Waktu Terbaik Memberikan Buah pada si Kecil

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 20 Des 2017, 20:52 WIB
Pada usia berapa si Kecil boleh makan buah? Lalu, bagaimana cara mengawalinya?
Waktu Terbaik Memberikan Buah pada si Kecil (Ball2be/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pada enam bulan pertama, seluruh kebutuhan nutrisi bayi dipenuhi melalui ASI. Memasuki usia enam bulan, Bunda mulai dapat memperkenalkan makanan padat atau MPASI sambil tetap melanjutkan pemberian ASI hingga dua tahun. Lantas bolehkan si Kecil makan buah sejak masa awal MPASI?

Bunda dapat mengenalkan buah pada si Kecil sejak awal MPASI atau sejak menu makanannya masih berupa menu tunggal (menu yang terdiri dari satu jenis bahan makanan). Setelah memasuki menu lengkap empat bintang, Bunda dapat memberikan buah sebagai camilan. Si Kecil dapat mengonsumsinya di antara sarapan dan makan siang, atau antara makan siang dan makan malam.

Lantas buah jenis apa saja yang boleh dikonsumsi?Pada dasarnya, si Kecil dapat makan berbagai jenis buah sejak ia memasuki masa MPASI. Hal tersebut bertujuan agar si Kecil dapat membiasakan diri dengan rasa dan konsistensi buah. Bunda dapat memberikan buah bertekstur lebih lunak seperti pisang, buah persik (peach), melon, dan pepaya.

Hanya saja, Bunda perlu ingat untuk memberikan buah dalam bentuk pure di awal masa MPASI. Caranya, kukus buah terlebih dahulu sampai lunak, lalu saring atau haluskan buah hingga sesuai dengan kemampuan mengunyah si Kecil.

Memberikan buah sejak awal MPASI memiliki banyak manfaat bagi si Kecil. Buah berperan dalam menjaga daya tahan tubuh si Kecil, memelihara kesehatan pencernaan, mencegah si Kecilmengonsumsi camilan berpengawet, dan mencegah obesitas.Buah juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan ini penting untuk menyokong pertumbuhan si Kecil.

Bunda dapat memberikan variasi buah, agar si Keciltidak bosan.Cobalah untuk mengombinasikan beberapa jenis buah dan membuatnya menjadi pure, pudding, atau sup buah.

Konsumsi buah secara rutin akan melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu ragu untuk memberikan buah sejak awal MPASI.

Ingatlah bahwa mengenalkan makanan padat merupakan tahapan perkembangan yang penting bagi si Kecil. Bila diawali dengan baik, pemberian MPASI dapat menjadi tahap awal dari pola makan yang baik.

[BA/ RH]