5 Benda di Tempat Liburan yang Memicu Alergi

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 28 Des 2017, 10:22 WIB
Hati-hati, benda-benda yang ada di tempat liburan bikin alergi si Kecil kambuh. Perhatikan benda-benda ini.
5 Benda di Tempat Liburan yang Memicu Alergi (Monkey Business Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Alergi merupakan kondisi khusus yang menyebabkan seseorang mengalami reaksi berlebihan ketika terpapar alergen. Alergen adalah pencetus alergi. Si Kecil yang memiliki alergi membutuhkan perhatian khusus, terlebih bila Bunda hendak liburan bersamanya.

Sebelum liburan, Bunda bahkan wajib merencanakan segala hal dengan detail agar tercipta situasi yang aman bagi si Kecil. Selain memperhatikan makanan, Bunda juga harus waspada terhadap benda-benda di sekitar lokasi liburan yang dapat mencetuskan alergi.

Berikut ini beberapa barang yang bisa bikin alergi si Kecil kambuh:

  1. Sofa

Sofa bisa jadi sarang debu dan tungau. Debu dan tungau adalah salah satu alergen yang paling sering mencetuskan alergi. Gejalanya alerginya seperti bersin, hidung tersumbat, hidung berair, dan mata merah. Karena itu, sebelum si Kecil menduduki sofa di kamar hotel, pastikan sofa tersebut sudah bersih.

  1. Karpet dan gorden

Seperti sofa, karpet dan gorden juga sering menjadi sarang debu dan tungau. Selain gejala pernapasan, beberapa orang dapat mengalami alergi kulit seperti ruam kemerahan pada kulit ketika terpapar debu dan tungau.

Karena itu, sedapat mungkin hindari karpet di tempat Bunda dan keluarga menginap. Mintalah petugas untuk membersihkan karpet dan gorden di kamar hotel.

  1. Benda di kamar mandi

Kamar mandi yang lembap bisa menjadi sumber berbagai alergi. Kondisi yang lembap memudahkan jamur tumbuh di dinding kamar mandi dan peralatan mandi. Udara yang lembap juga bisa memicu kambuhnya alergi si Kecil. Pastikan peralatan di dalam kamar mandi bersih dan usahakan untuk membawa peralatan mandi khusus untuk si Kecil.

  1. Pendingin udara (AC)

Pendingin udara (AC) bisa saja dihinggapi tungau dan debu bila lama tidak dibersihkan. Hal tersebut berpotensi menimbulkan alergi pada si Kecil, terutama bila ia memiliki alergi terhadap debu dan udara dingin.

Untuk menyiasatinya, kenakan baju hangat ketika si Kecil tidur, serta usahakan kamar terkena sinar matahari saat pagi dan siang hari. Ini penting untuk mencegah berkembangnya tungau dan jamur.

  1. Tanaman dalam ruangan

Kadang, ada tanaman yang diletakkan di dalam kamar hotel. Hal ini bisa saja menjadi sumber alergen bagi si Kecil, terutama yang alergi debu dan serbuk sari tanaman. Bila memungkinkan, Bunda boleh minta petugas untuk memindahkan tanaman tersebut dari dalam kamar.

Menciptakan kondisi yang benar-benar bebas alergen saat liburan memang sulit. Namun, dengan mengenali benda-benda yang dapat memicu alergi, Bunda dapat lebih waspada dan meminimalkan kemungkinan alergi si Kecil kambuh selama liburan.

[BA/ RH]