Pengobatan Diabetes Melitus Yang Tepat

Info Penanya, wanita 32 Tahun

selamat sore, sy sdh di diagnosa dm oleh dokter, gdp sy 240, 2 j pp nya 229, hba1c 7.6 % ...dberi therapi trajenta 1x1, pertanyaan nya jk sy menjalankn diet dm dg bnr, olahraga rutin...bisa kah meningkatkn kpekaan insulin saya? bisa kah sy melakukan program hamil lagi?bagaimana olahraga yang baik dan benar untuk penderita dm? dlm diet nya bolehkan.sy memakan sayuran ny lbh banyak? trm ksh

22 Mar 2017, 05:14 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menanyakan tentang pengobatan diabetes mellitus melalui fitur Tanya Dokter.

Diabetes mellitus, atau secara awam dikenal dengan penyakit kencing manis, merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia ( kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes mellitus tipe 1- faktor genetik, diderita sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diderita pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat-berat badan berlebih, merokok,dll).

Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh.

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah dan perjalanan penyakit. Pengobatan umumnya mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. Obat-obatan diabetes ada banyak jenisnya, dari yang bekerja mengeluarkan insulin hingga yang bekerja meningaktkan fungsi dari insulin.


Olahraga dan diet yang baik untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:
berolahraga secara rutin (3-4x dalam seminggu, olahraga ringan-sedang selama minimal 20 menit), mengurangi karbohidrat dan gula dalam diet, dan memperbanyak sayuran dan buah.

olahraga yang baik akan dapat meningkatkan kepekaan insulin sehingga membantu mengontrol gula darah.

Sedangkan untuk pengobatan, hal tersebut akan ditentukan oleh dokter mana obat diabetes yang tepat untuk mengontrol gula darah. Obat yang Anda gunakan adalah salah satu obat yang baik untuk menjaga gula darah agar tidak tinggi.

Dengan usia Anda sekarang, bila gula darah Anda terkontrol, seharusnya Anda dapat merencanakan kehamilan. namun sebelum melakukannya sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh agar proses kehamilan berjalan aman.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengobatan diabetes mellitus. Semoga bermanfaat.

 

22 Mar 2017, 05:14 WIB