Berikut ini penjelasan tentang TBC.
Tampilkan foto dan video

TBC Bisa Menular

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Haii dok.. Saya ingin bertanya seputar TBC.. Saya mempunyai teman laki" usia 21 tahun, hari ini baru melihat hasil labnya bahwa dia positif terkena TBC ringan, katanya pengobatan tidak mencapai 6 bulan, dan kata dokternya tidak ada pantangan makan, minum dsb terkecuali berhenti merokok tetapi setelah saya baca di internet ada beberapa pantangan, yang saya ingin tanyakan : 1. Apakah pengobatan TBC bisa kurang dari 6 bulan? Sedangkan setau saya minimal pengobatan 6 bulan. 2. Apakan ada pantangan makan, minum dsb untuk penderita TBC ringan ? 3. Apakah TBC ringan tetap bisa menular ? Mohon di jawab pertanyaan saya dokter.. Terima kasihh...😊😊

Apakah TBC dapat Menular Lewat Peralatan Makan?

Info penanya: pria, 23 Tahun

Selamat siang. . . Mau tanya, Saya pernah menggunakan sendok dan sedotan air minum berbarengan karna tidak sengaja ( lupa ) dengan penderita TBC Paru-paru sekaligus penderita tersebut pernah mengalami Tumor paru paru Pertanyaan Saya, apakah saya akan tertular penyakit tersebut ?? sebab saya masih terpikirkan di benak ... Mohon jawabannya segera Terima kasih Salam

Batuk Tak Kunjung Sembuh

Info penanya: pria, 22 Tahun

Permisi dok, saya mau bertanya, saya udah ampir 2 bulan batuk2an tpi saya udah berobat tapi blum sembuh maksimal, batuknya timbul saat sudah berbuka puasa dan saat pagi hari atau malam, batuk saya ini diawali batuk kering tpi berubah jadi batuk berdahak, tpi kalau siang hari tidak ada batuk dan normal seprti biasa, solusi nya gmna dok? Terimaksih

Batuk Darah Setelah Memulai Pengobatan TB Paru

Info penanya: pria, 52 Tahun

Pak dok.hasil pemeriksaan dahak saya negatif Tbc...ttpi setelah di rongen di paru2 saya kata dokter kena Tbc...dan di berikan terapi obat program untk 6 bln...awalnya blm ada darah yg keluar saat batuk...setelah minum obat program di hari ke 3 bsknya sàt batuk ada darah yg keluar tp sedikit...apakah ini tdk masalah?

Keringat Dingin, Batuk, dan Kurang Nafsu Makan

Info penanya: pria, 43 Tahun

Assalamualaikum warrahmatullah .. sekamat pagi dok . Mohon maaf saya ingin bertanya tentang beberapa keadaan yg dialami oleh ayah saya . Beliau sering kali merasakan badan beekeringat lebih namun dalam kondisi tubuh yg dingin . Gejala lain yg dirasakan ayah saya juga batuk , perut terasa sakit sehingga kurang nafsu untuk makan , dan juga beberapa kali mengalami eneg perut atau mual . Yg mau saya tanyakan apakah kira kira yg dialami ayah saya ?? Terimakasih

Obat Tuberkulosis

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok saya Punya sakit TB paru dan baru jalani pengobatan 4 bulan... Tiba2 saya stop seminggu ini karna saya coba terapi lain dan terapisnya bilang berhenti saja minum obat tb. Padahal harus 6 bulan pengobatan. Sekarang dua hari ini badan saya lemas dan tiap malam menggigil. Tapi tidak batuk2. Solusinya sprti apa ya dok?

Gejala Tuberkulosis

Info penanya: wanita, 32 Tahun

Dok... Saya mau tanya Adakah penyakit tb yg tidak mengalami batuk..??? Sya mengalami dada sprti ada yg tekan Stlah 5 hari dada saya masih aja sprti ada yg tekan. Lalu saya berobat ke dktr penyakit dalam saya di tensi, di priksa dan di Rekam jantung smuanya bagus Pas saya di Rontgent sprti ada radang katanya trz Saya di suruh priksa ke dktr paru Di Sana saya di diagnosis penyakit tb Agak kaget sih denger nya soalnya saya tidak mengalami batuk, nafsu makan saya jg tdk bermasalah, klo mlm saya jg tdk keringatan hanya saja klo saya mengerjakan perkrjaan rumah saya cepet cape/lelah Pikir saya mungkin karna dada saya sakit sprti ada yg nindih Stlah itu dokter menyuruh saya untuk mengeluarkan dahak utk di priksa di lab Tp sy bilang saya tidak batuk dan saya sulit untuk mengeluarkan dahak Dktr menyuruh saya fisiotrapi/uap Kata dktr biasa nya klo udh ini uap dahak nya bisa kluar tp ttp aja dahak saya tdk bisa kluar yg ada hnya ludah doank Ywdh saya plng dan suster nya ngasih tempat 3 tub kosong buat saya untuk dahak Siapa tau di rmh bisa kluar dahak nya Tp udh 3 hari ini dahak sya tidak jg kluar Karena saya tidak mengalami batuk Jd slama 3 hari ini sya minum obat tb yg di berikan oleh dokter. Dok.. Saya jd bingung Apa kah saya terkena tb sedangkan saya tdk mengalami batuk Nafsu makan tdk bermasalah dan berat badan sya jg stabil tidak turun. Makasih donk mohon info nya

Penyebab Batuk Darah

Info penanya: wanita, 18 Tahun

Selamat sore dok, saya mau tanya.. Akhir-akhir ini saya batuk tapi tidak ada dahak dan tenggorokan saya terasa kering, kadang juga saya tersedak ketika malam hari. Kadang juga dada saya terasa sakit sehingga sukar bernafas, kepala saya juga sering pusing dan kadang keluar darah dari mulut saya di pagi hari. Terima kasih dok sebelumnya :)

Muntah Darah dan Demam Malam Hari

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Slmat siang..dokter saya mau tanya.ini ttntg mama saya.yg demam tidak kunjung sembuh.demamx sering trjadi d malam hari.klu di siang hari jarang dokt.memang mm ada gula drah,asam urat.tp udah d bw k dktr tulang sdh agak berkurang.setiap demam membuat mm nyeri di bagian pungung,blkang.badan2 smua trsasa sakit.baru2 hr kmrin mama muntah darah.org blnag paru2.. doktr sbnrx pnykt apa yg di derita truz saranx ?? Mksih dokt

Penghentian Konsumsi Rifampicin

Info penanya: pria, 37 Tahun

Dok sy terkena TB dianjurkan minum obat 6 bln setelah 9 hr sy mengalami mual pusing muntah nafsu makan tdk ada sehingga badan sy lemes, dokter sy menghentikan rifampicin tuk wkt seminggu dan obat g lain lanjut,, sy diberi obat mual yg sy tanya kan apakah menghentikan rifampicin aman dok? Karna obat TB tidak boleh putus sy takut TB sy kebal

Gejala Tuberkulosis Paru

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok saya mau tanya dok saya sakit sesak nafas,batuk berdahak hijau abu abu,demam,flue tp kata dokter saya kena flek dan tb apa bnr y dok sya harus bgm

Gejala Tuberkulosis Paru

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Saya demam,pilek,sesak napas,batuk berdahak dan warna dahaknya hijau keabuan kata dokter saya terkena flek dan gejala tb apa betul ya dok

Benarkan Saya Terkena Tuberkulosis?

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok pertanyaan saya yg tadi ko blm dijawab ya..saya uda seminggu ini sakit batuk berdahak hijau abu abu,flue,demam...namun saya punya penyakit asma...ketika saya disuruh cek ronsen hasilnya saya terkena flek dan tb apa bnr ya dok

Cara Mencegah Penularan TBC

Info penanya: pria, 20 Tahun

Penyebaran virus tbc itu bisa lewat apa saja dok. Dan bagaimana cara cara pencegahan tertularnya penyakit tersebut ?

Paru-paru Basah atau Sakit Jantung?

Info penanya: pria, 19 Tahun

orang banyak bilang itu penyakit paru" basah atau penyakit jantung dok?

Batuk Darah dan Sebabnya

Info penanya: pria, 23 Tahun

keluar darah saat batuk dok,tapi itu cuma sekali2 dok,,saat keluar darah agak sesak nafas saya,,tapi yg saya rasain nggak ada apa2 dok,,tenggorokan nggak sakit,,dan dada jga nggak ada yang sakit,,tpi saya sangat kwatir dngan penyakit saya ini dok,,ntah dari mana asal darah ini dok,,

Pengobatan TBC pada HIV Positif

Info penanya: pria, 21 Tahun

Selamat malam dok saya mau tanya, ini adek sepupu saya terjangkit tbc dan harus tes darah dan hasil tes daranya positif hiv. Bagaimana cara penyembuhan dua penyakit itu dok? Terima kasih

Tes Dahak Ulang Setelah Pengobatan Tuberkulosis

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok saya pasien tb baru dua minggu mnjalani pengobatan.pengobatan paru" saya d alihkan dari rumah sakit ke puslesmas trdekat. Hasil rontgen sudah ada dan positif hasil tes dahak negatif, tapi ktika saya mau mlanjutkan pngobatan d puskesmas saya malah d suruh tes dahak lagi dan mulai pengobatan dari awal dengan alasan untuk kelengkapan prosedur sedangkan saya sudahmengkonsumsi obat" itu selama dua minggu tanpa putus, itu gmana ya dok apa ngga apa" ke badan sayanya kalo d ulang dari awal lagi ? Mhon pnjelasannya trma ksh

Hasil Rontgen 3 Tahun yang Lalu Menggambarkan TB Paru

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok, akhir th. 2014 saya rontgen dan didiagnosis paru unfit katanya kena KP Duplex Moderat Lesi, itu artinya apa, selama 3 th itu saya abaikan soalnya sya mrsa sehat, tpi stlah dnger crita tmen yg mnderita flex jadi takut, belum lagi akhir2 ini saya mrsa bdan mudah cpat lelah juga sering batuk pilek, mohon untuk pnjelasannya dan solusinya dok, Trima kasih

Infeksi Paru vs Tuberkulosis

Info penanya: pria, 38 Tahun

Bapak saya sakit. Apa beda infeksi paru-paru dengan tbc

Diagnosis Tuberkulosis (TB) Paru

Info penanya: pria, 19 Tahun

pagi dok, saya ingin bertanya tentang TBC. Saya terkena batuk darah 2 minggu lalu kemudian saya pergi ke dokter dan dokter menyarankan rongten dan cek darah setelah saya cek darah dan rongten saya pergi ke 3 dokter yang berbeda dan hasilnya mengatakan saya terkena TBC. 3 Dokter tersebut menyarankan saya pergi ke puskesmas untuk mendapatkan pengobatan. dan ketika saya pergi ke puskesmas saya dianjurkan cek dahak, dan disuruh kembali 1 minggu kemudian untuk hasilnya, dan saya belum mendapatkan hasilnya setelah 1 minggu tetapi dalam 1 minggu hingga skrng saya tidak merasakan sakit apapun kecuali nyeri di dada dan nafsu makan saya tetap tidak turun.. apakah disini saya bisa dikatakan tidak terkena TBC?

TB Kelenjar Belum Hilang

Info penanya: pria, 21 Tahun

Selamat pagi dok..saya mempunyai penyakit kelenjar tb..saya sudah berobat ke dokter dan sudah mendapatkan obat bahkan hampir 9 bulan belum hilang benjolan di leher saya..ada perubahan tapi sedikit..gimana dok...makasih

Post TB Duplex, Apa Maksudnya?

Info penanya: pria, 18 Tahun

Dok Saya ziyad, 18 tahun tinggi 179 dan berat badan 68 kg, saya mau tanya, saya di diagnosis pada hasil medikal check up "post TB Duplex". Saya heran, padahal saya itu rutin olahraga, dan saya atlit basket, kenapa bisa kena ya dok?

Post TB Duplex, Apa Maksudnya?

Info penanya: pria, 18 Tahun

Dok Saya ziyad, 18 tahun tinggi 179 dan berat badan 68 kg, saya mau tanya, saya di diagnosis pada hasil medikal check up "post TB Duplex". Saya heran, padahal saya itu rutin olahraga, dan saya atlit basket, kenapa bisa kena ya dok? Dan cara penyembuhan nya bagaimana yaa?

Radang Paru

Info penanya: wanita, 30 Tahun

Malam dok.saya mengidap penyakit radang paru..nah yang sekarang sya alami sering sesek nafas,,bahaya apa tidak dok.mksh

Infeksi TB Kambuh?

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Asalamualaikum. Dok aku mau tanya,kakaku sudah hampir 1 tahun lebi mengalami batuk sampai pernah batuk darah Shbis berobat kedokter kakaku suruh rongen tapi paru* nya bagus,minum obat ini itu tidak kunjung sembuh,dan sekarang udah hmpir 2 thun timbul batuk kering terasa gatal ditenggorokan,itu yang membuat aktivitas kakaku terganggu. Dan sekarang dileher kakaku itu agak bengkak.nafsu minumpun sekarang berkurang. Sampai sekarang badannya makin kurus,

Gejala TBC

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Slmat siang dok.mau tnya gejala TBC itu apa?.bgaimn cara penularannya?.apakah bisa dsembuhkan dengan obat tradisional atau obat dri dokter?.trim's sebelumnya

Beda ISPA dengan TBC

Info penanya: wanita, 18 Tahun

dok saya mau tanya kalo gejala ISPA sama TBC itu sama apa beda ya soalnya saya baca2 di google gejalanya mirip2 teman saya terkena tb aktif dia baru mulai minum obat selama kurang lebih 5 hari lalu dia bersin di samping saya apakah saya tertular? kemarin saya demam tingi batuk batuk lalu saya periksa dan kata dokternya saya ispa soalnya gejalanya sama, mohon dijawab dok🙂🙂😇😇

TBC Kelenjar, Apakah Bisa Menular?

Info penanya: pria, 22 Tahun

apakah tbc kelenjar bisa menular?

Apakah Anak Gemuk Bisa Sakit TB?

Info penanya: pria, 3 Tahun

Anak saya dengan data di atas(gemuk)di fonis kena Tb..apakah anak gemuk bisa kena Tb jg dok.tkt salah vonis penyakit

Mengobati TBC yang Kambuh

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Saya mempunyai riwayat TB dan sudah melalui pengobatan selama 6 bulan (September 2015 - februari 2016). dan sekarang TB saya kambuh lagi. Bagaimana pengobatan terbaik untuk penyakit saya??

Pengobatan TBC Kambuh

Info penanya: pria, 24 Tahun

Mengobati TBC kambuh

Infeksi TB Laten

Info penanya: pria, 28 Tahun

Mau tanya dok,kalau tb talen itu apa yh,terus menular apa tidak?kalau menular,apa lewat berhubungan intim itu bisa nular?makasaih

Flu Tak Kunjung Sembuh, Apa Sebabnya?

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Selamat siang dok. Saya mau bertanya dok, udah hmpir 3 minggu ini saya flu. Minggu prtma disertai batuk kemudian batuknya sembuh. Minggu kedua sampai skrg lendirnya kuning pekat dan trs menerus ada. Kira2 penyakit saya itu apa ya dok? Trima ksh dok sebelumnya
Jangan Abaikan, Inilah Ciri Batuk Tuberkulosis
Info Sehat
Jangan Abaikan, Inilah Ciri Batuk Tuberkulosis
10 Shares

Pertanyaan Seputar Tuberkulosis Paru

Info penanya: wanita, 55 Tahun

Slmat pgiiii..adik sya laki2 usia 43 thn kmarin d rontgen dngan hasil : Pulmo ; Hili kabur. Corakan bronkovaskuler bertambah. Tampak infiltrat perihiler dan parakardial kiri. Tampakperselubungan opak homogen di hemithorax lateral bawah kanan. Kesan : Efusi pleura kanan. Suspek TB paru. Krna batuk terus jdi sdah 3/4 x d uap. Apakah ini bsa d sembuhkan, apakah menular...krna ada.2 anak laki2 apakah mereka jga harus d rontgen. Trimakasih...
TBGraphy, Mengenal Tuberkulosis Lewat Fotografi
Info Sehat
TBGraphy, Mengenal Tuberkulosis Lewat Fotografi
14 Shares

Apakah Saya Menderita Tuberkulosis Paru? Meskipun Dahak Negatif?

Info penanya: pria, 22 Tahun

salam sehat.. dok, saya mau bercerita, waktu saya di terima kerja saya tes kesehataan di salah satu rumah sakit di karawang, ketika d rontgen hasilnya seperti ada bayangan bakteri tb d paru2 atas sebelah kiri trus dokter bilang itu tb. tetapi dokter dari jepang itu hanya bayangan yang diprediksi 2-3 thun kedepan akan muncul bisa jg tidak, saya tidak percaya dan rontven ulang d RS berbeda dan hasilnya negatif... saya coba rontgen lg d RSUD untuk memastikan, hasilnya sma dengan RS pertama, tp dokter RSUd menyarankan cek dahak selama 3 hari tetapi hasilnya negatif. tetapi dokter tetap menyuruh saya mengkonsumsi obat selama 6 bulan.trtapi saya tidak pernah mengalami / merasakan ciri2 pendrita tb, sepeeti batuk, nafsu makan beekurang,berat badan turun, justruberat badan saya naik.. pertanyaannya.. 1. Apakah saya memang trkena sakit tb ? 2. obat yang di berikan 1 kapsul yang didalamnya terdiri dari 4macam obat dan vitamin cobazum. apakah obat ini audah tepat ? 3. apakah setelah sembuh bekas nya bisa hilang ? . Mohon penjelasanya.. Terima Kasih..

Pengobatan TBC 6 Bulan, Apakah Pasti Sudah Sembuh?

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok apakah penyakit tbc itu bisa sembuh dalam pengobatan 6 bulan ? Kalau hasil ronsen yg terahir dari pengobatan selama 6 bulan, tertulis begini.. Cor : ukuran tidak membesar. Pulmo : masih tampak infiltrat di apex sampai bawah paru bilateral. Corakan bronkovakuler dan noda keras. Hilus kanan dan kiri normal. Sinuses dan diafragma normal. Tulang intak. Kesan : Gambaran proses spesifik lama aktif tampak perbaikan. Tidak tampak kardiomegali. Apakah itu sudah di nyatakan sembuh ? Mohon penjelasannya dok .. Terimakasih

Batuk Saat Berbicara, Apa Sebabnya?

Info penanya: pria, 35 Tahun

kenapa saya batuk ketika berbicara,,,btuk dah lama g sembuh..

Apakah Infiltrat/Bercak Paru Dapat Hilang?

Info penanya: pria, 20 Tahun

Dok.. Saya mau bertanya.. Maaf kalau terlalu panjang.... .setahun yang lalu saya melakukan rontgen...lalu ditemukan infiltrat di bagian kiri paru2 saya..walau saya tidak megalami batuk yg berlebih... Dokter meminta cek darah dan dahak.. Dan hasil keduanya negatif TB...setelah itu saya diminta minum obat selama 6 bulan... Setelah 6 bulan...saya melakukan rontgen lagi.. .dan hasilnya memang lebih bagus dari Sebelumnya walau masih nampak infiltrat..lalu dokter tidak meminta minum obat Karena sudah bisa dibilang sembuh.. .. Dan hanya pebaikan gizi makanan.. Beberapa bulan kemudian saya diterima di sebuah perusaahan.. .dan sebulan yang lalu perusahaan mengadakan medical cek up karyawan massal.. .dan setelah di rontgen...saya diberi tahu Bahwa ada infiltrat di paru2 saya.. .pertanyaan saya 1.apakah metode pengobatan saya yang sebelumnya salah? 2.apakah infiltat tersebut berbahaya walau saya tidak mengalami batuk yang berlebihan selama ini? 3.bagaimana menghilangkan infiltrat yg ada di paru2 saya? Karena sya mendengar bahwa flek yg sudah diobati akan meninggalkan bekas.... Terima kasih

Sampai Kapan TBC Paru Yang Sedang Diobati Menular?

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dok saya menderita TB dan sudah menjalani pengobatan selama 3 minggu. Saya rutin minum obat dan tidak pernah bolong, batuk juga jarang meskipun masih ada. Apakah saya masih bisa menularkan TB dok? Terima kasih

Pantangan pada Penderita TB

Info penanya: pria, 28 Tahun

saya mau tanya apa saja yg di hindari pada penderita tb paru

Apakah TBC dapat Kambuh?

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Apakah penyakit TBC hanya terjadi satu kali seumur hidup atau bisa lebih?

Sedang Pengobatan TBC, Bolehkah Berpuasa?

Info penanya: pria, 23 Tahun

hallo dok, saya mengidap penyakit TB. yang ingin saya tanyakan: 1. apakah saya boleh berpuasa? karena ini akan membuat jam minum obat berubah, apakah ini akan berpengaruh pada pengobatan saya? 2. saya sudah menjalani pengobatan hampir 2 bulan, untuk panduan minum obat OAT 2 bulan pertama dihitung/dimulai dari pertama kali minum obat, atau dari 2 minggu pertama ya? karena kalau saya hitung dari obat yang dikasih kesaya masih banyak sekali. (NB: dokter saya suka kasih obat langsung untuk 1 bulan) mohon bantuannya. terimakasih.

Batuk Darah,, Wajarkah?

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok saya mau nanya, mama saya sakit udah 1 minggu lebih, awalnya mama sakit panas dingin terus tiba2 batuk dan batuk darah tapi cuma pagi dok batuk darahnya.. itu kenapa ya dok? Mama saya sudah minum obat dan udah bikin obat tradisional tapi tetap saja batuk dok
5 Kebiasaan yang Bikin Anda Mudah Terkena Tuberkulosis
Info Sehat
5 Kebiasaan yang Bikin Anda Mudah Terkena Tuberkulosis
17 Shares
Menyambut Hari Tuberkulosis Sedunia 2017
Info Sehat
Menyambut Hari Tuberkulosis Sedunia 2017
12 Shares

Penyebab Infeksi Paru-Paru

Info penanya: pria, 22 Tahun

BAGAIMANA AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT INFEKSI PARU-PARU ? KEBETULAN DIKANTOR ADA YANG SAKIT. JADI TAKUT KETULARAN KARENA KITA SATU RUANGAN KERJA. TERIMAKASIH DOKTER

Bolehkah Minum Susu pada Penderita TBC ?

Info penanya: pria, 18 Tahun

Mau nanya,saya mengidap penyakit tbc tapi harus di anjurkan juga minum susu apakah tidak mengganggu obat tbc yg selama 6 bulan

Pertanyaan Seputar Tuberkulosis Kelenjar

Info penanya: wanita, 28 Tahun

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,saya ibu 1 anak usia 28 tahun tinggal di saudi arabia sudah sekitar 4 tahun,di tahun 2015 dokter mendiagnosa saya tbc kelenjar,saya menjalani operasi kecil untuk mengangkat benjolan di bawah leher sebelah kanan,saya menjalani pengobatann hanya sekitar 4 bulan setelah benjolan itu diangkat,sampai saat ini saya berhenti melakukan pengobatan,sayaa sering merasa nyeri di daerah paru2 saya jika nyeri itu datang saya merasa dingin di daerah paru paru saya,apakah gejala itu menunjukan bahwa penyakit tb saya sudah mwnjalar ke daerah paru paru atau bagaimana,karena sampai saat ini pun sayq masih khawatir..mohon penjelasannya dan terimakasih sebelumnya assalamualaikum

Penularan Tuberkulosis

Info penanya: pria, 25 Tahun

Dok, minggu kemarin saya mengikuti pelatihan kerja. Dihari pertama kerja saya menjalani MCU dan dihari akhir mendapat hasil yang fit. Tetapi ada teman yang dinyatakan UNFIT karena KP Sinatra non akitf. Saat saya cari di internet ternyata KP nama lain dari TB. Saya sekamar dengan dia dan menjalani aktifitas seminggu ini bersama teman itu. Apakah ini menular dok? Apa yang harus saya lakukan dok?

Balita yang Mengalami Tuberkulosis

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Apakah penyakit TBC pada balita usia 7bulan bisa menular pada orang dewasa? Jika bisa bagaimana cara agar terhindar dari penularan tersebut? Padahal sehari2nya kita mengurus balita tersebut.

Interaksi Obat Tuberkulosis

Info penanya: pria, 25 Tahun

 Saya penderita tbc, saya juga cukup sibuk. Di saat mau minum obat tbc, saya lupa minum hepa-q. Apakah boleh minum obat tbc dan hepa-q secara berdekatan?

Interaksi Obat Tuberkulosis

Info penanya: pria, 25 Tahun

Malam dok.... saya penderita tbc. Pada suatu hari saya makan. Setelah makan, saya minum susu. Lalu 2 jam kemudian saya minum hepa-q (atas saran dokter), lalu 30 menit setelah minum hepa-q, saya minum obat tbc? Apakah itu diperboleh? Terima kasih

Interaksi Obat Tuberkulosis

Info penanya: pria, 25 Tahun

Malam dok.... saya penderita tbc. Pada suatu hari saya makan. Setelah makan, saya minum susu. Lalu 2 jam kemudian saya minum hepa-q (atas saran dokter), lalu 30 menit setelah minum hepa-q, saya minum obat tbc? Apakah itu diperboleh? Terima kasih

Aturan Minum OAT

Info penanya: pria, 21 Tahun

ass dok saya juna...saya mau tanya dok apa gak apa apa kalo minum obat OAT sore hari ???dan kalo pun harus di minum pagi hari apa saya harus merubah nya dan bagaimana cara merubahnya ??

TB Duplex Lama dan Aktif

Info penanya: pria, 24 Tahun

Permisi dok sya mau nanya TB duplex lama tp msh aktif apakah sama dengan tbc dan menular atau tidak apabila dalam tahap pengobatan. Terima kasih

Hasil Rontgen TBC

Info penanya: pria, 21 Tahun

Dear Team klikdokter, Saya mau tanya, saya menderita tbc 9 bulan yg lalu dan sudah minum obat rutin tanpa henti selama 9 bulan. Hasil rontgen terkahir saya : - cor, sinus dan diafragma baik - hilus tak menebal, kasar terutama kiri - fibrosis minimal di lapang tengah paru kanan - fibrosis di lapang tengah paru kiri dengan retraksi hilus dan pleura kiri, tak jelas infiltrat Kesan : gambaran proses lama paru. Maksud dari hasilny apa yah dok? Thanks.

Batuk Tak Kunjung Sembuh

Info penanya: pria, 27 Tahun

Siang dok, saya batuk brdahak dr hamil 7 bln skrg anak sya umu 3bln, dan ASI juga, skrg malah lbh parah dok, tiap mlm saya slalu batuk,menggigil, keriangat dingin dan sesak. dan asma sya jd kambuh trs, sebelumnya dah berobat tapi batuk mlm saya blm sembuh jg dan sekarang tiap kali batuk sya merasakan sakit di bawah ketiak dari punggung belakang hingga depan dan ini sudh ke 3x nya. Apakah batuk sya sudah cukup parah dok? Dan apa karena batuk ini jg berat badan sya tidak naik2?? Terimakasih