Persiapan Obat untuk Liburan bersama si Kecil yang Alergi

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 28 Des 2017, 10:37 WIB
Tetap tenang pergi liburan meski si Kecil alergi. Intip persiapannya di sini.
Persiapan Obat untuk Liburan bersama si Kecil yang Alergi (Bildagentur Zoonar gmbh/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan seharusnya menjadi momen yang menyenangkan bagi keluarga. Namun jika Bunda bepergian bersama si Kecil yang alergi, tentunya ada persiapan khusus yang perlu dilakukan agar liburan tetap nyaman dan menyenangkan.

Alergi merupakan suatu kondisi ketika tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap pemicu, yang disebut alergen. Reaksi alergi ini dapat berbahaya bahkan menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan baik.

Alergen dapat menyebabkan alergi melalui berbagai kontak, seperti termakan, terhirup, ataupun tersentuh kulit. Reaksinya pun bisa beragam, mulai dari ruam, gatal-gatal, hingga sesak. Gejala ini umumnya timbul dalam 5–30 menit setelah terjadi kontak dengan alergen.

Bepergian Aman dengan si Kecil yang Alergi

Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat bepergian dengan si Kecil yang alergi adalah mencegah munculnya reaksi. Penting bagi Bunda untuk mengetahui alergen apa yang dapat memicu reaksi pada si Kecil.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan obat-obatan untuk mengatasi serangan alergi. Berikut obat-obatan yang sebaiknya Bunda bawa saat pergi liburan bersama si Kecil yang alergi:

  1. Antihistamin

Alergi membuat tubuh melepaskan zat histamin sebagai respons terhadap alergen. Histamin ini yang menyebabkan timbulnya radang di berbagai bagian di tubuh, sesuai dengan reaksi yang terjadi.

Obat antihistamin tidak menyembuhkan gejala alergi, namun menghambat efek histamin dan membantu meredakan gejala yang muncul. Obat antihistamin sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sesaat setelah penderita berkontak dengan alergen.

  1. Tetes mata

Reaksi alergi dapat terjadi pada mata, yang biasanya menyebabkan mata merah, berair, dan gatal. Reaksi ini dapat dipicu oleh debu, bulu hewan, ataupun asap rokok. Tetes air mata buatan atau tetes mata untuk mengatasi iritasi dapat menjadi pertolongan pertama untuk meredakan keluhan ini.

  1. Dekongestan

Alergi pada saluran pernapasan dapat mengakibatkan hidung yang tersumbat. Pada anak, hidung tersumbat kerap membuat panik karena si Kecil terlihat sulit bernapas.

Obat dekongestan dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah dalam hidung, dan melegakan hidung. Namun perhatikan, dekongestan tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anak di bawah usia 12 tahun. Oleh karena itu, pastikan si Kecil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan obat ini pada si Kecil.

Persiapkan kebutuhan liburan dengan saksama, terutama jika si Kecil memiliki alergi. Cukupi juga kebutuhan gizi si Kecil, agar daya tahan tubuhnya senantiasa baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

(NB/ RH)