Pilihan Camilan Saat Liburan untuk si Kecil Alergi

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 28 Des 2017, 10:41 WIB
Selama liburan, siapkan camilan enak dan sehat untuk si Kecil yang alergi.
Pilihan Camilan Saat Liburan untuk si Kecil Alergi (Africa Studio/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil mungkin saja mudah bosan saat melakukan perjalanan menuju lokasi liburan. Menyediakan camilan menjadi salah satu solusi tepat. Namun bila si Kecil alergi terhadap makanan, Bunda perlu menyediakan camilan yang enak dan bebas alergen (pencetus alergi).

Agar perjalanan liburan tetap nyaman dan menyenangkan, Bunda dapat menyajikan beberapa camilan sehat ini untuk si Kecil yang alergi:

  1. Potongan buah segar

Buah segar selalu menjadi pilihan yang aman bagi si Kecil dengan alergi apapun. Sediakan potongan buah segar seperti apel, pir, melon, semangka, atau jambu untuk dibawa saat perjalanan liburan. Selain aman, buah juga relatif mudah didapatkan.

  1. Pisang susu pandan

Bunda bisa menyiapkan camilan ini di rumah terlebih dahulu. Cara membuatnya pun mudah. Haluskan pisang ambon (atau pisang jenis lain yang tersedia di rumah), kemudian campur dengan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata hingga halus.

Lalu, tuangkan air serta air daun suji dan pasta pandan, aduk rata. Letakkan adonan dalam cetakan, lantas kukus selama 10 menit hingga matang. Setelah itu, keluarkan dari cetakan dan masukkan ke dalam wadah.

Camilan ini aman untuk si Kecil yang alergi terhadap telur dan kacang. Bila si Kecil alergi dengan susu sapi, Bunda dapat menggunakan susu kedelai sebagai alternatif.

  1. Puding mangga jeruk

Puding mangga jeruk juga dapat menjadi camilan yang sehat dan nikmat. Cara membuatnya yaitu campurkan agar-agar, susu, gula pasir, dan air di satu panci. Kemudian, aduk hingga mendidih. Lantas masukkan mangga dan air jeruk, lalu aduk sampai rata.

Setelah itu, tuang ke dalam cetakan, diamkan hingga mengeras atau dapat didinginkan. Camilan ini aman untuk anak dengan alergi telur dan kacang-kacangan.

  1. Rolade tahu sayuran

Camilan ini cukup kaya akan kalori dan cocok untuk perjalanan yang relatif jauh. Bunda bisa mempersiapkannya di rumah sebelum perjalanan. Cara membuatnya yaitu tumis bawang, tahu, daging giling, dan sayuran hingga matang. Siapkan kulit dari telur dadar, lalu taruh isian di atas kulit, kemudian gulung.

Bungkus gulungan tersebut dengan aluminium foil khusus makanan. Setelah itu, kukus selama 20 menit. Bila sudah matang dan dingin, Bunda dapat memotongnya sesuai selera. Kemudian, masak rolade dengan margarin hingga matang.

Jadi, itulah beberapa camilan yang nikmat, sehat, dan tentu aman untuk si Kecil yang alergi. Semoga beberapa camilan di atas bisa menemani Bunda dan keluarga selama perjalanan menuju destinasi liburan.

[BA/ RH]