Persiapan Liburan untuk si Kecil yang Memiliki Alergi

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 28 Des 2017, 10:27 WIB
Liburan selalu menjadi momen yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Namun, jika si Kecil memiliki alergi, Bunda perlu beberapa per
Persiapan Liburan untuk si Kecil yang Memiliki Alergi (TORWAISTUDIO-/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat si Kecil menderita alergi, Ayah dan Bunda memang perlu ekstra hati-hati. Alergi merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu yang disebut alergen. Saat berkontak dengan alergen, si Kecil dapat mengalami reaksi mulai dari yang ringan hingga yang dapat mengancam nyawa.

Alergen yang memicu reaksi si Kecil dapat berupa makanan maupun material yang dihirup. Beberapa jenis alergen bisa saja terdapat di lokasi tujuan liburan. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan saat berlibur bersama si Kecil yang memiliki alergi?

  1. Mempelajari daerah tujuan sebelum berangkat.

Akan lebih baik jika Ayah dan Bunda mengetahui lingkungan lokasi liburan, sehingga dapat mencegah reaksi pada si Kecil terhadap berbagai potensi penyebab alergi.

  1. Mempersiapkan obat-obatan.

Siapkan kotak pertolongan pertama yang berisi antihistamin, dekongestan, obat tetes mata, dan krim kulit.

  1. Membawa pakaian ganti dengan jumlah yang cukup.

Alergen dapat menempel pada baju dan menimbulkan reaksi selama beberapa waktu. Sebaiknya si Kecil berganti baju sebelum masuk ke dalam kendaraan atau ruangan tertentu, sehingga kontak dengan alergen dapat diminimalisasi.

  1. Memeriksa kandungan makanan yang dibeli di area liburan.

Sebelum makan, pastikan kandungan yang terdapat di dalam makanan aman untuk dikonsumsi si Kecil yang memiliki alergi terhadap suatu bahan tertentu.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, jika Ayah dan Bunda merencanakan berlibur ke pantai bersama si Kecil, jangan lupa untuk menyediakan tabir surya. Udara panas dan terik matahari dapat memicu rasa gatal, sehingga manfaat tabir surya sangat diperlukan saat berlibur.

Perhatikan juga kebutuhan cairan si Kecil. Mencukupi kebutuhan cairan si Kecil juga tak kalah penting untuk mencegahnya dari dehidrasi dan menjaga daya tahan tubuhnya.

Untuk menjamin liburan bersama keluarga menjadi momen berharga yang tak terlupakan, tak ada salahnya menyiapkan kebutuhan khusus si Kecil yang memiliki alergi. Dengan persiapan yang tepat, maka liburan akan lebih seru dan bebas dari rasa khawatir.

(RN/ RH)