Obat Diabetes

Info Penanya, pria 47 Tahun

Tanyak Dok Apa Obat utk Penykit DM yang udah komplikasi, Badan jadi bengkak berair, paru2 udah disedot cairanya. dada sakit, dan pinggang bagian belakang,

16 Mar 2017, 16:06 WIB
dr. Muhammad Anwar Irzan
dijawab oleh: dr. Muhammad Anwar Irzan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Ada berbagai macam pemeriksaan gula darah, yaitu pemeriksaan gula darah sewaktu (GDS), gula darah puasa (GDP), dan gula darah darah 2 jam setelah makan (post prandial). Pemeriksaan HbA1c memeriksa kondisi gula darah dalam 3 bulan terakhir.

Selanjutnya apabila Anda sudah terdiagnosis dengan diabetes, perlu diketahui poin penting mengenai pengelolaan diabetes. Pada prinsipnya terdapat 5 langkah (5 pilar diabetes) dalam mengontrol kadar gula darah, antara lain:

  • Edukasi berkelanjutan: seiring dengan kemajuan teknologi, Anda dapat mengikuti info medis terkini mengenai diabetes. Anda juga dapat mengikuti seminar awam mengenai diabetes dan komplikasinya yang sering diselenggarakan oleh berbagai institusi kesehatan (RS, klinik, dan lainnya)
  • Melakukan perencanaan makan dengan 3J ( pengaturan jadwal makan, jenis makanan, jumlah kalori), serta menjaga berat badan ideal sesuai dengan Indeks Massa Tubuh
  • Melakukan aktivitas fisik/olahraga teratur
  • Intervensi farmakologis, yaitu pengobatan dengan menggunakan anti diabetik oral maupun terapi insulin. Obat anti diabetik berfungsi meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam pengaturan kadar gula darah, serta menurunkan kadar gula darah. Konsumsi obat harus dilakukan rutin dan dalam waktu yang sama setiap harinya agar metabolisme glukosa teratur dan target kadar gula yang diinginkan tercapai
  • Memeriksa kadar gula darah & konsultasi medis rutin (tes gula darah sewaktu, gula darah puasa, atau HbA1c). Salah satu cara praktis adalah dengan menggunakan alat tes gula darah yang dapat digunakan di rumah dan kantor untuk memantau kadar gula darah.


Kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam, jangan sekali-kali mencoba untuk meminum obat tanpa anjuran langsung dari dokter yang memeriksa Anda karena obat diabetes oral ada berbagai macam dengan cara kerjanya masing-masing.

Demikian, semoga bermanfaat

salam

16 Mar 2017, 16:06 WIB