Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Melonjak

Oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pada 23 Des 2017, 10:38 WIB
Ingin makan enak tanpa takut kolesterol melonjak? Ini rahasianya.
Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Melonjak (nelen/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makan enak kerap diidentikkan dengan lonjakan kolesterol di dalam tubuh. Maka wajar saja jika tidak sedikit orang yang enggan mengonsumsi makanan jenis ini. Anda salah satunya?

Tenang, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa makan enak tanpa takut kadar kolesterol melonjak, kok. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Bahan makanan

Memilih dan mengenal bahan makanan yang tepat merupakan langkah awal untuk makan enak tanpa takut kolesterol melonjak.

Di antara sekian jenis bahan makanan, ikan laut adalah menu yang paling dianjurkan. Sebab salmon, tuna, sarden, dan berbagai jenis ikan laut lainnya mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Tidak hanya ikan, berbagai jenis sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung plant stanol ester, juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin makan enak tanpa takut kolesterol melonjak.

  1. Cara pengolahan

Hindari berbagai makanan yang digoreng. Sebaliknya, konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang. 

Banyak contoh makanan enak yang cara pengolahannya dengan direbus, dikukus atau dipanggang. Berbagai jenis ikan bakar sangat nikmat disantap bersama sayuran rebus, sambal atau kecap, dan nasi merah.

Dada ayam panggang atau rebus yang diolah dengan rempah khas Nusantara, tanpa perlu terlalu banyak garam, dan tidak memerlukan penyedap rasa juga dapat menjadi pilihan makanan enak yang tidak bikin kolesterol melonjak.

Ingin sesuatu yang segar? Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis es atau jus buah tanpa ditambahkan gula dalam proses pengolahannya.

  1. Porsi

Meski sudah memilih bahan makanan dan cara pengolahan yang sehat, Anda harus tetap memperhatikan porsi yang dikonsumsi. Pasalnya, berbagai jenis makanan, sekalipun itu enak dan sehat, dapat menyebabkan penumpukan kalori yang berpotensi menjadi lemak berlebih di dalam tubuh.

Makanan yang enak tentu sesuai selera masing-masing orang. Tapi secara prinsip, ketiga hal di atas, apalagi bila ditambah dengan konsumsi smoothies atau serealia yang mengandung plant stanol ester, Anda tidak perlu khawatir kolesterol melonjak gara-gara makan enak.

(NB/ RH)