5 Manfaat Buah Untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 20 Des 2017, 20:54 WIB
Bunda tentu tahu, buah baik untuk si Kecil. Namun, apakah Bunda tahu secara spesifik manfaat buah bagi tumbuh kembang si Kecil?
5 Manfaat Buah Untuk Tumbuh Kembang si Kecil (Oleksandra Naumenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bunda mungkin kerap mengeluhkan si Kecil yang sulit makan buah dan sayur. Padahal, buah dan sayur merupakan asupan penting untuk si Kecil. Buah mengandung mikronutrien, seperti vitamin.

Tubuh memang membutuhkan mikronutrien dalam jumlah sedikit. Namun peran zat gizi tersebut sangat penting. Berbagai proses metabolisme dalam tubuh dipengaruhi oleh adanya mikronutrien. Kekurangan mikronutrien dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, konsumsi buah setiap hari adalah hal wajib.

Berikut ini manfaat lain dari makan buah setiap hari terhadap tumbuh kembang si Kecil:

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Rutin konsumsi buah sejak dini dapat menghindarkan si Kecil dari berbagai penyakit di kemudian hari. Beberapa penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan sindrom metabolik dapat dicegah dengan konsumsi buah setiap hari. Selain itu, buah yang mengandung vitamin C tinggi memiliki efek antioksidan, sehingga bermanfaat menjaga tubuh dari penyakit infeksi.

  1. Mencegah obesitas

Salah satu masalah kesehatan si Kecil yang sedang menjadi perhatian adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Sering mengonsumsi camilan siap saji dengan kandungan gula yang tinggi membuat si Kecilrentan mengalami obesitas.

Kelebihan berat badan sejak dini akan membuat si Kecil rentan mengalami berbagai penyakit, seperti penyakit gula (diabetes) dan kolesterol tinggi di kemudian hari. Membiasakan si Kecil makan buah setiap hari akan membantu melengkapi nutrisinya tanpa khawatir akan mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan si Kecil

Kandungan serat di dalam buah tidak perlu dipertanyakan lagi. Rutin konsumsi buah akan memelihara kesehatan pencernaan si Kecil, dan mengurangi risiko konstipasi atau sembelit.

  1. Menjaga ketajaman penglihatan

Buah, terutama yang mengandung vitamin A seperti tomat, bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah memberikan panduan terkait hal tersebut. WHO menyatakan, sejak awal pemberian MPASI, si Kecilharus rutin mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan vitamin A. Hal tersebut penting untuk mencegah kekurangan (defisiensi) vitamin A.

  1. Meningkatkan kecerdasan si Kecil

Sebuah hasil penelitian tahun 2008 yang dimuat dalam Journal of School Health menyatakan, si Kecil yang rutin mengonsumsi buah memiliki kecerdasan yang lebih baik dibandingkan si Kecil yang jarang makan buah.

Melihat ada begitu banyak manfaat buah untuk si Kecil, Bunda harus selalu menyediakan buah dalam jadwal makan si Kecil sehari-hari. Di awal masa MPASI, Bunda dapat memberikan buah kepada si Kecil dalam bentuk pure. Bila si Kecil sudah semakin besar, Bunda dapat memberikan buah potong sebagai camilan.

[BA/ RH]