Si Kecil Punya Alergi? Hindari Pergi ke Tempat Ini

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 28 Des 2017, 10:45 WIB
Jalan-jalan adalah salah satu aktivitas favorit keluarga. Namun jika si kecil alergi, hindari tempat-tempat ini.
Si Kecil Punya Alergi? Hindari Pergi ke Tempat Ini (Stanislav Fridkin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Alergi merupakan suatu reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu. Orang yang memiliki alergi akan mengalami reaksi tersebut saat berkontak dengan alergen. Alergen dapat berupa makanan, bahan yang dihirup, kontak dengan kulit, ataupun injeksi.

Reaksi alergi dapat menimbulkan gejala, baik ringan maupun berat. Reaksi yang ringan dapat berupa ruam di kulit yang gatal, mata berair dan bersin-bersin. Reaksi berat, atau disebut juga anafilaksis, dapat berupa penurunan kesadaran, sesak napas dan turunnya tekanan darah yang dapat berakibat fatal.

Untuk mencegah reaksi alergi, maka kontak dengan alergen wajib dihindari. Beberapa tempat bisa jadi memiliki alergen dalam jumlah yang banyak, sehingga berisiko tinggi bagi si Kecil yang menderita alergi.

Tempat-tempat yang harus dihindari antara lain:

  1. Tempat yang memiliki banyak vegetasi tumbuhan.

Penderita alergi serbuk sari akan sangat mudah mengalami reaksi apabila berkontak dengan serbuk dari pohon atau rerumputan. Selain itu, hindari juga tempat-tempat yang memiliki kelembapan tinggi. Lokasi lembap sering ditumbuhi lumut yang sporanya merupakan salah satu pemicu alergi.

  1. Tempat yang dihuni oleh banyak serangga.

Jika si Kecil alergi terhadap gigitan serangga, Ayah dan Bunda harus harus ekstra hati-hati karena serangga seperti lebah, tawon dan semut dapat memicu terjadinya reaksi.

  1. Tempat di mana hewan-hewan berbulu dipelihara.

Jika si Kecil menderita alergi terhadap bulu kucing dan anjing, tempat ini sebaiknya dihindari. Dan jika Ayah dan Bunda tetap ingin mengajak si Kecil ke kebun binatang, pastikan ia tidak berkontak dengan bulu binatang.

Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, Ayah dan Bunda juga harus mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat. Ini akan sangat menolong jika skenario terburuk terjadi, yaitu alergi si Kecil kambuh dan harus segera mendapatkan penanganan.

Menghindari kontak dengan alergen merupakan cara pertama dan paling utama untuk mencegah reaksi alergi. Jangan bosan untuk rajin menginspeksi keamanan lingkungan, termasuk makanan yang dikonsumsi, jika memang hal tersebut dapat mencegah alergi si Kecil kambuh.

(RN/ RH)