Memilih Buah untuk si Kecil di Bawah 1 Tahun

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 20 Des 2017, 20:56 WIB
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih buah untuk MPASI?
Memilih Buah untuk si Kecil di Bawah 1 Tahun (Yaoinlove/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebentar lagi, si Kecil akan lulus sebagai “Sarjana S-1 ASI eksklusif”. Dengan usia yang mendekati 6 bulan, si Kecil sudah dapat diberikan MPASI. Namun, makanan apa yang tepat untuk diberikan sebagai MPASI pertamanya? Dan apakah buah-buahan boleh disajikan kepada si Kecil?

Memberikan bubur susu, sayur, dan buah sebagai MPASI pertama untuk si Kecil boleh-boleh saja. Tergantung dari preferensi masing-masing Bunda.

Buah adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk MPASI. Salah satu alasannya adalah karena mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang masih belum sempurna.

Buah juga cocok untuk lidah si Kecil karena rasanya yang manis. Tak jauh berbeda dengan rasa ASI yang memang agak manis.

Menurut para ahli, meskipun si Kecil diperkenalkan dengan MPASI pertama yang memiliki rasa relatif lebih manis, Bunda tak perlu khawatir si Kecil akan menolak sayur yang kurang manis.

Berikan buah sebagai MPASI ketika si Kecil sedang dalam keadaan senang, cukup tidur, dan belum terlalu lapar agar ia tidak rewel. Beberapa jenis buah yang dapat Bunda berikan kepada si Kecil adalah pisang, alpukat, pir dan apel yang dikukus, atau melon.

Ketika pertama kali memperkenalkan MPASI, pastikan agar Bunda memberikannya dalam bentuk yang dilumatkan sampai halus (pure). Agar lebih mudah, Bunda dapat menggunakan blender untuk membuat pure.

Untuk buah yang lebih keras seperti apel dan pir, Bunda dapat mengukusnya dulu sebelum menghaluskannya menjadi pure.

Saat si Kecil mulai menginjak usia 9 bulan, Bunda dapat menawarkan camilan buah yang dipotong dalam bentuk finger food. Sajikan beberapa jenis buah dengan warna yang berbeda-beda agar si Kecil makin semangat makan buah.

Jadikan makan buah sebagai kebiasaan rutin si Kecil. Buah-buahan kaya akan zat gizi esensial seperti serat, kalsium, besi serta vitamin A, B, C, dan E yang vital bagi tumbuh kembang si Kecil. Mineral dan vitamin tersebut disebut esensial karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri.

Yuk, sajikan buah-buahan untuk si Kecil agar ia makin pintar dan lincah!

[RS/ RH]