang bahwa buah kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu tumbuh kembang si Kecil. Bila kekurangan dua nutrisi penting ini, si Kecil berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti:

  • Konstipasi

Sulit buang air besar atau konstipasi merupakan akibat dari kekurangan enzim dan serat, yang banyak terkandung di dalam buah-buahan.

  • Tumbuh kembang terganggu

Buah banyak mengandung vitamin dan mineral penting, yang berperan aktif dalam membantu tumbuh kembang si Kecil. Jadi, jika si Kecil tidak mengonsumsi sejak masa MPASI, bukan tidak mungkin ia akan mengalami gangguan tumbuh kembang.

  • Obesitas

Jika sejak dini si Kecil tidak dibiasakan untuk mengonsumsi buah, bukan tidak mungkin ia akan lebih gemar mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi ketika dewasa kelak. Hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit berbahaya.

Setelah mengetahui fakta di atas, masihkah Bunda ragu untuk memberikan buah saat si Kecil menginjak usia MPASI? Yuk, terapkan pola makan sehat sedari dini. Dengan demikian, si Kecil dapat tumbuh lebih optimal, dan kesehatannya terus terjaga.

(NB/ RH)