Penyebab keluar cairan dari telinga
Tampilkan foto dan video

Keluar Cairan dari Telinga

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok anak saya waktu umur 4tahun pernah keluar cairan berwarna coklat lengket dan mengeras sehingga sulit dibersihkan, lalu saya oles minyak makan untuk dibersihkan tapi dia kesakitan dan semenjak saat itu dia sering mengeluh tidak dapat mendengar jika tidak sambil menarik daun telinganya sendiri, kira kira itu kenapa ya dok, anak saya sekarang sudah berumur 5tahun, mohon bantuannya

Bengkak pada Telinga

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok, anak saya baru berumur 42hari. Telinga kiri bagian atasnya bukan bagian bawah kuping bengkak Warnanya kemerahan jd tulang pipinya pun ikut membengkak. Lubang kupingnya pun spertinya menyempit. Tidak demam tinggi hanya hangat saja suhu badannya itupun hanya semalam. Sudah berobat ke spesialis tht pun dokter gatau, dokter hnya memberi antibiotik dan obat tetes telinga. digigit serangga juga bukan katanya. Kenapa ya dok boleh bantuannya?

Bengkak pada Telinga

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok, anak saya baru berumur 42hari. Telinga kiri bagian atasnya bukan bagian bawah kuping bengkak Warnanya kemerahan jd tulang pipinya pun ikut membengkak. Lubang kupingnya pun spertinya menyempit. Tidak demam tinggi hanya hangat saja suhu badannya itupun hanya semalam. Sudah berobat ke spesialis tht pun dokter gatau, dokter hnya memberi antibiotik dan obat tetes telinga. digigit serangga juga bukan katanya. Kenapa ya dok boleh bantuannya?

Bengkak pada Telinga

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok, anak saya baru berumur 42hari. Telinga kiri bagian atasnya bukan bagian bawah kuping bengkak Warnanya kemerahan jd tulang pipinya pun ikut membengkak. Lubang kupingnya pun spertinya menyempit. Tidak demam tinggi hanya hangat saja suhu badannya itupun hanya semalam. Sudah berobat ke spesialis tht pun dokter gatau, dokter hnya memberi antibiotik dan obat tetes telinga. digigit serangga juga bukan katanya. Kenapa ya dok boleh bantuannya?

Telinga Terasa Bergerak Ketika Terkena Angin

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Telinga kanan bagian dalam tersa bergerak ketika saya lompat atau terkena angin? apakah saya terkena ganguan telinga ?

Pertanyaan - #161948

Info penanya: wanita, 15 Tahun

Dokter, saya mau tanya. Didepan telinga saya sebelah kiri ada benjolan seperti telur tapi masih kecil. Kalau dilihat tidak tampak, tapi kalo dipegang terasa benjolannya dan sedikit sakit. Sedangkan disebelah kanan tidak ada benjolan seperti itu. Ini penyakit atau apa dok? Trimakasih

Benjolan di Depan Telinga

Info penanya: wanita, 15 Tahun

Dokter, saya mau tanya. Didepan telinga saya sebelah kiri ada benjolan seperti telur tapi masih kecil. Kalau dilihat tidak tampak, tapi kalo dipegang terasa benjolannya dan sedikit sakit. Sedangkan disebelah kanan tidak ada benjolan seperti itu. Ini penyakit atau apa dok? Trimakasih

Bengkak di Bawah Telinga

Info penanya: pria, 19 Tahun

Dok dibawah telinga saya bengkak aga kaku terus sakit bgttt sampe mau makan buka mulut pun agaaa sakit . Tp cuma sebelah itupun sebelah kiri . Ini kenapa ya dok ? Mhn dijawab terimakasišŸ™

Penanganan Otitis Media

Info penanya: pria, 24 Tahun

Gimana menyembuhkan penyakit Otitis Media ya dok.

Pembersih Telinga Elektrik, Amankah?

Info penanya: pria, 17 Tahun

Dok Alat Pembersih Telinga WAX VAC aman kah? lebih aman dari cutton bat

Kotoran Telinga Berbau Tak Sedap

Info penanya: pria, 44 Tahun

Dear dokter.saya mempunyai keluhan dengan alat pendengaran saya dimana kotorannya berbau seperti terasi...baunya saya alami terus menerus..kotoran saya kering.apakah ada kelainan dg telinga saya dokter?dan gimana solusinya?terima kasih atas jawabannya

Nyeri Pipi dekat Telinga

Info penanya: pria, 21 Tahun

Dok saya tadi pagi sakit di bagian pipi dekat telinga dan nyeri kira" itu sakit apa dok ya,dan bagemana cara penanganan nya makasih

Benjolan di Telinga

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok saya mau tanya di dkt telinga kanan saya ada benjolan kecil jika di tekan sakit?kira" knp ya dok

Penyebab Telinga Berisik

Info penanya: pria, 27 Tahun

Dok kenapa telinga saya bunyi seperti ada plastik didalam tolong dok terima kasih

Keluhan Telinga Tersumbat

Info penanya: pria, 23 Tahun

Hallo dokter, Dok, saya mau tanya, telinga saya terasa sumbat sebelah kiri, biasanya ketika saya pakai obat forumen, kemudian saya cungkil pakai jari langsung sembuh, ini sudah seharian tidak sembuh, saya pakai obat forumen tapi kotorannya tidak keluar. Sebenarnya apa yg terjadi di telinga kiri saya dok, apakah infeksi ? bisakah sembuh sendiri tanpa ke dokter ? Mohon jawabannya dokter, terima kasih.

Sakit Tenggorokan dan Telinga

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya mau tanya.. Saya sudah satu bulan lebih menderita batuk pilek yg tak kunjung sembuh..itu karena awal nya saya minum es "jas jus".. Sudah berobat ke dokter tapi juga belum sembuh.. Sekarang apabila mulut saya dibuka ditelinga bagian kanan serasa aneh.seperti lama dalam kendaraan. Kira2 kenapa ya dok..?? Terimakasih..

Pertanyaan Seputar Kesehatan Telinga

Info penanya: pria, 23 Tahun

Dok telinga saya waktu di senter pakek lampu kok kayak ad yang mengkilat gitu ya dok di dalm telinga yang dalem gitu warna putih .. kalau pendengaran saya sii tdak tergantung.. kemungkinan itu apa ya dok ? Pdhal saya juga rajin membersihkan telinga tdk terasa sakit juga dok .. Terima kasih dok
Mengenal Eksostosis,  Penyakit yang Menyerang Hamish Daud
Info Sehat
Mengenal Eksostosis, Penyakit yang Menyerang Hamish Daud
18 Shares

Penyebab Gangguan Pendengaran

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Dok, saya Diana, Saya ingin bertanya tentang kesehatan telinga saya, Begini Dok pada saat saya beraktivitas, ketika seseorang berbicara kepada saya, saya mendengarnya tapi terkadang perkataan nya tidak begitu jelas saya dengar, dan sering saya salah mengartikan perkataan nya. Nah, semua itu apa penyebab nya ya Dok, ?? Dan bagaimana cara mengatasinya?? Terimah Kasih....

Cara Mengeluarkan Serangga di Dalam Telinga

Info penanya: pria, 20 Tahun

Adakah seranga yang bertahan selama sudah hampir 3 minggu dalam telinga? Dia bergerak saat dini hari, ketika siang hari tidak berbunyi sma sekali. Jika ada seranga yang berthan selama itu, jenis seranga apa kah itu?terima kasih.
Awas, Menggunakan Earphone Saat Tidur Bisa Bikin Tuli!
Info Sehat
Awas, Menggunakan Earphone Saat Tidur Bisa Bikin Tuli!
18 Shares

Akibat Sering Menyabuni Telinga

Info penanya: pria, 16 Tahun

Bagaimana jika kuping terseringan kena sabun

Akibat Sering Menyabuni Telinga

Info penanya: pria, 16 Tahun

Bagaiimana kalo kuping keseringan kena sabun atau sering kita sabuni

Membersihkan Telinga

Info penanya: pria, 24 Tahun

Cara membersihkan telinga dengan aman? Dok, sebelumnya saya memberaihkan telinga memakai cotton bud, tetapi setelah saya baca di berbagai artikel ternyata kurang aman membersihkan telinga memakai cotton bud, kemudian saya beralih memakai baby oil, tetapi setelah pemakaian satu hari saya sering merasakan gatal, lalu saya kembali lagi membersihkannya memakai cotton bud seperti biasa. Apakah ada cara yang lebig aman lagi dok?

Membersihkan Telinga

Info penanya: pria, 24 Tahun

Assalamualaikum dok, cara membersihkan telinga denga aman dan benar bagaimana ya dok? Sebelumnya saya pakai cotton bud tetapi setelah baca d beberapa artikel ternyata kurang aman memakai cotton bud, setelah saya cari2 di berbagai artikel dan menemukannya saya mencoba memakai baby oil, tetapi setelah satu hari kuping saya sering gatal, apakah ada cara lain yg lebih aman dok?

Benjolan di Belakang Telinga

Info penanya: pria, 20 Tahun

Dok, saya mau tanya. Di belakang telinga saya ada 2 benjolan yang tidak terlalu besar, saya goyang ke atas bawah seperti urat yang keras / daging, saya mau menanyakan pentakit apa, dan menanggulanginya seperti apa? Terimakasih :)

Telinga Bau dan Berdarah Terus

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Assalamualaikaum dokter, saya punya keluhan masalah telinga, Saya mengidap pnyakit dari awal sata kecil, Keluar cairan nanah dari telinga saya, Dan mengeluarkan bau,.... Baru umur 19 saya menyarankan memeriksa ya kedokter. Dan kemudian menyarankan kepada saya untuk operasi pengambilang dagingtumbuh, atau tumor di bagian dalam telunga, operasi ke dua pengambiln lemaj di bagian daun telinga, dan operasi ketiga saya terkenak infeksi tulang belakng telinga,, sehingga suatu selalu keluar darah dan nanah yang sangat bau...... setelah siap di operasi, Telinga saya bau dan sellu berdarah ,,,tetapi nanah tdk ada lagi. Yg afa hanya kluar darah tak henti2 ya dan bau yang tidak enak.... Itu sebab ya knp dok... Sedangkan sya sudah operasi.. Tapi masih saja bau dan berdarah????

Pertanyaan - #137193

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Pak telinga saya kemasukan kertas tapi itu sudah lama sekali sdh ada 7 tahun tapi skrg telinga saya sakit dan pendengaran saya kurang jelas.

Telinga Keluar Ulat

Info penanya: pria, 21 Tahun

DOK, Kemarin saya tlponan hingga ketiduran, tapi ketidurannya tidak lama. waktu saya bangun, saya merasakan gatal pada telinga saya. kemudian saya cek telinga saya tapi ternyata ada ulat seperti belatung di dalam telinga saya yang keluar. saya jadi takut dok. gimana ya dok?

Terlalu Sering Membersihkan Telinga

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Halo dok,nama saya lia usia 17 tahun. Saya merasakan telinga bagian kanan saya seperti tersumbat dan seperti kontak-kontak(sulit menjelaskannya) dan perasaan tersumbatnya itu terkadang hilang terkadang kambuh lagi dan biasanya kambuh pada malam hari. Nah saya memang sadar jika sebelumnya saya sangat sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga dan saya pun merasa sakit di telinga ini karena hal tersebut. Nah menurut dokter apa yang terjadi terhadap saya dan apa langkah saya selanjutnya? Terimakasih.

Bunyi Krek di Telinga

Info penanya: pria, 24 Tahun

Dok, saudara saya sudah beberapa hari (+ dua minggu) merasakan sakit di telinga (keduanya). Dia mengalami sakit di dalam telinganya, dan bila saya mendekatkan ke telinga dia, terdapat suara yang terus berdetak (krek..krek..krek) dan cukup keras. Kira-kira termasuk gejala penyakit apa dan cara penyembuhannya bagaimana?
Ilustrasi Telinga
Info Sehat
5 Ciri Anda Memiliki Telinga Bermasalah
16 Shares

Sakit telinga

Info penanya: pria, 20 Tahun

Terasa sakit di telinga sebelah kanan apa penyebabnya?

Nyeri pada Telinga, Apa Penyebabnya?

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dok saya ingin bertanya nyeri ditelinga dibagian depan. Saat digunakan berbicara dan mengunyah terasa sakit. Itu kenapa dok? Apakah menganggu pendengaran saya?

Telinga Sulit Mendengar Sejak Kecil

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Gini dok,pendengaran telinga kiri saya kurang baik.. Ini udah berlangsung sejak saya SD, bisa mendengar suara tp tdk jelas. Bunyi hp pun gak bisa saya dengar.wktu kecil telinga sya pernh kemasukan cutton buds tp udah keluar dgn sndrinya.

Operasi Telinga

Info penanya: pria, 47 Tahun

Mggu kemarin saya operasi kecil diangkat jaringan ditelinga setelah 1 mgg kemudian dicek ternyata mulai begkak lagi apa penyebabnya dan gmn solusinya, terima kasih

Telinga Pengang karena Flu

Info penanya: pria, 20 Tahun

Maaf dok saya ingin bertanya, 5 hari yang lalu saya batuk dan pilek flu,, hidung tersumbat. Saat hidung sebelah kiri saya mencoba untuk menghembuskan hidung yg tersumbat dengat kuat kuat, tak lama kemudian telinga saya juga ikut tersumbat, saya pikir telinga saya bisa langsung sembuh tetapi hingga sekarang masih tetep tersumbat, malahan sekarang ada bunyi yang menyiang di dalam telinga kiri saya dok, kalau saya cegukan terasa ada air yang menutupi telinga, saat menguap juga begitu,, hingga sekarang belum hilang juga bunyi di dalam telinga kiri saya, setelah saya googling saya menemukan yang namanya penyakit tinnitas, pertanyaan saya, sakit yang saya alami ini bisa sembuh dgn sendirinya tidak dok? Di apotek ada tidak obat yang bisa menyembuhkan sakit telinga saya? Skarng flu udah hilang, cuma rahang, tenggorokan, agak pegal pegal dok, makasih sekiranya dokter membantu saya. Selamat siang dok.

Telinga Terasa Mampet

Info penanya: wanita, 28 Tahun

telinga sebelah kiri terasa ada kotoran tpi ketika dibersihkan tdk ada apa2.

Nyeri Telinga Disertai Pendengaran Berkurang

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dok,saya mengalami sakit telinga sebelah kiri disertai nyeri dan tulang daun telinga atas bila disentuh sakit,belakang telinga bawah juga sakit,tidak disertai demam maupun sakit kepala atau pusing,tapi telinga berdenging.pendengaran agak berkurang. Apa ini tanda dari gendang telinga saya bolong ya dok?

Telinga Terasa Gatal?

Info penanya: wanita, 21 Tahun

telinga saya sering gatal padahal kondisinya tidak kotor, apalagi jika saat basah setelah wudhu, saya mengakui bahwa saya kalau membersihkan telinga menggunakan ujung peniti..apakah itu ada hubungannya..terima kasih..

Tenggorokan Sakit sampai Telinga

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Siang dok,saya mau tanya tenggorokan saya sakit sampai ke telinga kanan saya,itu kenapa ya dok,terus untuk mengurangi rasa sakit saya harus apa ya dok

Nyeri Hebat di Telinga

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Sore dok. Dok hari rabu lalu jam 11 malam tiba2 lubang telinga, gigi, dan kepala saya sakit sekali, dan pusat sakitnya di telinga dan saya tidak bisa tidur hingga pagi saya nangis, sakitnya agak mendingan pada kamis pagi. Kamis sore saya kasih otopain, dan hingga hari minggu ini sudah tidak sakit, tapi pendengaran telinga kiri saya berkurang. Tiga bulan belakangan saya rajin bersihkan telinga luar dalam dgn cottonbud krn saya bekerja dgn rambut dicepol setiap harinya, jadi telinga harus bersih. Apakah sakit telinga ini krn bukan serumen di telinga krn pemakaian cottonbud setiap hari dok? Bagaimana pengobatannya? Terimakasih.
Bagaimana Jika Cotton Bud Tertinggal di Dalam Telinga?
Info Sehat
Bagaimana Jika Cotton Bud Tertinggal di Dalam Telinga?
18 Shares

Impaksi Serumen

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Assalamualaikum dok, Saya ingin bertanya, telinga adik saya sebelah kanan sakit dan berdenyut. Beberapa minggu yang lalu dibawak ke klinik terdekat dan diberi obat tetes serta obat antibiotik. Setelah diberi obat tetes yg disarankan dokter tersebut, kotoran didalam telinga keluar sedikit. Dan alhasil sakitnya hilang. Namun dalam beberapa hari kemudian sakitnya kumat lgi bahkan meradang. Saya ingin tau apakah itu tidak berbahaya dok? Dan Apakah kotoran didalam telinga tesebut bisa jadi penyebabnya? Terimakasih.

Telinga Seperti Buntu

Info penanya: pria, 22 Tahun

Hi Dok, saya angga. telinga saya seperti buntu/ kemasukan air dan sakit. tapi saya tidak merasa kemasukan air, dan berbunyi 'kriek' saat saya buka mulut, minum, makan dan ketika teman saya lihat ternyata ada cairan berwarna kuning. saya takut apakah ada masalah dengan gendang telinga saya ? apakah gendang telinga saya berlubang atau sobek ? apakah bisa sembuh dengan sendirinya atau harus operasi. rencana juga say aingin cek lebih lanjut. tapi saya ingin tahu sedikit informasi mengenai penyakit saya? Terima kasih

Telinga Berdengung Tidak Sembuh

Info penanya: pria, 52 Tahun

telinga sy berdengung sdh4 bl blm sembuh sdh ke dokter spcial tht. gimana mengatasinya

Nyeri Telinga Akibat Pakai Headset

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dok, saya Dian umur 19 tahun, saya Ada masalah dengan telinga kanan saya. Sebelumnya saya pernah pakai headset sampai saya tidur, saya lupa mematikan lagu Dan melepas headsetnya. Saya tidur miring kekanan. Setelah itu saya merasa sakit dibagian dekat lubang telinga, lama kelamaan sakitnya menjalar sampai kedalam telinga saya, Dan sekarang ketika saya makan sakitnya terasa sampai kedalam telinga. Bagaimana ya Dok? Terimakasih

Nyeri Telinga Setelah Tidur Dengan Headset

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dok, saya Dian umur 19 tahun, saya Ada masalah dengan telinga kanan saya. Sebelumnya saya pernah pakai headset sampai saya tidur, saya lupa mematikan lagu Dan melepas headsetnya. Saya tidur miring kekanan. Setelah itu saya merasa sakit dibagian dekat lubang telinga, lama kelamaan sakitnya menjalar sampai kedalam telinga saya, Dan sekarang ketika saya makan sakitnya terasa sampai kedalam telinga. Bagaimana ya Dok? Terimakasih

Bolong pada Gendang Telinga

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Selamat siang Dok, saya Ulfa 21th. 3 minggu yang lalu dok, suara saya seperti masuk telinga, atau menggema, tapi tidak ada rasa nyeri, saya tidak pernah flu atau batuk selama keluhan pada telinga saya, begitupun yang dulu, saya tidak pernah mengalami flu yang tak tak kunjung sembuh (alhamdulillah). terkadang saya merasakan ada tekanan pada telinga saya, tapi tidak ada rasa nyeri apapun. tekanan itulah yang membuat saya tidak nyaman. sampai pada minggu ketiga mulai terasa sedikit nyeri pada telinga saya, akhirnya saya memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter THT. saya sampaikan keluhan saya, ketika di rontgen dokter memperlihatkan perbedaan antara kedua telinga saya, dan hasilnya telinga saya yang mengalami keluhan, didiagnosa terkena infeksi dan gendang tehlinganya bolong. dan sekarang gendang telinganya sudah bolong lumayan besar, untuk saat ini saya masih dalam proses penyembuhan iritasinya. pertanyaan saya dok 1. apakah gendang telinga yang sudah lumayan besar bolongnya tidak bisa menutup kembali? 2. dokter THT saya bilang, kalau keluahan saya semakin dibiarkan dan gendang telinga saya semakin lebar bolongnya bisa berpengaruh pada otak dan menyebabkan kematian. apa itu benar dok?, 3. dan berapa persen kemungkinan infeksi akan menyerang selaput otak saya?? apakah inveksi itu akan cepat menyebar atau masih bisa di obati? 4. apakah saya akan mengalami tuli permanen jika gendang telinga saya tidak bisa menutup? sementara walaupun suara menggema, tapi untuk pendengaran masih terasa normal-normal saja. terimakasih sebelumnya dokter.

Mengatasi Kotoran Telinga Mengeras

Info penanya: pria, 38 Tahun

mau tanya tentang obat untuk melunakkan kotoran di dalam telinga apa namanya ya.

Gangguan keseimbangan dan nyeri kepala

Info penanya: pria, 36 Tahun

Selamat malam..saya baca artikel di klikdokter perihal sakit kepala hebat yg tdk blh dianggap remeh.jika sakit kepala disertai ketidakseimbangan spt mau oyong biasanya itu sakit apa ya?ke dokter apa saya konsul?

Benjolan di Bwah Telinga

Info penanya: wanita, 23 Tahun

dibawah telinga kiri saya ada benjolan kecil dan terasa sakit,penyakit apa itu dok dan bagaimana cara menghilangkan sakitnya krna mengganggu aktivitas saya. terimakasih.

Hidung Mampet dan Telinga Berdenging

Info penanya: pria, 29 Tahun

Siang dok,mau tanya dok 1bln ini saya merasa ada yng buyi nging di telinga saya saya pun juga sudah ke dokter THT namun bunyi itu tak kunjung hilang jauh sebelum itu hidung kanan saya sering mampet apakah ada hub.nya sama telinga denging ini dok? Mohon masukannya dok Terima kasih

Kista Palsu di Daun Telinga Kiri

Info penanya: pria, 27 Tahun

Selamat Pagi Dok Daun telinga kiri bagian dalam saya terdapat benjolan, dan saya telah berobat ke dokter sp.THT Penanganan oleh dokter berupa pungsi aspirasi, disedot dengan suntikan dan terdapat cairan kuning, dan saya diberikan obat sanexon serta cefat. diagnosa kista palsu, dan setelah disedot harus saya tekan terus agar cairan tak kembali yang ingin saya tanyakan, sehari setelah saya mengunjungi dokter, benjolan tersebut saya rasakan masih ada walau mengecil adakah solusi untuk permanen untuk ini? dan apakah penyebabnya Terima Kasih

Telinga Bunyi Saat Menelan

Info penanya: pria, 18 Tahun

dok kenapa didalam telinga saya kalau pas menelan ludah atau makanan ada suara krekk-krekk sperti suara meletup? kira kira sy sakit apa dok?

Telinga Bunyi Saat Menelan Ludah

Info penanya: pria, 18 Tahun

dok kenapa telinga saya ada bunyi krek-krek ketika menelan ludah atau makanan? apakah saya menderita glue ear?

Penyebab Gangguan Pada Telinga

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dok sya mempunyai masalah telinga kanan dan gara garanya saya menghirup udara di dalam telinga dengan keras, setelah itu elinga saya tidak normal seperti dulu/ budek tapi masih denger dikit kira kira kenapa dok?

Penyempitan Pembuluh Darah Telinga

Info penanya: wanita, 41 Tahun

Bagai mana cara mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembulu darah di dalam telinga

Menangani Infeksi Telinga Berulang

Info penanya: pria, 29 Tahun

selamat siang dok bagaimana mengatasi infeksi telinga yang berulang ulang dalam kurun waktu 1 bln sudah terkena 2 kali infeksi sebelumnya terjadi karena radang tenggorokan dan flue dan 1 bulan kemudian infeksi terulang lagi. padahal gendang saya tidak bolong baik baik saja kata dokter Tuba Eustachius''nya tidak bisa mengaliri lendir ke saluran hidung,dok apa perlu saya operasi agar tidak terjadi infeksi lagi terimkasih

Telinga Sakit setelah Mendaki Gunung

Info penanya: pria, 19 Tahun

dok, kalau saya habis muncak, kenapa telinga saya terasa sakit.. bagaimana mengatasinya...? dan bagaimana saya bisa mencegah agar kejadian ini tidak terjadi lagi? terimakasih