Kebahagiaan menyambut mudik tidak harus dirusak dengan kepusingan menyiapkan MPASI. Baca kiatnya di sini.
Tampilkan foto dan video
Kiat Cerdas Menyiapkan MPASI saat Mudik
Spesialis
Kiat Cerdas Menyiapkan MPASI saat Mudik
14 Shares

Muntah Setelah MPASI

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dok saya mau bertanya, saya memiliki anak usianya 7 bulan. Sejak usianya 180hr saya mulai kasih MPASI awalnya saya buatkan sendiri MPASi namun slalu muntah dan saya coba berikan MPASI instan anak saya mulai mau makan tp dikarenakan ke khawatran saya terhadap pengawet dan tambahan gula atau garam yg ada di makanan instan jd saya buatkan kembali makanan MPASI di umur 7 bulan tetapi anak saya hanya mau makanan yg tekturnya sangat lembut hampir seperti air setiap saya buat lebih padat sedikit selalu muntah dan setiap saya berikan olahan seperti nasi, ayam, ubi makanan pokok lbh berat dia selalu muntah, menolak dan GTM kembali. Buah pun ketika saya buat MPASi slalu memilih hanya ingin pepaya, buah naga, mangga itu2 saja. Kenapa seperti itu ya dok? Apakah ketidak inginan mengkonsumsi nasi, ubi makanan yg berserat pada bayi 7 bulan normal?

Pemberian MPASI

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok bayi saya berusia 7 bulan. Sebentar lagi menginjak 8 bulan. Apakah boleh saya berikan bayi saya bawang yg di tumis dengan minyak zaitun lalu saya campurkan ke sayuran nya yg sudah di rebus lalu saya blender ? Saya pernah coba waktu itu. Dan anak saya makan sampai habis. Tapi saya mau meyakinkan lagi. Apakah boleh atau tidak memberikan tumis bawang dgn minyak zaitun. Terima kasih dok

Belum 6 Bulan Sudah MPASI, Bolehkah?

Info penanya: pria, 38 Tahun

Slamat sore dokter, Saya punya bayi umurnya 5,5 bulan, tinggi 60cm. Ada beberapa yg saya mau tanyakan : 1. Bayi sudah mulai memperhatikan ortunya makan, ada kenginan untuk mencoba makan dengan mencoba membuka mulutnya. Kira2 boleh saya kasi mpasi sebelum 6 bln ? 2. Bayi sering sekali bereaksi pingin muntah atau mual, kadang2 jadi muntah beneran. Kira2 penyebabnya apa yaa dok ? Terima kasih Dokter

Berat Badan Bayi MPASI Sulit Naik

Info penanya: pria, 25 Tahun

Selamat sore Dok, Saya mau bertanya tentang berat badan anak, anak saya umur 10 bulan namun berat badannya hanya 7kg. Dari segi makanan dan susu sudah biasa asupannya, makannya pun banyak susunya juga tidak berkurang. sudah konsultasi dokter sampe cek lab, cek darah lengkap tapi tidak ada gangguan apapun dok... Mohon bantuannya untuk menanggapi masalah ini, terimakasih.

Berat Badan Bayi MPASI Susah Naik

Info penanya: pria, 25 Tahun

Selamat Sore Dok, Saya mau menanyakan tentang berat badan bayi. Anak saya umur 10 bulan namun berat badannya dibawah rata" hanya 7 kg dan susah sekali untuk menaikan berat badannya. klo diliat dari segi makanan sudah tercukupi,makan juga banyak minum sufor juga tidak berkurang namun sama sekali tidak membantu. Sampai cek darah lengkap juga tidak ada gejala apapun. Mohon solusinya untuk kasus anak saya Dok... Terimakasih. Salam, Ratna

BAB Jarang pada Bayi yang Memulai MPASI

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Malam dokter saya punya anak usia 7 bulan 10 hari, sewaktu asi esklusif babnya jarang sekali bisa 5 hari sekali. Sekarang sudah diberi Mpasi, babnya juga masih jarang 2 sp 5 hari baru bab, meski babanya tdk setiap hari anak saya tdk rewel. Saya sudah memperhatikan jenis makanannya dr bahan makanan yg tinggi serat sy hidarkan tdk beri berturut2. Air putih juga sudah diberikan, setiap hari selalu pijat ILU dan gowes, buah tinggi air jg sering diberikan namun tetap sama. Anak saya punya alergi susu sapi dok, apa yg evaluasi lg dok supaya anak saya babnya lancar? Dan apakah sy harus segera ke dokter sp Anak. Mohon berkenan menjawab pertanyaan saya dok. Terimakasih

Setelah MPASI, Bayi Sering Muntah

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Salam dok.ini saya mau tanya ank saya umr 9bulan dri mulai umur 6 bln ud mp'asi.yang mau saya tanyakan knp tiap ank saya mkan mp'asi sela bebera jm selalu muntah dan demam,dan saya sudah konsultasi k dokter SP'A ktny suru ganti merk mkanan ny.saya coba gnti tpi knp ttp saja muntah. Tlong penjelasaan ny dok,trimakasi

Setelah MPASI, Bayi Sering Muntah

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Salam dok.ini saya mau tanya ank saya umr 9bulan dri mulai umur 6 bln ud mp'asi.yang mau saya tanyakan knp tiap ank saya mkan mp'asi sela bebera jm selalu muntah dan demam,dan saya sudah konsultasi k dokter SP'A ktny suru ganti merk mkanan ny.saya coba gnti tpi knp ttp saja muntah. Tlong penjelasaan ny dok,trimakasi

Gula Garam pada Bubur Bayi

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Dokter, apakah bubur bayi boleh ditambahi garam?

Sembelit Pada Anak Usia 6 Bulan

Info penanya: pria, 22 Tahun

Dok,saya mau tanya. Anak saya skg usia nya 6bln 11hari. Dari lahir sudah minum BMT tidak ada masalah BAB pun lancar, tapi skg saya sdh ganti Chilmil dan BAB nya jadi sembelit ada masalah ga dok? Atau pengaruh dari MPASI jadi BAB sembelit? Thanks

MPASI

Info penanya: pria, 23 Tahun

dok anak saya usianya sekarang 6 bulan saya kasih makan nasi tim 4 setelah makan kok pasti muntah sudah 3 kali saya coba kasih makan tetap saja muntah . dan muntahnya berkali-kali bisa 3 jam 6 kali muntah . aku harus gimana dok ?
Baca Ini Sebelum Sajikan Beras Merah untuk MPASI
Spesialis
Baca Ini Sebelum Sajikan Beras Merah untuk MPASI
14 Shares

Buang Air Besar Berwarna Hijau Pada Bayi

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Dokter, anak laki laki saya sekarang umur 7 bulan berat badanya 8 kg sudah tak kasih MPAasi tp beberapa hari ini bab nya berwarna hijau coba tak ganti merek makananya tapi tetep babnya masoh berwarna hijau dan baunya sangat pekat.. Bagaimana ya?

Makanan Bayi Bagi Usia 9 Bulan, Bolehkah diberi Ikan?

Info penanya: pria, 31 Tahun

dok untuk bayi usia 9bulan boleh dikasih ikan gurame

Frekuensi Makan Bayi 10 Bulan

Info penanya: pria, 27 Tahun

dok saya mau bertanya anak usia 9bln mau jalan 10 bln apa boleh makannya 3kali sehari.krn srpertinya klu 2kalu sehari bayi mesih kurang.

MPASI Sebelum Usia 6 Bulan?

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Asalamualaikum dok.. saya mau tanya.. apakah boleh bayi usia 5 bln dikasih mkn? Krna anak sya sdh pgn mkn dok.. apa tdk apa2?klo boleh tau mkanan apa sja yg boleh dimakan untuk bayi umur 5 bln?

BAB Cair Pada Bayi, Apa Sebabnya?

Info penanya: pria, 22 Tahun

dok saya punya anak dia skrng usia nya menuju 5bln dari sejak bayi saya kasih sufor..dan saya sudah ngasih MPASI sedikit2 tidak banyak..tapi skrang sering BAB sehari nyampe 6x BAB dgn feses nya cair ada kuning kuning kaya biji..saya sudah bawa k dokter..terus d kasih obat yg bisa d campur sama susu nya..setelah obat nya hbs masih aja terus menerus BAB..bahkan saya pindah merk sufor takut anak tdk cocok dgn susu yg kebanyakan laktosa nya..apa yg harus saya lakukan dok..terima kasih

Beras Hitam Untuk Bayi

Info penanya: wanita, 34 Tahun

Apakh bayi boleh makan beras hitam?? Umur berapa bayi boleh mkn beras hitam?

Memperkenalkan MPASI Pada Bayi

Info penanya: pria, 29 Tahun

Dok,anak saya laki2 berusia 6 blan dgn berat badan 5,6..cmn minum asi.tp saya ingin memperkenal kan mkanan dr yg biscuit di bubur.bubur dan jg nasi tim.tp selalu muntah...mohon saran nya dok.trimaksih
Memilih Makanan Organik untuk MPASI
Spesialis
Memilih Makanan Organik untuk MPASI
15 Shares
Kacang Hijau, Alternatif Menu MPASI untuk Anak
Spesialis
Kacang Hijau, Alternatif Menu MPASI untuk Anak
12 Shares
Makanan Organik Apakah, Baik Dikonsumsi Si Kecil?
Spesialis
Makanan Organik Apakah Baik Dikonsumsi Si Kecil?
16 Shares

Usia Mulai MPASI

Info penanya: pria, 25 Tahun

Siang dok, sya mempunyai bayi yg baru berusia 5 bln 2 minggu, apakah sudah boleh saya kasih makan atu blum? Dan apakah bayi 5 bulan sudah boleh di UAP sebab bayi sya sdang flu. Thanks dok

Pemberian MPASI pada Anak

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Bolehkah bayi diberi puree kentang asi pada MPASI pertamanya?

MPASI untuk bayi 2 bulan

Info penanya: pria, 28 Tahun

Selamat Pagi Dok, Saya Aprilia anak saya baru umur 2 bulan dengan berat badan 4,6 Kg, mau tanya apakah boleh bayi diberi makan pisang. kata orang sekitar biar perutnya kuat dan tidak lapar lagi, makanya di bantu diberi makan pisang. tapi belum saya terapkan karna saya masih takut. Apakah benar Dok, kalau bayi umur 2 bulan sudah bisa diberi makan Pisang, Apakah tidak apa-apa dengan sistem pencernaanya yang masih terlalu kecil. Terimakasih Dok.. Mohon Infonya Dok...

MPASI Dini dan BAB Sering pada Bayi

Info penanya: wanita, 22 Tahun

selamat pagi dok. saya mau tny.. anak saya perempuan lahir dgan BB 2,7 . skrg anak saya usia 5bln tapi cuma mnum ASI 3minggu saja krn saya mnjalani pengobatan. dan selanjutnya minum susu formula berat badan anak saya hny 6kg saja usia nya padahal sudah 5bln. sudah saya kasih MPASI sejak dia usia 3bln . skrg dia kalo BAB sehari bisa smp 7x tapi fesesnya tidak encer tp kadang kluare sdikit2.. seperti itu sudah 3mggu ini.. tp keadaan anak saya masih normal sprti biasanya. tidak rewel dan masih aktif.. grafik di KIA nya pun jg tdk turun apa kondisi sprti ini normal dok? terimakasih

MPASI Dini dan BAB Sering pada Bayi

Info penanya: wanita, 22 Tahun

selamat pagi dok. saya mau tny.. anak saya perempuan lahir dgan BB 2,7 . skrg anak saya usia 5bln tapi cuma mnum ASI 3minggu saja krn saya mnjalani pengobatan. dan selanjutnya minum susu formula berat badan anak saya hny 6kg saja usia nya padahal sudah 5bln. sudah saya kasih MPASI sejak dia usia 3bln . skrg dia kalo BAB sehari bisa smp 7x tapi fesesnya tidak encer tp kadang kluare sdikit2.. seperti itu sudah 3mggu ini.. tp keadaan anak saya masih normal sprti biasanya. tidak rewel dan masih aktif.. grafik di KIA nya pun jg tdk turun apa kondisi sprti ini normal dok? terimakasih

Bayi Susah Makan

Info penanya: pria, 25 Tahun

Hallo dokter, saya punya bayi usia 8 bulan. Saat ini sudah mulai bralih mp asinya dari bubur tepung beras menjadi bubur beras yg dicampur sayur. Awalnya anak saya makan dengan lahap tapi setelah beberapa hari nafsu makannya menurun dan menjadi susah makan. Hanya 3 -5 suapan, stelah itu sudah mulai menutup mulutnya. Apa penyebab hal itu dok? O ya anak saya juga masih konsumsi chol mil sbagai pndamping asinya.

Jadwal Pemberian MPASI

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok, beratbadan anak saya usia 11 bulan . Susah untuk bertambah mpasi pun sy berikan sehari 3x . Boleh kah dokter memberikan contoh kebutuhan kalori, protein dan lemak untuk bayi perempuan. Dan waktu yang baik untuk di berikan mpasi jam brapa saja ?

MPASI Untuk Bayi

Info penanya: pria, 32 Tahun

Apakah bayi usia 8 bulan diberi makan kuning telur puyuh atau telur ayam dengan bubur setiap hari baik atau tidak? terima kasih

MPASI Untuk Bayi Anda

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dok anak saya usia 9 bulan belum bisa mengunyah sdh tumbuh gigi bawah 2 tp klo makan tekstut kasar atau padat muntah sdh sy ajarakan naik tekstur sedikit2 tetap muntah dari pada tidak makan kembali sy saring MPASI Homemade nya, di usia brp kah bayi mampu mengunyah sendiri dok ?

Beras Merah untuk MPASI

Info penanya: pria, 34 Tahun

dok bolehkah memberikan menu beras hitam sebagai MP-ASI pd anak sy usia 9 bulan

Bubur Beras Hitam untuk MPASI

Info penanya: pria, 34 Tahun

dok amankah konsumsi bubur beras hitam sebagai MP ASI buat si kecil usia 9 bulan?

Pemberian gula dan keju pada MPASI anak

Info penanya: pria, 31 Tahun

Pagi Dr.saya punya anak umur 6 blan,dr umur 4 u msuk 5 blan sya sudah bri mkan,yg ingin sya tanya kan boleh tidak bla si anak tersebut saya ksih bu2r tim dngan campuran wortel,kentang,gula merah,kehu kraf.mkaseh Dr

BAB Jarang pada Bayi yang Memulai MPASI

Info penanya: pria, 25 Tahun

Dok, bayi saya usia 6 bulan. BAB nya 3 hari sekali padahal makan dan ASInya cukup banyak setiap harinya. Normal kah?? Terimakasih

Pemberian MPASI Pada Bayi Usia Kurang Dari 6 Bulan

Info penanya: pria, 28 Tahun

Pagi Dok,Saya mau tanya kl 5 bulan 2 minggu apakah boleh bayi diberikan makan untuk melatihnya. Terimakasih
Strategi Atasi Si Picky Eater
Spesialis
Strategi Atasi Si Picky Eater
19 Shares
Spesialis
Makanan Pendamping ASI, Dampingi Tumbuh Kembang Si Kecil
14 Shares

Cara Menambah Berat Badan Bayi MPASI

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Mau tanya dok, anak saya umurnya 10 bulan, tapi menurut saya dia kurus, bb nya cm 7kg, tp diansangat lincah, gimana caranya buat bb anak jd ideal sesuai umurnya, terus anak saya itu susah makan yg nasi tim, itu gimana mengatasinya ya dok

Sulit BAB pada Bayi yang Memulai MPASI

Info penanya: wanita, 6 Tahun

Dok mautanya baby saya usia 6bulan ganti susu chilmil kok babnya keras iya?kdg nyampe gak bisa bab.padahal waktu susu yg BMT baik''aja padahal mau tak seling MPASI takutnya mlah tambah gk bisa bab. itu karna susunya ato apa iya dok. MPASI untuk usia 6bulan yg baik buat pencernaan apa ya dok?

MPASI untuk Bayi Usia 5 Bulan

Info penanya: wanita, 26 Tahun

dok,mau nanya anak saya sekarang berumur 5 bulan,koq berat badanya menurun ya, kira kira 500gr di bulan ini, anak saya nyusu aktif dari umur 1 bulan sudah pakai morinaga bmt.. apa perlu porsi susu atau takaran saya tambah apa sudah boleh di beri mpasi??? soalnya anak saya sudah ada tanda tanda minta makan.. mohon jawabanya dok
Rambu-Rambu Pemberian Daging pada Bayi
Spesialis
Rambu-Rambu Pemberian Daging pada Bayi
12 Shares
Menyiapkan MPASI Kala Bepergian
Spesialis
Menyiapkan MPASI Kala Bepergian
11 Shares
Makanan Bayi Tak Harus Hambar, Lho!
Spesialis
Makanan Bayi Tak Harus Hambar, Lho!
10 Shares
Tips Menyiapkan MPASI untuk Ibu Bekerja
Spesialis
Tips Menyiapkan MPASI untuk Ibu Bekerja
19 Shares

Telur Setengah Matang untuk Bayi

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Apakah boleh bayi yang berusia sekitar 6 bulan memakan telur setengah matang kata ibunya sih itu bergizi apa benar ?

Menu MPASI Anak 7 Bulan

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Anak saya sekarang usianya sudah 7 bulan, sudah mulai MPASI tentunya :) Menurut panduan MPASI WHO yang pernah saya baca, makanan MPASI sebaiknya mengandung unsur 4 bintang (karbo, protein hewani, protein nabati, dan sayur) serta lemak tambahan. Namun setiap kali saya memberikan menu 4* anak saya cenderung sembelit. Lalu saya coba memberikan menu di pagi hari hanya buah atau sayur dan siangnya menu 4*, ternyata anak saya tidak sembelit. Yang ingin saya tanyakan, apakah setiap kali makan harus selalu dengan menu 4*? Jika tidak, apakah akan berpengaruh terhadap nutrisinya? Terima kasih.
MPASI Favorit Indonesia vs. Jepang
Info Sehat
MPASI Favorit Indonesia vs. Jepang
14 Shares

Mengenalkan MPASI pada Anak

Info penanya: pria, 32 Tahun

Selamat siang dokter.. saya punya Anak usia 6 bulan, mau Tanya untuk menjaga asupan gizi yg seimbang pola makannya seperti apa y dok?serta untuk pengaturan variasi asupan makanan nya gmn? terimakasih,
MPASI untuk Anak yang Alergi
Spesialis
MPASI untuk Anak yang Alergi
18 Shares
Rambu-Rambu Pemberian Camilan pada Bayi
Spesialis
Rambu-Rambu Pemberian Camilan pada Bayi
17 Shares

Agar ASI Banyak Saat Dipompa

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Selamat siang dok, saya mau tnya. Setelah sembuh dari sakit flu, produksi ASI saya berkurang. Padahal saya memompa masih sesuai jdwal,sudah minum suplemen pnambah ASI,dan bayi sy 9 bulan, frekuensi menyusunya msh sering. Bgaimana carany agar ASI saya bisa seperti semula? Terima kasih

Susu UHT vs Susu Formula

Info penanya: wanita, 26 Tahun

anak tdk mau minum susu formula, tetapi mau&suka minum susu uht. apakah gizi yg diperoleh sama ?

Mengetahui Anak Sudah Kenyang

Info penanya: wanita, 27 Tahun

dok..mau tanya baby saya usia 8bulan kalau dikasih makan agak kasar sedikit mual, dan porsi menandakan bayi kenyang gimana dok? yang kedua..baby saya mau saya kasih susu formula, menurut dokter susu formula yang menjadi pendamping buat baby saya apa dok?

MPAS BAB Anak Tidak Teratur

Info penanya: wanita, 26 Tahun

dok...anak saya sudah mpasi...dan belum bab selama seminggu...apa itu tergolong aman dok...menginggat sebelum mpasi pola bab anak saya gk teratur..kadang 12 hari 3hari lalu 10 hari 5hari... dan perutnya jg tidak keras. anaknya ceria dan tetap aktif...

Bayi 7 Bulan Susah Makan

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Salam dokter, saya mengalami permasalahan pada anak saya yang sulit untuk diperkenalkan berbagai makanan. anak saya usia 7 bulan, namun sulit sekali untuk diberi makanan, cara yang saya lakukan setiap menyuapi selama ini adalah dengan ditidurkan,tangan dan kakinya di pegangi biasanya sampai menangis tapi akhirnya mau menelan. karna kalau tidak begitu bubur bayi yang di suapkan selalu di keluarkan kembali, cara tersebut sudah saya lakukan selama 1 bulan sejak anak saya mulai makan 1 bulan lalu.saya hawatir dokter kalau terus seperti itu nantinya kebutuhan gizi dan nutrisi anak saya tidak dapat terpenuhi. Mohon solusinya bagaimana agar anak saya mau untuk makan tanpa dipaksa lagi. terimakasih dokter..wassalam..

BAB Hijau Setelah Bayi Makan Puree

Info penanya: wanita, 28 Tahun

slmt pagi dok, mau tanya : anak sy umur 6 bulan, mulai umur 5 bulan sy sambung dengan susu formula (bebelac) karena pd saat it sy sedang sakit dan stock asi sdh habis, dan skrg ini sdh mulai MPASI 2 hari. hari 1 sy beri pure beras merah susu, pas bab kok warnanya hijau, hari berikutnya bab nya jd lbh sering 4 kali dalam sehari dan warnanya berubah ubah, kadang hijau, kadang hijau ada kuning2nya, kadang encer kadang printil2 padat, pernah muntah 2 kali dan badannya demam 38, hari ketiga ini saya beri mpasi pure apel kentang anaknya lahap,tidak lesu lagi tapi babnya masih sama encer dan hijau bahkan sekarang muncul ruam merah di sekitar duburnya. mohon petunjuk kira2 itu krn apa dan saya harus bagaimana dok?? trimakasih

Penambahan Garam Pada MPASI

Info penanya: pria, 7 Tahun

Dok saya mau tanya anak saya semenjak usia 6 bln makannya maunya ada rasanya,bagaimana kasih makanannya?apa kah boleh makanannya pake garam?

Usia Berapa Anak Bisa Makan Biskut Bayi

Info penanya: pria, 35 Tahun

usia berapa anak bisa makan biskut bayi