Kiat Agar Liburan Tidak Bikin Berat Badan Meningkat

Oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pada 22 Des 2017, 20:05 WIB
Tidak ingin berat badan meningkat gara-gara liburan? Ini kiat yang bisa Anda terapkan.
Kiat Agar Liburan Tidak Bikin Berat Badan Meningkat (Phonix a Pk Sarote/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Saatnya mengatur rencana untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata, agar penat dan stres hilang. Tapi hati-hati, liburan yang tidak disiasati dengan baik justru bisa membuat berat badan Anda meningkat.

Ya, liburan memang dapat membuat berat badan meningkat. Sebab, saat liburan Anda tidak dapat mengatur pola makan ataupun waktu berolahraga seperti hari-hari biasanya.

Apa yang Harus Dilakukan?

Agar liburan tidak bikin berat badan meningkat, berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan:

  1. Berbagi makanan

Bukan liburan namanya jika Anda tidak mencoba makanan khas daerah setempat. Namun, Anda harus tetap ingat untuk membatasi setiap porsi makanan yang Anda coba.

Cobalah untuk berbagi satu menu dengan orang-orang yang pergi bersama Anda. Dengan begini, porsi makan dapat tetap terjaga dan Anda bisa mencoba menu yang lainnya. Ingatlah untuk membatasi makanan yang Anda konsumsi, agar perut tidak kekenyangan.

  1. Jangan kalap ngemil

Ngemil merupakan salah satu langkah untuk mencegah kalap ketika waktu makan tiba. Ingatlah untuk tidak mengonsumsi camilan terlalu banyak. Selalu pikirkan bahwa setelah camilan masih akan ada sesi makan berikutnya.

  1. Perbanyak jalan kaki

Jika memungkinkan, cobalah untuk mengunjungi objek wisata di tempat liburan dengan berjalan kaki. Selain dapat menikmati suasana setempat, berjalan kaki juga sangat baik untuk membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh.

  1. Nikmati liburan Anda

Buang segala pikiran yang menyangkut pekerjaan, permasalahan hidup, dan lainnya. Ingatlah bahwa tujuan Anda liburan adalah untuk melepas penat dan stres, yang pada akhirnya dapat membantu Anda hidup lebih sehat.

Selain yang sudah disebutkan, pastikan Anda selalu membawa persediaan pangan yang mengandung plant stanol ester. Tidak hanya mampu mencegah peningkatan berat badan, asupan yang mengandung plant stanol ester juga baik untuk mencegah lonjakkan kolesterol jahat (LDL). Dengan ini, liburan Anda akan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

(NB/ RH)