Menurunkan Demam?

Info Penanya, pria 32 Tahun

Apakah ada tips untuk menurunkan suhu tubuh penderita dm, agar tidak merasa kepanasan?

11 Mar 2017, 09:19 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, 

Mohon maaf apakah yang Anda maksud menurunkan demam? 

Suhu tubuh normal dapat bervariasi tergantung pada individu, waktu hari, dan cuaca. Suhu normal bagi sebagian besar orang adalah sekitar 37°C. Suhu biasanya dikontrol oleh bagian otak yang disebut hipotalamus. Hipotalamus adalah termostat untuk tubuh yang berfungsi untuk memelihara suhu normal melalui mekanisme pemanasan seperti menggigil dan peningkatan metabolisme, serta mekanisme pendinginan seperti berkeringat dan melebarkan pembuluh (pembukaan) darah dekat dengan kulit.


Demam ringan berkisar antara 38-38,5°C. Demam tinggi berkisar antara 38,5°C hingga 41°C. Suhu lebih dari 41°C membuat anda jatuh dalam kondisi yang diesbut hiperpireksia dan hal tersebut berbahaya karena dapat merusak system saraf pusat.
Demam biasanya terjadi sebagai akibat dari adanya infeksi, seperti virus flu atau peradangan yang terjadi pada cedera jaringan atau penyakit. Namun banyak penyebab lain yang mungkin dapat menyebabkan demam, seperti obat-obatan, racun, kanker, paparan panas, cedera, kelainan pada otak, ataupun adanya penyakit dari endokrin (hormon atau kelenjar).

Untuk menurunkan demam perlu diatasi penyakit atau masalah penyebabnya. Selain itu dapat mengonsumsi obat penurun demam seperti parasetamol. Janganlupa untuk meminum air yang banyak, minimal 2 L per hari dan perbanyak istirahat serta makan makanan bergizi.

Demikian semoga bermanfaat

salam

11 Mar 2017, 09:19 WIB