Lakukan ini bila anak terlambat bicara di usia yang seharusnya.
Tampilkan foto dan video

Anak 21 Bulan Belum Lancar Bicara

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok..anak saya usia 21 bulan tp kok belum bs bicara lancar hanya bs mngucapkn ayah ibuk moh,kedepanya bgaimana ya dok?kalau pendengaran baik,misal di suruh ambil apa juga tau di suruh buang sampah juga tau tmpatnya di panggil juga tau tp hanya mnjwab a.. bagaimana ya dok apakah masih normal atau bagaimana

Bengkak di Samping Telinga Anak

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok anak sya ber Usia 2thn 9 bln, badanya panas trus ada bengkak di samping telinga, mau tanya dok di sebabkn karena apa ya..??

Pengobatan Demam Pada Anak

Info penanya: pria, 2 Tahun

Anak saya tiba2 demam tinggi, kejadiannya siang ini. Bertepatan dengan libur nasional apa yang harus saya lakukan, mo berobat ke rumah sakit atau dokter tidak ada yang buka

Jadwal Imunisasi Anak

Info penanya: pria, 19 Tahun

Maaf dok saya mau tanya kalo misal nya anak saya ga di imunisasi gimana ya , soalnya anak saya di umunisasi itu waktu umur 3 bulan saja, terus kesini nya ga di lanjut imunisasi lagi dok . apa bisa sekarang di imunisasi lanjut lagi dok ,soalnya anak saya sekarang berumur 9 bulan ,terimakasih dok

Anak Sakit Pinggang

Info penanya: wanita, 39 Tahun

siang pak dokter...saya mau bertanya tentang kesehatan anak saya..baru aja terjadi tiba tiba pinggang anak saya sebelah kanan sakit ..saya kaget karena dia sampai nangis dan berteriak tiba tiba...gak sampai 3menit setelah sakitnya hilang saya menanyakan bagaiman rasa sakitnya dia bilang seperti di tonjok....kira kira anak saya kenapa ya dok??saya takut usus buntu...terimakash

Pembesaran Kelenjar Getah Bening pada Anak

Info penanya: pria, 32 Tahun

Dokter saya punya anak umur 7 tahun ini laki laki dia anaknya aktif dan lincah namun berat badannya tidaklah standar klu untuk usia 7 tahun krna dia saya nilai kurus dan susah naik berat badannya yg saya kwatirkan dia punya pembengkakan di leher di belakang telinga dan di ketiak nmun yg di ketiaknya sudah hilang ini terdeteksi sejak usianya 4 tahun dan pernah beberapa kali saya bawa ke dokter spesialis anak dan pernah di tes tbc dan hasilnya negatif dan saya tanyakan perihal bengkaknya dokter itu mengatakan klu itu akibat kelebihan sistem imunya jujur saya sangat takut dan kwatir kerna saya pernah baca salah satu tanda tanda kangker getah bening pembengkakan pada leher di belakang telinga dan berat badannya sulit sekali bertambah,klu di bilang sakit dia sangat jarang sakit dokter apa yg seharusnya saya lakukan dokter untuk lebih memastikan klu itu berbahaya atau tidak terima kasih waslam mas ary

Lubang Vagina Tertutup

Info penanya: pria, 27 Tahun

Asskum dok. Bgini dok sya punya anak perempuan usia nya 3 tahun waktu lahir semua nya normal dan yg sya mau tanya sudah satu minggu ini bru sya tau lubang vagina anak sya tertutup. Tpi sblum terbuka dan baik baik sya Sya sdah priksakan ke dokter kata ny di suru bwah ke dokter spesialis anak klo ada yg menhawatr kn akan di lakukan oprasi. Dan kira2 biaya oprasi brapa dok atau ada kha cra lain yg tdk harus di lakukan oprasi saya sangat sedih dok. Anak satu satu nya sya dok
Kiat Menghadapi Anak Suka Mengadu
Info Sehat
Kiat Menghadapi Anak Suka Mengadu
14 Shares

Anak Terlambat Bicara

Info penanya: pria, 36 Tahun

Malam dok, saya muradi dr indramayu Mau menanyakan,, saya punya anak laki2 umur 2 th 8 bln. Diusia segitu anak saya blm lancar berbicara? Apakah kondisi anak saya normal apa gimana ya? Diusia berapakah normalnya komunikasi bagi anak saya? Trimakasih

Anak Tidak Mau Makan

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Dok, anak saya umur 9 bln susah sekali untuk makan, bahkan udah 2 hari ini tidak mau makan sama sekaki. Bahkan BB Nya kurang dari standar normal. Trus dari leher ke kepala itu panas. Si kecil juga ga mau minum sufor padahal asi.y sedik karena cuma sebelah. Jd gmn y dok Ada rekomendasi untuk sufor.y Trimakasih

Berat Badan Bayi Ideal

Info penanya: wanita, 30 Tahun

Dok anak saya laki2 umur 19 bulan dan bb.nya 15,5kg apakah itu normal?
Kiat Bantu Anak Lebih Tua Beradaptasi dengan Adiknya
Info Sehat
Kiat Bantu Anak Lebih Tua Beradaptasi dengan Adiknya
10 Shares
Yuk, Ketahui Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak
Info Sehat
Yuk, Ketahui Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak
12 Shares
Baca Ini Sebelum Memberikan Pasta Gigi Fluoride pada Anak
Info Sehat
Baca Ini Sebelum Memberikan Pasta Gigi Fluoride pada Anak
19 Shares

Diare Pada Anak

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Sore dok, Saya mau tanya, anak saya 16 bulan saat ini sedang diare disertai demam. Semalam pupnya cair dan sedikit ampas tetapi berwarna kuning, hr ini pup ada ampas berwarna hijau dan berlendir. Sudah 3 hari ini tidak mau makan.. Kira2 gejala apa yg dialami anak saya ya dok? Dan bagaimana cara mengatasinya. Oh iya, semalam saya coba berikan lacto B yg dicampur di susunya 2x, tapi anak saya muntah. Akhirnya tdk saya berikan lagi krn saya pikir tidak cocok. Terima kasih atas tanggapannya.
Kelainan Kelamin yang Sering Terjadi  pada Anak Laki-Laki
Info Sehat
Kelainan Kelamin yang Sering Terjadi pada Anak Laki-Laki
15 Shares

Anak Sulit Minum Susu

Info penanya: pria, 27 Tahun

dokk...anak sya umur 10,5 bulan..agak malas minum susu...skarang susunya chil mil,apa bisa sy kasi yg chilkid di umur sgtu biar ada rasanya?

Anak 2 Tahun Belum Bisa Berjalan

Info penanya: pria, 26 Tahun

dokter saya mau tanya anak saya sekarang sudah berumur 2 th 3 bulan tapi belum bisa jalan??kenapa ya dok???

Mata Anak Belekan

Info penanya: pria, 25 Tahun

Dok mau tanya di setiap anak saya bangun pagi kok mata nya selalu ada belek nya ya dok tolong pencerhanya dok

Gatal-gatal di Malam Hari pada Anak

Info penanya: pria, 23 Tahun

Tulis Pertanyaan... dok sya mau tanya anak saya sering terkena gatal kalo malam hari kalo siang hari agak kurang tapi kalo udah malam hari gatal2 bintik merah ... gimana ya dok cara mengatasinya ...

Menangani Anak yang Gagap

Info penanya: wanita, 34 Tahun

Dok saya Mau tanya ank saya umur 4 tahun bicara nya gagap klu bicara aaaaaa dulu apa bs sembuh yah? Aku harus bagaimana? Terima kasih dok

Berat Badan Anak Sulit Naik

Info penanya: wanita, 30 Tahun

Anak saya umur 6 thn, BB 15 kg, tinggi badan 115 cm, makannya tergolong banyak, tapi kenapa BB nya tidak bertambah? Anak saya jg menderita alergi, suka flu dan batuk asma. Apakah gara2 itu BB anak saya susah naik? Dan bagaimana cara mendeteksi infeksi paru pada anak? Terimakasih atas jawabannnya dok..
6 Cara Memilih Baby Sitter yang Baik untuk Anak
Info Sehat
6 Cara Memilih Baby Sitter yang Baik untuk Anak
15 Shares

Terapi Hormon Pertumbuhan untuk Anak

Info penanya: pria, 16 Tahun

Bisakah terapi hormon dilakukan untuk meningkatkan tinggi badan anak usia 16 tahun ?

Kulit Anak Melepuh

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Dok, anak saya berusia 27 hari, d bagian hidung hampir mata melepuh, saya curiga kena serangga tomcat. Saya harus gimana dok?? Apa nanti setelah sembuh membekas??

BAB Anak Berwarna Hijau dan Sering

Info penanya: pria, 35 Tahun

Dok....anak saya perempuan usia 3th. Kemaren saat bab warna fasesnya hijau, dan sebelumnya sering bab dlm sehari 3 sampai 4x. Mohon penjelasanya...TRIms

Alergi Susu Sapi, Bisa Sembuh?

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok sy mau tanya,anak sy sempat batuk selama 1 bulan lebih,lalu sy periksakan ke DSA,namun diagnosisnya anak sy alergi susu,akhirnya DSA menyarankan utk ganti susu yang ada PHpro nya.setelah sy gnt susu lalu pakai susu yg ada PH pro nya,anak sy sembuh dr batuk'y.namun yg sy ingin tanyakan sampai kapan anak sy alergi susu sapi'y berakhir??dan sampai kapan anak sy minum susu yg ada PH pro nya??dan kapan anak sy bisa minum susu sapi nya??

Mengatasi Nyeri pada Tulang Kering Akibat Terbentur

Info penanya: wanita, 7 Tahun

hai dok... seminggu yang lalu anak saya terbentur tulang keringnya, 3 hari tidak bisa jalan tapi sekarang sudah bisa berjalan kembali namun di bagian tulang bawah lutut masih terasa sakit jika di bawa berjalan atau di tekan, tidak ada memar atau pun luka yang lainnya.. selama ini hanya di kasih jahe dan minyak tawon saja.. apa yang harus saya lakukan dok, agar anak saya bisa berjalan kembali secara normal dan tulang nya tidak sakit lagi?? mohon bantuannya dok terima kasih

Trauma Pada Payudara

Info penanya: wanita, 34 Tahun

dok sy mau bertanya anak sy umur 8 tahun kemarin payudaranya terbentur ditembok saat bermain beberapa hari kemudian timbul benjolan dipayudaranya seblah kanan.berbahayakah itu dok??trimakasih
Meningkatkan Percaya Diri Anak Broken Home
Info Sehat
Meningkatkan Percaya Diri Anak Broken Home
18 Shares
Kapan Anak Boleh Mengenal Media Sosial?
Info Sehat
Kapan Anak Boleh Mengenal Media Sosial?
15 Shares

Tenggelam pada Anak

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Halo dokter , saya anik ibu muda dr si kembar usia 1.5 tahun . anak saya sering saya ajak belajar berenang . dan suatu kali pernah sebentar tenggelam dalam arti jatuh dr posisi berdiri (kepala di atas air) ke posisi tidur (kepala di dalam air) dan lgsg ditolong atau diangkat . yg mau saya tanyakan berbahayakah tenggelam sbntr untuk paru2 anak saya ?

Berat Badan Ideal Anak Saya

Info penanya: pria, 24 Tahun

Malam dok, mau tanya anak saya laki" berat lahir 2500gr, sekarang anak saya 1,9bulan, beratnya saya blom timbang krn minder klo berat badan anak saya kurang, padahal dia aktif, gesit, cepat tangkap, cerdas, apa dia masuk dlm golongan kurang gizi dok?, pertanyaan saya berapa normal berat badan untuk anak saya??, trimakasih mohon jawabannya dok

Cairan Lendir Kehijauan di Anak

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Dok,,,sy,,mau,,tnya,,,sy,,,pny,,,ank,,perempuan,,,usia,,,4,,,thn,,sy,,,pernah,,melihat,,(maaf)di,,celanaa,,,dlm,,,,anak,,,sya,,,,ada,,sperti,,,,lendir,,tpi,,,berwarna,,,agak,,kehijauan,,,itu,,apa,,,,yaa,,dok,,,mohon,,,pnjelasan'y.terima,,ksih

Berat Badan Turun Drastis Selama Menyusui

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Hallo dok, saya ibu rmh tanggal 29 tahun dan memilki baby usia 9 ,5 bln dan menyusui. Slma saya melahirkn berat badan saya turun drastis. Berat saya dr msh gadis turun 6 kg. Saya baru tes darah dan hasilnya Fosfatale Alkali 136. Untuk tiroid : Ft4 0.9, TSHs 1.267,T3 (total ) 0.8. apakah penyebab fosfatale alkali saya tinggi melebihi normal? Dgn segitu apakah cukup berbahaya dok?trims

Anak Bersikap Aneh, Apakah Autis?

Info penanya: pria, 32 Tahun

Akhir2 ini saya melihat anak saya yang berumur 13 tahun suka bersikap aneh. Jika berbicara, dia ngomong nya lambat-lambat dan saya tidak mengerti yang dia bicarakan. Akhir2 ini dia selalu teriak2 (kalau dalam waktu tertentu) dan jika saya memanggil nya walaupun suara saya keras-keras, dia tidak mendengarnya. Nafsu makan menurun dan selalu mengurung diri di kamar, dia hanya suka main 1 mainan saja. Dia mulai aneh saat umurnya 12. Dia selalu bawa kartu2 setiap kami pergi. Apakah dia autis, dok?

Susu UHT untuk Anak

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Susu uht untuk anak 18 bulan

Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok saya mau tanya ,anak saya Laki laki umur 14bulan ,dia kalo dikasih nasi susah sekali Sedangkan saya kasih lauk nya saja dia mau ,dia sama sekali Susu formula , bb nya kurang dok , tp tinggi badan dan lingkar kepala nya normal , Dia anak yg lincah dok , Dia doyan sekali ASI, ada yang bilang apa karena dia gak cocok dengan penggunaan KB yang saya pake, kebetulan saya menggunakan KB IUD , apa kah ada pengaruhnYa anatara KB yg saya pakai dengan tumbuh kembang anak saya? Dan bagaimana cara menambah berat badan si kecil Dok ? Sebelumnya terimakasih

Anak 8 Bulan Belum Bisa Merangkak

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Assalamualaikum dokter,saya mau bertanya anak saya laki2 umur dbln ini pas masuk 8bln,dia blum bisa merangkak tp tiarap,sdh mlae bljar duduk,gigix sdh tumbuh,bicara ma ma pa pa maem mbah,,,jika diajari berdiri kaki blm bisa tegak msh lemas,apakah kurang ada stimulus dr kami,atau memang perkembangannya terlambat.mohon bantuannya,

Garis HIjau di Atas Hidung Bayi

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Selamat pagi dok,,saya mau tanya berbahayakah bayi yang ada warna hijau didaerah atas hidung?(Antara kedua mata) Kata orang tua harus dicoblos pakai jarum emas itu benar tidak? Terima kasih sebelumnya.

Susu Untuk Anak 1 Tahun

Info penanya: pria, 34 Tahun

Selamat Malam Dok, anak saya saat ini sudah usia 8 bulan, dari bayi memang agak susah minum susu, tapi jika minum air putih suka sekali. saya khawatir anak saya tidak menyukai rasa susunya. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah anak usia 8 bulan boleh mengkonsumsi susu untuk anak 1 tahun? Mengingat susu anak 1 tahun ada varian rasanya, sehingga diharapkan anak akan lebih menyukai rasa susunya.
Berapakah Berat Badan Ideal Anak di Usia 3 tahun?
Info Sehat
Berapakah Berat Badan Ideal Anak di Usia 3 tahun?
10 Shares

Anak Sering Muntah

Info penanya: wanita, 2 Tahun

Min,mau tanya..saya punya anak umur 2thn,dr lahir hingga umur 2thn ini anak sering kali mutah.udah sering tak priksa ke RS/dokter specialis masih aja mutah.disimpulkan anak saya alergi dingin,debu,n asap.meskipun udah terhindar dr 3hal trsebut,anak saya masih tetep mutah" min.kira" anak sya ada penyakit apa,atau min punya saran/rekomendasi buat sya agar anak sya cpet smbuh??tlog minta info min..makasih

Mata Belekan pada Anak

Info penanya: pria, 28 Tahun

Dok sy mau bertanya anak sy belekn trus dan berair,wktu lahir matanya tidak belekn wktu umur 1 Minggu dkasih air kembang Teleng pas saat itu sampai sekarang anak sy umur 2 buln belekn trs sudh kdokter dkasih salep tp tetep j tdk ada perubahan.apa krna bakteri Dr kembang Teleng.tolong minta solusinya
Anak Mudah Cemas, Apa Sebabnya?
Info Sehat
Anak Mudah Cemas, Apa Sebabnya?
17 Shares

Bercak Putih di Wajah Anak, Panu?

Info penanya: wanita, 43 Tahun

Dok anak saya laki2 umur 15th ada masalah dgn kulit wajahnya, ada panu sudah diobati baik dgn salep dan obat untuk diminum( saya lupa nama obatnya) tp ttp sj panu nya tidak sembuh(hilang) yg jd pertanyaan knp ya dok kok ssh sekali hilangnya padahal anak saya rajin bersih kan wajah.....terimakasih

Kebiasaan Mengorek Pusar pada Anak, Baik atau Buruk?

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok saya eka, saya mau tanya.. Anak saya yg berumur 1,4th mempunyai kebiasaan yg sgt buruk yaitu mengorek pusar d saat siang hari sampai mlm. Terkadang saat lg nonton tv, minum susu dll. Setiap dia pegang pusar aku selalu kasih benda k tangan ny biar dia gk main pusar tp malah benda ny di buang. Saya tkt pusar nya luka dok. Cara menghilangkan nya bagaimana ya dok? Terimakasihūüėä

Konstipasi Kronis pada Anak

Info penanya: wanita, 36 Tahun

Dok saya mau tanya anak sy skrg sudah berumur 10th yg mau sy tanyakan apakah anak tidak BAB berbulan2 tidak apa2 soalny dia(anak) tdk pernah mengeluh sakit apa2 makan n aktifitas yg lain normal seperti biasanya cuma bermasalah di BAB nya aja gak pernah lg sudah beberapa bulan ini waktu itu pernah sy bawa ke puskesmas katany cuma kembung n dkasih obat tp tidak ada perubahan sampai skrg Terima kasih ya dok

Maag pada Anak

Info penanya: pria, 42 Tahun

Malam dok,,, saya mau bertanya, kenapa anak sy baru berusia 9 tahun sudah kena mag, kok bisa ya dok?

Susu Formula Untuk Anak 5 Bulan, Bolehkah?

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok mau tanya anakku berusia 5bln dan masih asi eksklusif.pertanyaan sy adalah apakah boleh baby ku dkasih susu formula karna sy berpuasa untuk selingan sja. Makasih dok,ditunggu jawabannya

Anak Sulit Makan

Info penanya: pria, 33 Tahun

Selamat pagi dokter,saya andil. Saya mau tanya.saya dirumah ada balita,sehari itu makannya cuma nasi segenggam.dan tidak mau minum susu.apa yang harus saya lakukan

Bahaya Sosis Mentah

Info penanya: pria, 37 Tahun

Dok, anak saya usia 7 tahun, perempuan, suka makan sosis mentah. Bahaya kah? Terima kasih

Nyeri berkemih pada anak, apa sebabnya?

Info penanya: wanita, 1 Tahun

dok,kenapa anak saya kalo pipis nangis..panasnya naik turun udah seminggu gk sembuh",gak mau makan,lemas,gk ceria..kemaluan sering gatal,kalo tidur nungging..kenapa dengan anak sya dok,terimakasih

Anak Sering Berkeringat Dalam Masa Penyembuhan

Info penanya: pria, 31 Tahun

Maaf dok saya dimas,saya mempunyai anak umur 7 tahun. Anak saya di diagnosa kena gejala tipes.Yg saya tanyakan,apa di dalam masa penyembuhan tersebut si pasien selalu berkeringat?Anak saya ini berkeringat waktu istirahat/tidur,tapi tidak merasa kedinginan dan telapak tangan dan kaki hangat kayak orang normal. Apakah wajar ini dok? Terima kasih
Agar Anak Tak Mudah Ketularan Sakit Temannya
Info Sehat
Agar Anak Tak Mudah Ketularan Sakit Temannya
17 Shares

Anak BAB Cair dan Muntah

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok, anak saya sudah 5hari buang air besar sehari bisa 6x agak cair fases nya dan belakangan ini sudah 3hari muntah muntah banyak, warna nya putih. (muntah ya dok bukan gumoh) muntah nya sehari bisa 2x.terus menyusu jg agak kurang dan cma mau menyusu di payudara kiri, dikanan tidak mau. Mohon solusi dok kira2 anak saya kenapa. Oiya anak saya usia nya 3bulan 18 hari

Berat Badan Normal Anak

Info penanya: pria, 32 Tahun

Ibu dok saya mau tanya anak saya perempuan 4bln berat badannya 5kg apa itu normal? Trimakasih

Alergi Susu Formula

Info penanya: pria, 30 Tahun

Hallo dok. Anak saya usia 4bln. Bb lahir 3.1 skrg bb 5.6kg. Konsumsi susu formula. Awalnya suka dengan rasa susu tersebut. Tp lama kelamaan nafsu untuk menyusu berkurang. Timbul ruam merah d sekitar badan dan tangan. Sering kembung. Kalo malam sering sulit bernafas. Apa yg harus saya lakukan? Trimakasih

Demam pada Anak

Info penanya: pria, 30 Tahun

Dok . anak saya usia 6 bulan. Dia panas sudah 2 hari,sudah saya obatin pakai obat turun panas tempra.. Tpi sampai sekarng blum trun panasnya,gmn yah dok?

Zat Aditif

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok saya mau tanya Anak saya usia 3th jika makan ciki atau minum minuman instant sprti ale2,teh gelas, nutrisari dsb dia batuk trus muntah muntah Apakah ini ada gangguan pada pencernaan nya, dan apa perlu di lakukan pemeriksaan lanjut karena sudah sering saya periksan ke dokter tapi kata dokter tidak apa2