Mengontrol Gula Darah

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Selamat pagi dok, dok saya ingin bertanya soal gula darah. Dok apakah kegiatan berat setelah makan nasi efektif menurunkan gula darah di tubuh? Lalu bagaimana kita bisa mengontrol gula darah kita? Terima kasih dok

07 Mar 2017, 10:17 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Kadar gula darah dapat bervariasi bergantung pada jenis makanan yang terakhir dikonsumsi sebelum tes. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan menaikkan kadar gula lebih tinggi. Indeks Glikemik (Glycemic Index/GI) adalah ukuran pengaruh suatu makanan yang mengandung karbohidrat terhadap kenaikan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi menaikkan kadar gula darah lebih banyak dibandingkan makanan dengan GI rendah atau sedang.

Berikut adalah contoh beberapa makanan dan nilai indeks glikemiknya:

Low GI (GI ≤ 55): Oatmeal, roti gandum, macaroni, Diabetasol, Jeruk, Apel)
Medium GI (55 < GI < 70): Kue-kue bolu, bihun, pizza, nanas, mangga
High GI (GI ≥ 70): Nasi, mie, lemper, perkedel kentang, bakwan, kentang goreng, corn flakes, semangka

Setelah kita makan makanan yang mengandung karbohidrat, sistem pencernaan akan memevahnya menjadi gula lalu masuk ke pembuluh darah dan masuk ke dalam sel- sel tubuh guna menyediakan energi agar sel dapat berfungsi. Sisa gula yang tidak langsung digunakan oleh sel akan disimpan di dalam otot dan hati.

Olahraga dapat merubah gula menjadi energi. Yang paling benar ialah rutin melakukan olahraga jika ingin mengontrol gula darah Anda. Lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga tak perlu olahraga berat, Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas ringan-sedang namun rutin. Selain itu, jika ingin mengontrol gula darah sebaiknya pilih makanan dengan indeks glikemik rendah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

salam

07 Mar 2017, 10:17 WIB