Tetap Fit Saat Liburan Akhir Tahun

Oleh dr. Rio Aditya pada 08 Des 2017, 16:44 WIB
Akhir tahun semakin dekat, persiapkan tubuh Anda agar tetap fit saat liburan!
Tetap Fit Saat Liburan Akhir Tahun

Klikdokter.com, Jakarta Tidak terasa hanya tinggal hitungan beberapa hari lagi, akan berganti tahun. Pergantian tahun biasanya identik dengan liburan dan menjadi momen yang dinanti-nantikan. Karena itu, pastikan tubuh Anda fit agar momen tahun baru lebih sempurna.

Memang datangnya suatu penyakit tidak bisa diprediksi, tetapi ada hal yang dapat dilakukan untuk  memperkecil kemungkinan datangnya suatu penyakit. Caranya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berikut kiat agar tubuh Anda tetap fit:

  • Mulailah Berolahraga

Salah satu cara untuk mencapai hidup sehat adalah olahraga. Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mengurangi stres dan melindungi dari berbagai jenis penyakit.

Olahraga mampu meningkatkan kadar Sel T dan sel-sel imunitas lainnya dalam tubuh. Tetapi, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga harus dilakukan secara rutin.

  • Perhatikan Diet Anda

Sama halnya dengan olahraga, kebiasaan menerapkan diet sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Makanan yang kaya akan zinc, selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, B6, C, dan E telah terbukti mampu meningkatkan imunitas.

Tentunya nutrisi-nutrisi tersebut tidak bisa didapat apabila Anda lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food sebagai menu sehari-hari. Jadi, perhatikan asupan nutrisi Anda.

  • Jangan Bekerja Berlebihan

Bekerja secara berlebihan dapat membuat Anda lalai dalam memerhatikan kesehatan.

Bila terlalu sibuk bekerja dan sering lembur, maka dampak yang akan terjadi adalah jam tidur menjadi berkurang. Tubuh pun akan semakin lelah dan Anda menjadi malas berolahraga. Tak hanya4 itu, waktu makan juga menjadi tidak teratur dan cenderung mengonsumsi makanan cepat saji.

Selain itu, pikiran yang stres berkepanjangan dapat membuat seseorang menjadi depresi. Kombinasi dari berbagai faktor tersebutlah yang membuat akhirnya tubuh menjadi mudah sakit.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk mempertahankan tubuh agar tetap fit? Jangan sampai liburan akhir tahun Anda menjadi tidak menyenangkan karena jatuh sakit. Yuk, ramai-ramai menjaga asupan makanan dan gaya hidup agar tubuh senantiasa fit dan bugar.

[NP/ RH]