Haid bukanlah halangan bagi Anda untuk tidak olahraga. Lalu, bagaimana kiatnya agar tetap nyaman berolahraga saat haid?
Tampilkan foto dan video
6 Kiat Tetap Nyaman Olahraga saat Haid
Info Sehat
6 Kiat Tetap Nyaman Olahraga saat Haid
Benarkah Minuman Soda Dapat Melancarkan Haid?
Info Sehat
Benarkah Minuman Soda Dapat Melancarkan Haid?
5 Makanan Pereda Nyeri PMS
Info Sehat
5 Makanan Pereda Nyeri PMS

Peluang Hamil Bila Haid Tidak Teratur

Info penanya: pria, 23 Tahun

Mlm dok ,,,saya sdh mnikah 7bln ttpi nlm dkasih momongan dok ,,haid saya slalu maju mundur dok apa itu pnghmbatya dok ,,,trmksih dok

Agar Haid Teratur dan Bisa Hamil

Info penanya: wanita, 31 Tahun

Dok, saya ingin bertanya mengenai jadwal mesntruasi saya, selama ini mens saya tidak teratur, sejak remaja hingga sekarang menikah, tetap belum teratur. Kebetulan saya belum memiliki keturunan. Langkah2 apa saja yang perlu saya ambil supaya bisa mens teratur dan memiliki keturunan? Terima kasih banyak atas jawabannya...

Penyebab Vagina Gatal Sebelum dan Selama Haid

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Assalamualaikum warohmahtulloh hiwabarokatuh Selamat malam dokter Saya mau nanya Saya mengalami gatal gatal pada vagina ketika haid tapi baru kali ini saya mengalami gatal gatal saya bahkan sudah mengganti pembalut tapi sampe sekarang masih ada rasa gatal. Sekarang sudah hari ke 7 saya haid. Biasa nya di hari ke 6 saya sudah bersih. Kemaren sudah bersih tapi tidak keluar darah tapi saya mengalami keputihan banyak . dan sekarang d hari ke 7 keluar bercak darah lagi dan vagina masih terasa gatal. Untuk mengatasi nya harus bagaimana dok? Obat apa yang harus saya beli ? Terimakasih

Obat Kista Ovarium Sebabkan Tidak Haid?

Info penanya: pria, 26 Tahun

Selamat Pagi Dok Saya mau tanya Apakah minum obat kista bisa membuat wanita tidak haid atau tidak mengalami menstruasi? Terimakasih Dok. .

Haid 2 kali Sebulan, Ingin Hamil

Info penanya: wanita, 30 Tahun

Sore dokter.. Sy lg harap-harap cemas menanti kepastian. Menstruasi sy lancar dlm siklus pendek tiap bulanya sebulan mens 2x lamanya mens 5-7hr dan bersih hanya 2minggu yg sy tanyakan terakhir mens bulan 7 hanya lupa hphtnya.. Utk bulan 8 sy blm mendptkan Mens sy iseng tgl 30 sy test hasilnya + dr urin bangun tidur, siang, sore hasil positive.. Malam tgl1 sy ke dokter spog utk priksa maaf mengingat sy sudah 10th berumah tangga dan sebelumnya blm perna hamil.. Tapi kata dokter sy blm hamil.. Masalah kecewa mungkin dlm 10th sudah spt jd kebiasaan kali ya dok.. Tp untungnya dokternya sngt baik sy dikasih wkt 2mggu utk priksa kmbali.. Sy berserah pasrah dan muda2n benar itu positive.. Dokter yg sy tanyakan gmn memghitung hpht yg siklus pendek 14hr dan apa memang sy ada kelainan.. Terima kasih.. Hehe

Belum Menstruasi Usia 12 Tahun

Info penanya: wanita, 12 Tahun

Maaf dok saya ingin tanya knp ya dok? Saya blm terjadi tumbuh payu dara dan menstruasi padahal saya sudah berusia 12 thn....tlong britahu bagaimana cara agar payudara sya bisa tumbuh dan sya bisa menstruasi?terimakasih dok😊

Vagina Gatal Setiap Kali Haid

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Jika saya mau haid maka akan terasa sangat gatal.apakah itu bahaya? Dan terkadang terlebih dulu keluar darah sedikit sedikit 5-7 hari sebelum haid.
Inilah Manfaat Olahraga Saat Haid
Info Sehat
Inilah Manfaat Olahraga Saat Haid
Kenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?
Info Sehat
Kenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?

Haid 2 Kali Dalam Sebulan

Info penanya: pria, 21 Tahun

Dok saya mau tanxa ,,kemarin saya haid tgl 22 sampai 26 agurtus,, dan sekarang kok haid lagi apa mempengarui kesuburan atau tdak,,,dan gimana tgl msa sbur saya

3 Bulan Terlambat Haid

Info penanya: wanita, 18 Tahun

Dokter saya anak gadis yg belum menikah, dokter saya mau tanya kenapa 3 bulan sekarang ini saya tidak pernah menstruasi? Padahal saya tidak melakukan hubungan badan dengan pria, apakah itu suatu penyakit? Tolong jelaskan dokter.

Keluar Gumpalan Darah, Haid Atau Keguguran ?

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Selamat malam dok Saya mau tanya Saya baru menikah tgl 1 juli 2017 kemarin Dan d bulan agustus saya mengalami telat haid Terus saya nyuruh suami say beli tespek Dan keesokan harinya saya tes dan hasilnya positif Dan kemarin pada tgl 2 sept saya mengalami pendarahan tp darah yang keluar itu berupa gumpalan Sampe saat ini ini pun masih keluar tp tdk sebanyak hari per 1 ,2 ,3 Dan mertua saya bilang kalo kemarin telat itu telat biasa bukan hamil Padahal sebelum nya saya gak pernah tuh yang namanya telat haid Apakah bener dok apa yang d omongin mertua saya Kalo darah yang keluar berupa gumpalan itu darah haid Tp knp pas di TP pertama Hasil nya positif ya dok Itu menjadi pertanyaan saya dok Soalnya kemarin waktu di usg janin nya pun belum kelihatan padahal usia kehamilan udah 6week Tolong di jawab dok

Belum Menstruasi Setelah Melahirkan

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Dok,kenapa habis melahirkan kok gl bisa mentruasi ya,pengaruh gk dok

Keluar Darah Menggumpal, Haid Atau Keguguran ?

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Makasih buat kesempatannya dok.. Saya ingin bertanya.. Saya sering terlambat menstruasi, setelah di test hasilnya negatif (test pada minggu pertama sampai 10hari) dan selanjutnya saya tidak melakukan test lagi. Setelah hampir 3blan saya menstruasi dan keluar darah yang menggumpal. Apakah itu sudah terjadi pembuahan dan keguguran ataukah ada faktor yang lain dok. Makasih dok..

Nyeri Saat Haid

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dok saya mau tanya,kenapa pas hari pertama menstruasi pasti perut saya sakit,badan saya semua pegal,kepala jadi pusing Tolong jawabannya dok trmksh
Mengapa Haid Bikin Wanita Rentan Sakit Kepala?
Info Sehat
Mengapa Haid Bikin Wanita Rentan Sakit Kepala?

Seputar Menstruasi Pertama

Info penanya: wanita, 14 Tahun

Assalamualaikum wr. wb Halo dok nama saya Nurlia umur saya 14 thn.. Tapi saya belum menemukan haid pertama saya padahal bulu kemaluan dab ketiak sudah tumbuh dan juga payudara saya suda membesar... Minta saran nya ya dok. terimakasih Wassalamualaikum wr. wb

Vagina Gatal Saat Haid

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dok saya else umur saya 17, saya mau bertanya saya mempunyai masalah pada mis-v terasa gatal ketika sedang haid kira-kira apa penyebabnya?

Durasi Menstruasi Memanjang

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Saya nina eriza Saya mau bertanya masalah haid dok.. Adik saya berumur 13 tahun mengalami haid terlalu lama,dia haid selama satu bulan lebih dan tidak berhenti. Apa penyebab dan cara mengatasinya dok? Terimakasih

Belum Haid Tapi Testpack Negatif

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya sudah telat haid 10 hari , HPHT 28 dan siklus normal 28 hari seharusnya tanggal 24 kemarin haid tp sampai hari ini tidak . Tanggal 24 saya keluar flek dan bercak darah tp sedikit saya fikir itu haid tapi ternyata tidak ada lagi . Saya sudah lakukan test pack tapi selalu negatif dok, itu kenapa ya dok? Apa badan yang lelah mempengaruhi HCG di pagi hari ya . mohon penjelasannya

Penyebab Haid Tidak teratur

Info penanya: wanita, 21 Tahun

dok saya tentang keluhan haid saya yg lama gara2 berhenti kb....awal nya saya kb suntik selama sebulan dan pada bulan kedua saya tidk melakukan penyuntikan ulang sebab haid saya jadi tdk teratur dan setelah berhenti kb dalam bulan ini saya jadi haid 2x yang pertama haid jarak lama haid saya cuman seminggu tapi di haid kedua masa haid saya lama sampai sekarang trus brdarah

Penyebab Terlambat Haid

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok obat pelancar haid apa yg paling bagus agar cepat haid Saya sudah telat haid 25 hari

Vaksin TT dan Haid

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dok.. Saya mau tanya apakah suntik TT berpengaruh dengan menstrulasi... Bulan lalu 4hr setelah menstrulasi saya melakukan suntik TT untuk perisapan nikah tetapi bulan ini saya telat datang bulang kurang lebih 5 hr.

Penyebab Terlambat Haid

Info penanya: wanita, 22 Tahun

malem dok saya putra mau tanya dok istri saya suntik kb 1 bulan pada awal bulan 7,kami campur tanggal 10 bulan 7 dan dia datang bulan tanggal 25 bulan 7 selesay halangan tanggal 29 bulan 7 dan setelah itu istri saya tidak suntik kb lagi dok, terakhir kami campur sekitaran pertengahan bulan 8 dan itu pun saya memakai alat kontrasepsi tpi kenapa istri saya sampai tanggal 3 september belum halangan juga ya dok apakah istri saya hamil ?? kami sudah melakukan tes dengan mengunakan tespek dan kami juga sudah melakukan pengecekan di bidan tapi hasilnya nihil mohon di jawab dok terimah kasih

Haid Tidak Teratur Pada Pengguna KB Implan

Info penanya: pria, 27 Tahun

malam dok... saya ibu rumah tangga usia 27th dengan 2 anak,sudah hampir 2 bulan ini saya haid gak berhenti tapi dah 3 hari ini berhenti tapi sesekali suka keluar lendir merah dok saya pake implan yg 3 thun tp siklus haid nya tidak lancar dok

Haid Tidak Teratur pada Pengguna KB

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Tulis Pertanyaan...dok kok saya shabis suntik kb 1bulan dateng bulan sampai 2minggu trus bulan selanjutnya gak dateng bulan. itu knapa ya dok

Penyebab Haid Tidak Teratur

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Hallo dokk..malem dok,mau tanya donk dokk...udah hampir 1bulan saya datang bulan minggu pertama itu cuma flekk aja minggu kedua darah normal setelah itu flekk lagi sampai sekarang nasih kadang ada kadang gak ada..saya bingung plus takut dok Bahayakah itu dokk Terus saya harys gimana.??? Trmksh
Cara Jitu Menunda Haid saat Menunaikan Ibadah Haji
Info Sehat
Cara Jitu Menunda Haid saat Menunaikan Ibadah Haji

Penyebab Haid Tidak teratur

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok, saya ingin tanya masalah haid yg tidak beraturan Bulan kemaren saya haid selama 10hri itupun kluarnya tidak banyak . Sebelumnya saya berhenti haid selama 5bln, bulan ini juga tidak haid. Kenapa ya dok?

Usia 22 Tahun Belum Haid

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya telah memasuki usia 22 tp sampai sekarang saya blm pernah haid, pertumbuhan payudara jga tdk berkembang dlu pernah ada tanda2 rasa nyeri di payudara seperti mw bsar tp itu berlangsung sebentar saja. Pertumbuhan saya seperti terhenti saat saya kls 5 sd mlai dri tinggi, berat dan masalah pubertas lainnya hanya rambut kemaluan yang tumbuh. Semenjak saya menikah beberapa bln lalu berat bdan mlai naik tp pertumbuhan lainnya tetap. Orang tua saya tidak menghiraukan saya ingin saya ke dokter tp tidak tau harus k dokter Sebenarnya apa yg terjadi pada saya, apakah bisa disembuhkan dan apakah saya bisa hamil???

Belum Haid Setelah Operasi Caesar 3 Bulan yang Lalu

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dok perkenalkan nama saya Melisa usia 19th baru melahirkan putri pertama melalui proses sectio caesaria tgl 28 Mei 2017. Saya mau tanya Dok, kenapa ya saya sampai sekarang belum menstruasi setelah SC? Saya khawatir takut kenapa2 Dok. Sudah 3 bulan Dok 😭tolong pencerahannya ya Dok terimakasih 🤗

Tanda Haid dan Tanda Hamil

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Halo dok, sy mau nanya.. sebelum2ny 7 hari sebelum masuk hari H haid, payudara sy sllu sja nyeri, tp skarang nggak ada rasa apa2. Apa itu bisa jd pertanda hamil..?

Haid Tidak Teratur Pasca Kuret

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Dok saya mau tanya, bulan 12 kmren sya hbis d kuret krna janin gk berkembang. Stelah itu haid sya tdk lncar. Bln 1 haid, bln 2 smpai bln 4 tdk haid & haid lg bln 5.stlah itu 3 bln brturut2 aya lncar dok haidnya. Tp bln kmren sya blum haid smpai skrang & sya TP tpi hsilnya negatif. Sya sring ada kluhan perut bgian bwah kdang2 kram sprti mau haid tp haid tdl knjung dtang. Sya mau tanya dok, apakah itu berbahaya atau tdk. Krna sya sdah niat ingin segera bsa hmil lg. Tlong pencerahannya y dok.. Sbelumnya sya ucapkan terima kasih..

Pasca Steril dan Menstruasi

Info penanya: wanita, 41 Tahun

Dok sy sdh 3 nln ini blm haid waktu melahirlan anak ke 4 saya sesar dan langsung steril pertama haid lancar msk usia 40 haid tdk lancar itu karna apa yaa dok mhn penjelasannya ya dok..

Flek Setelah Haid

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok, selama ini siklus haid saya teratur, tapi bulan kemarin telat 2 hari. Setelah 5 hari selesai haid, muncul flek kecoklatan, saya berpikir mungkin hanya sisa haid. Tapi di bulan ini saya belum haid, sudah telat 5 hari. Selain itu, saya mengalami keputihan, tidak terlalu banyak tapi berwarna putih dan membekas di celana dalam. Apa ada masalah atau hal yang wajar?

Perdarahan Di Luar Siklus Haid Saat Olahraga

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok setiap saya olah raga setiap pagi selama 10 menit saya selalu mengalami pendarahan seperti haid. Apakah itu normal dok? Apakah itu pegaruh berat badan saya yg underweight? Jika iya apa solusinya ya dok agar saya tetap bisa berolah raga dengan nyaman

Menstruasi Beserta Gumpalan Darah

Info penanya: wanita, 20 Tahun

selamat siang dok. saya mau bertanya. kenapa ya dok darah menstruasi saya keluar banyak sampai penuh ke pembalut berwarna merah cerah dan cair serta ada gumpalan gumpalan darah sedikit bila duduk,berdiri,berbaring tetapi jika saya jongkok setelah kencing suka keluar agak banyak gumpalannya. apakah ini normal apa tidak ? terimakasih dok.

Siklus Haid Memendek

Info penanya: pria, 42 Tahun

dok tanya setelah istri dilakukan pengkuretan , masa mentruasinya lebih cepat 3 minggu dah mentruasi . normalkah ?

Nyeri Payudara Sebelum, Saat dan Sesudah Haid, Normalkah?

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Payudara saya di bagian kiri sempat sakit di bagian pinggir bundaran atas, namun saya cek berulang kali tidak ada benjolan, saat itu sekitar 2 minggu sebelum haid, setelah haid, seminggu kemudian sembuh. Lalu ini dua minggu sebelum haid saya merasa nyeri terkadang di puting kiri, terkadang keseluruhan payudara kiri, terkadang yg kanan pun seperti itu, tetapi ada rasa tidak enak di payudara sebelah kiri. Dibandingkan yang kanan, yg sebelah kiri lebih sering nyeri. Apakah ini termasuk gejala adanya masalah dengan payudara?

Haid Terlambat Dua Bulan, Test Pack Negatif

Info penanya: wanita, 27 Tahun

dok saya bulan juli dan agustus tidak haidt tapi sat tetspac hasilnya negative .dok saya sangat kwatir apa yang terjadi sama saya? mohon syarat

Penyebab Haid Tidak teratur

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dok saya mau bertanya setiap bulannya saya selalu tidak teratur ketika menstruasi.terkadang dalam sebulan bisa sampai 2x menstruasi.tetapi bulan kemarin saya telat menstruasi dan payudara terasa nyeri apakah memicu kehamilan sedang tidak ada gejala orang hamil dan saya wanita singel. Trimakasih.

Terlambat Haid Tapi Testpack Negatif

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Ass. Dr Saya mau konsul ni,sebelum menikah siklus menstruasi normal 28 hari,tapi saat mau persiapan pernikahan siklus menstruasi saya tidak teratur,2 bulan baru menstruasi, dan setelah menikah sekarang sudah 3 bulan saya tidak menstruasi tetapi berapa kali saya test pack hasilnya negatif,apa karena saya terlalu stres ya dokter,saya baru pindah tempat tinggal ke rumah mertua, dan baru mau mencari pekerjaan lagi di sini. Trmh ksh sebelumnya

KB suntik dan Gangguan Haid

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Selamat sore dok .. Saya kb suntik 1bln, 3bln terakhir,, selama kb suntik haid saya sedikit. Dan bulan ini,, haid saya sangat sedikit, dan sampai sekarang sudah 2minggu blm selesai, di pembalut tidak terlihat, tp ketika berhubungan.. tampak darah nya tercampur dengan sperma. Kenapa ya dok ..

Sulit Hamil Karena Haid Tidak Teratur?

Info penanya: pria, 25 Tahun

Dok, Mau nanya haid tidak teratur apa itu sulit untuk hamil iya dok,, Padahal saya pengen baged cepet hamil Gimana iya caranya dok,...

Keluar Flek Coklat, Bukan Haid

Info penanya: wanita, 25 Tahun

dok sya terlambat haid udah 10 hari . tp hari ini sy keluar darah warna coklat . itu knp ya dok . darah haid atau tanda awal kehamilan?

Penyebab Terlambat Haid, Mengapa?

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dok, kan bulan kemaren itu halangan. Sedangkan bulan agustus ini kok belom haid. Padalan gak ada tanda - tanda apapun. Biasanya kalo saya mau datang bulan itu biasanya badan ngerasa capek. Kemaren badan terasa capek. Tapi kok gak haid juga. Apa ya dok penyebabnya ?. Terimah kasih

Haid Tidak Teratur Karena Obat Diet?

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok saya ingin bertanya, pada bulan lalu saya tidak mengalami haid, namun pada tanggal 1 agustus saya haid dok, berwarna hitam dan sedikit berlangsung satu hari saja, dan 2 hari yang lalu saya mengalami haid yg sama, sebelumnya saya mengkonsumsi obat diet dokk,, sebelumnya terimakasih

Belum Haid Pasca Keguguran

Info penanya: wanita, 31 Tahun

Tgl 15 April 2017 kami menikah dan 17 July 2017 saya dinyatakan keguguran di usia 13mg krn melakukan pekerjaan ikut ngaduk semen waktu renov ruko. Tapi ada kalimat dokter SPOG waktu itu "bagus anak ini luntur krn kalaupun lahir akan banyak cacatnya". Jujur saya agak sakit hati mendengarnya. Makanya saya hanya satu kali kontrol itupun tanpa didampingi suami krn suami juga shock dan tdk suka kalimat seperti itu, selanjutnya saya tidak datang lagi utk konsultasi program hamil berikutnya. Saat ini saya dan suami sama2 minum afolat dimalam hari dan sekali tiga hari saya minum vit e juga. Pertanyaan saya: 1. Normalkah hingga saat ini tgl 30 agustus 2017 saya belum mentruasi juga? 2. Kalau saya ingin memeriksakan kondisi kesiapan tubuh saya dan suami baiknya kami ke bagian di rs dan biasanya test apa yg harus kami jalani. Terima kasih banyak sebelumnya dokter.

Belum Haid Pasca Operasi Kista

Info penanya: pria, 32 Tahun

dok dulu q prnh punya kista dan sudah diangkat tp knp smpai skrng saya gk bs datang bulan

Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Info penanya: wanita, 35 Tahun

Saya menstruasi skrg2 ini sdh 26 hari kalau dulu dr 32-35 hari sejak mens pertama... Apakh ada masalah ya dok ? Saya jg di diagnosa ada adenomyosis, bgmn cara sembuh agar saya bsa hamik.

Nyeri Perut Bawah Saat Haid

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Dok saya sudah menikah dan mempunyai anak 8th,slepas kb ankku berusia th,,setelah lepas kb saya sangat menderita kram yg sangat parah di usg 2 hasilnya sama kandungan g ada masalh,,setelah 8 bulan saya perikasa lagi karna sudah 3x ini stiap berhubuangan keluar darah,setelah periksa dr spesialis saya di usg,dan ada lingkaran dan dr belum bisa memvonis apapun,,dan saya disarankan papsmear dulu,,setelah hasilnya sudah turun dokter bilang bahwa saya baik" saja tidak ada penyakit ganasnya dan hasil papsmearnya mengatakan papanicolaous clss 2 (radang dengan infeksi non spesifik)dan sudah di beri resep obatnya,,pertanyaan saya apa hasil papsmear itu sudah mewakili smua jawaban yg dokter kemarin usg tak memberi penjelasan apapun setelah itu? apa penyebanya sakit perut bagian Bawah sampai tembus pinggang belakang meski paskah haid?terima kasih atas penjelasannya

Haid Tidak Teratur Karena Terlalu Lelah?

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Saya mau tanya. Umur saya 19 tahun, tahun ini. Saya biasanya haid waktu akhir bulan hingga awal bulan. Tapi bulan agustus ini saya haid sekitar awal pertengahan bulan. Lalu tadi pagi saya keluar darah lagi, biasanya saya hanya keputihan biasa. Tanggal ini biasa saya haid, tpi bulan ini kok beda siklusnya. Apa ini biasa atau gimana ? Saya sedang awal jadi mahasiswa baru. Apa bisa karena kecapekan atau gimana ?terima kasih. Tolong dijawab yaa.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Info penanya: pria, 30 Tahun

selamat malam dokter.. saya sudah menikah 6 bln yg lalu. pada bln kmren istri saya datang bulan tp cuma dikit. Nah, bln skrg dia telat 1 mggu, kemudian datang bulan lg. itu gmn y dokter. mksh dok

Endometriosis pada Remaja

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Assalamu'alaikum. Selamat malam, dok. Nama saya Nana, umur saya 17 tahun. Saya mempunyai 2 riwayat operasi. Yang pertama, ketika saya berumur hampir 13 tahun, saya operasi usus buntu. Tapi ada yang janggal di operasi tsb, ditemukan cairan coklat yang menempel pada usus saya, dokter berkata itu adalah kista yang pecah. Setelah itu, saya dan keluarga tidak pernah was-was terhadap kista tersebut, toh sudah pecah? Ditambah lagi minimnya pengetahuan kami terhadap kista. Tiga tahun berselang, saya mengalami menarche. Alhamdulillah, betapa bahagianya saya krn ini merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh setiap perempuan karena ini menandakan "sah" nya menjadi seorang wanita. Tapi tidak seindah yang dibayangkan, tiga hari kemudian, saya mengalami sakit perut dan pinggang yang hebat. Hingga beberapa hari kemudian dan seterusnya saya hanya bisa berbaring di kasur. Kemudian saya di USG, dan didapatkan ada 2 kista endometriosis dekat rahim saya. Tapi bentuknya tidak bulat, melainkan oval. Karena katanya sudah pecah di dalam. Akhirnya tgl 27 Mei 2016, saya operasi. Di umur saya yang hampir 16 tahun, saya harus menerima kenyataan bahwa kepala tuba saya dua2nya harus diangkat karena sudah terinfeksi oleh cairan coklat alias endometriosis tsb. Dokter menghimbau saya untuk check up setahun mendatang. Kemarin, tepatnya tgl 13 Juli 2017 saya check up, dokter bertanya apakah saya ada keluhan atau tidak. Saya menjawab tidak sama sekali, haid juga lancar-lancar saja dan nyeri nya juga masih wajar, tidak ada gejala apapun yang menandai kista saya tumbuh lagi. Dengan percaya diri yang tinggi, saya berbaring di ranjang ruang pemeriksaan utk melakukan USG. Dan ternyata jauh diluar dugaan, kista saya kembali tumbuh dan sudah berukuran 4cm. Ketika itu dokter hanya berkata "endometriosis sebaiknya diangkat ketika ukuran nya sudah mencapai 6cm. sedangkan kamu masih muda, tidak bagus kalau banyak melakukan tindakan operasi. nikmati aja dulu ya, selanjutnya kontrol 3 bulan sekali utk mengetahui perkembangan tumbuhnya.". Berat bagi saya, hanya bisa duduk diam menunggu kemungkinan kista saya tumbuh semakin besar/mengecil dg sendirinya, atau mustahil nya hilang sama sekali. Apakah ada solusi yang lain untuk menghambat pertumbuhan endometriosis saya selain operasi dok? Dan tambahan, almarhumah ibu saya juga mengidap kanker payudara. Nenek saya ada kanker serviks. Tapi untuk endometriosis, saya kurang tau apakah ada ibu dan nenek atau keluarga saya yang mengidapnya. Mohon jawaban nya ya dok, terimakasih banyak :) Wassalamu'alaikum.

Siklus Haid Tidak Teratur Mengapa?

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Saya wanita sdh menikah 1 tahun tp belum pernah hamil. Keluhannya saya adlh siklus menstruasi tdk teratur. Siklus trpanjang 33 hr dan terpendeknya 16 hr namun lamanya selalu 7hr. 6 bulan yg lalu saya pernah usg katanya rahim saya normal dan bersih. Kemungkinan hormon saja. Tapi 2 bulan terakhir, menstruasi saya datang setiap 16-17hr dg lama masing" tetap 7hr dan volume tidak trlalu byk sprti siklus yg normal . Jadi 2 bulan ini saya 4x menstruasi. Kira" ada indikasi apa yg menjadi penyebab siklus menstruasi saya menjadi sangat pendek? Saya takut klo mau usg transv, apa ada indikasi pcos mskipun sebulan bs 2x mens ya dok?

Perdarahan di Luar Haid

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dokter,saya baru menikah 1 juli kemarin. HPHT 26 juli,,setiap bulan biasanya selalu maju. Saya kira saya hamil, tapi tanggal 26 agustus malam saya mengalami flek coklat, seperti tanda kehamilan. Sampai malampun masih keluar tapi cuma flek. Saya juga sempat pusing seperti migrain. Besok paginya saya HB dengan suami, pas mau membersihkan keluar darah banyak. Trs pas malemnya keluar gumpalan darah yang tidak hancur walau disiram. Menurut dokter itu memang darah haid atau keguguran dok? Trim’s

Haid Tidak Teratur Setelah Melahirkan

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Dok mau tanya saya sc bln 11 dan datang bln saat umur anak 6 bulan. 2 bln kemarin haid saya lancar tpi bulan ne blum juga haid bysa nya halid tgl 18 klo gak 25an tapi sampe skarang blum juga haid saya takut kebobolan karna anak saya umur 9 bln. Saya blum kb juga sbnrnya.. Trimakasih dok