Penyebab Sering BAK

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Halo dokter, saya memiliki keluhan sering kencing, dalam sehari bisa diatas 8X volume airnya lumanyan banyak padahal minum sehari standar kurang lebih 2liter, kira-kira yang saya alami ini kenapa ya? Terimakasih

04 Apr 2017, 04:25 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang penyebab  sering BAK.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan pertanyaan Anda, Anda mengalami keluhan sering buang air kecil (BAK). Bagaimana dengan asupan air minum Anda? Apakah Anda termasuk sering minum? Apakah terdapat urin berpasir atau berdarah?

Keluhan sering buang air kecil yang tidak berkaitan dengan asupan air minum dapat disebabkan oleh banyak hal. Keluhan buang air kecil yang sering tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal:

1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit. Pada pria, infeksi saluran kemih ini seringkali disebabkan karena infeksi menular seksual.

2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.

3. Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengontrol diuresis (kencing). Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih

4.Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih).

5. Pada pria bisa disebabkan karena Pembesaran prostat jinak. Sering terjadi pada pria memasuki usia 50 tahun karena ukuran prostat yang membesar dan menyumbat saluran kencing.

Untuk memastikan penyebabnya, Anda sebaiknya berkonsultasi tatap muka dengan dokter. Agar dapat diobati dengan tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab sering BAK. Semoga bermanfaat.

04 Apr 2017, 04:25 WIB