Berapa Kali si Kecil Harus Makan Buah dalam Sehari?

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 20 Des 2017, 20:50 WIB
Agar kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi, Bunda dapat memberikan buah kepada si Kecil setiap hari dengan ketentuan sebagai berikut.
Berapa Kali si Kecil Harus Makan Buah dalam Sehari? (Maraze/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Karena dibutuhkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, buah dan sayur sering dilupakan. Padahal, keduanya merupakan bagian penting dalam pola makan si Kecil dan harus ada dalam menu sehari-hari. Sejak awal pemberian MPASI, buah dan sayur perlu diperkenalkan pada si Kecilsebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya.

Konsumsi buah setiap hari memiliki banyak manfaat bagi si Kecil. Buah merupakan salah satu sumber mikronutrien yang baik. Mikronutrien adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah sedikit, seperti vitamin dan mineral.

Meski demikian, mikronutrien harus tetap ada untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, konsumsi buah juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah obesitas, dan menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.

Karena buah memiliki manfaat yang begitu besar, para ahli menganjurkan si Kecilmengonsumsi buah setiap hari. Umumnya, si Kecilusia 1–3 tahun harus mengonsumsi 75–150 gr buah setiap hari. Jumlah tersebut setara dengan setengah hingga satu buah apel ukuran sedang atau satu mangkuk potongan buah segar.

Sementara untuk frekuensinya, buah dapat dikonsumsi 1–2 kali sebagai camilan. Hal tersebut sejalan dengan panduan pemberian makanan pendamping ASI yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jadi, secara garis besar, jadwal makan si Keciladalah 3–4 kali makan utama yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran, ditambah dengan 1–2 kali camilan sehat seperti buah.

Bila si Keciltidak menyukai buah, Bunda tidak perlu khawatir. Bunda dapat menyiasatinya dengan berbagai cara. Di awal masa MPASI, Bunda dapat menyajikan buah dalam bentuk pure yaitu dengan mengukus buah terlebih dahulu, lalu menghaluskannya.

Saat si Kecilsemakin besar, Bunda dapat menyajikan buah dalam bentuk potongan sesuai ukuran tangan si Kecil, dan biarkan si Kecilmakan sendiri. Bunda bisa juga membuat sup buah, yang terdiri dari buah potong yang dicampurkan dengan susu.

Makan buah setiap hari tentu akan mendatangkan manfaat yang besar untuk si Kecil. Jangan lupa untuk selalu menyertakan buah dalam menu harian buah hati Bunda.

[BA/ RH]