Barang yang Wajib Dibawa saat Wisata Kuliner

Oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pada 23 Des 2017, 10:35 WIB
Ingin senang dan sehat saat wisata kuliner? Ini barang yang wajib Anda bawa.
Barang yang Wajib Dibawa saat Wisata Kuliner (g stockstudio/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Wisata kuliner seakan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat liburan. Namun momen ini kerap terganggu, karena kehadiran hal-hal yang tidak terduga sebelumnya.

Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Maka itu, berikut barang yang wajib Anda bawa saat melakukan wisata kuliner:

  1. Obat-obatan

Obat diare, obat mag, dan obat anti-alergi adalah jenis obat-obatan yang sebaiknya Anda bawa saat bepergian, termasuk saat sedang wisata kuliner. Jenis obat-obatan ini biasanya dapat Anda beli sendiri di apotek dan digunakan berdasarkan dosis yang tersedia di label kemasan.

Bila Anda tidak yakin atau merasa kondisi tidak membaik setelah konsumsi obat-obatan tersebut, jangan ragu untuk segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

  1. Obat-obatan pribadi

Jangan biarkan wisata kuliner membuat Anda lupa mengonsumsi obat-obatan pribadi. Misalnya, jika Anda adalah seorang penderita kolesterol tinggi, Anda harus tetap mengonsumsi obat-obatan pengendali kolesterol secara rutin, meski di saat bersamaan Anda sedang wisata kuliner.

  1. Suplemen kesehatan

Wisata kuliner bisa membuat tubuh kelelahan. Hal ini menjadi semakin parah karena Anda biasanya juga mengonsumsi makanan enak yang belum tentu sehat.

Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya bawa suplemen kesehatan. Ini bertujuan agar kebutuhan gizi harian Anda terus terpenuhi, sehingga Anda dapat tetap fit sepanjang hari.

  1. Air minum

Air mineral dalam botol sendiri sebaiknya selalu dipersiapkan. Selain mencegah dehidrasi, air minum yang selalu Anda bawa juga dapat menjadi pengganjal perut agar Anda tidak makan berlebihan nantinya. Anda tentu tidak ingin kegemukan gara-gara kalap saat wisata kuliner, bukan?

  1. Smoothies atau serealia siap saji

Meski hendak pergi berwisata kuliner, Anda sebaiknya tetap membawa persediaan smoothies atau serealia siap saji, khususnya yang mengandung plant stanol ester. Ini karena asupan tersebut sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, yang mungkin akan Anda dapatkan ketika melahap beragam makanan saat wisata kuliner nanti.

Selalu ingat bahwa wisata kuliner adalah saat untuk menikmati makanan, bukan melampiaskan rasa lapar. Jadi, tetap kendalikan diri Anda dan batasi makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

(NB/ RH)