Wisata Kuliner dengan si Kecil yang Alergi

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 28 Des 2017, 10:14 WIB
Anda bisa mengajak si Kecil yang alergi untuk wisata kuliner, asalkan tetap memperhatikan beberapa kiat berikut ini.
Wisata Kuliner dengan si Kecil yang Alergi (MIA Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mengasuh si Kecil yang memiliki alergi memang harus ekstra hati-hati. Pasalnya, aktivitas yang tampak sederhana bagi orang lain, bisa jadi membuat alergi kambuh dan membahayakan kesehatannya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan aktivitas apapun, termasuk saat wisata kuliner.

Wisata kuliner bisa menjadi pengalaman yang baik bagi si Kecil, karena ia dapat mengenal berbagai menu makanan, terutama yang khas Indonesia. Namun, bagi si Kecil yang alergi, wisata kuliner harus dilakukan dengan beberapa perhatian khusus.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan Bunda ketika ingin membawa si Kecil yang alergi untuk wisata kuliner:

  1. Kenali jenis alerginya

Bila si Kecil  alergi makanan, Bunda perlu mencari tahu dan menghindari daftar makanan yang berpotensi menyebabkan alergi kambuh.

  1. Pilih tempat makan yang aman

Misalnya, bila si Kecil alergi terhadap makanan laut, jangan memilih restoran yang memiliki hidangan makanan laut. Bila alergi terhadap telur, hindari kuliner yang mengandung telur dan produk olahannya.

  1. Pilih yang menyajikan banyak variasi makanan

Tempat makan yang menyediakan berbagai macam menu makanan dapat menjadi pilihan tepat. Hal ini bertujuan agar si Kecil bisa mencoba menu lain yang aman.

  1. Biarkan si Kecil mencoba makanan baru, tetapi perhatikan reaksinya

Alergi seharusnya tidak menjadi hambatan bagi si Kecil untuk menikmati aneka makanan baru. Berikan anak kesempatan untuk mencoba menu baru sambil tetap waspada akan reaksinya. Bila si Kecil menunjukkan tanda alergi, seperti nyeri perut, mual, dan muntah, hentikan ia untuk terus mengonsumsinya.

  1. Sediakan obat-obatan untuk mengatasi kekambuhan.

Kemana pun Bunda pergi bersama si Kecil, jangan lupa untuk membawa obat-obatan guna mengatasi alerginya.

Jangan ragu untuk mengajak si Kecil yang alergi untuk wisata kuliner. Melalui beberapa kiat di atas, si Kecil tetap bisa menikmati aneka makanan baru dengan senang tanpa rasa khawatir.

[BA/ RH]