Telapak Tangan Kasar

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok, telapak tangan dan kaki saya kasar. Kulitnya tebal. Didaerah betis kedua kaki saya juga punya kulit seperti sisik ular. Bagaimana cara agar menghilangkannya ya dok?

12 Apr 2017, 09:46 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar telapak kasar menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebelum manjawab pertanyaan Anda,ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah sebelumnya Anda mempunyai riwayat alergi kontak (deterjen, sabun cuci) ? sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? adakah gejala penyerta seperti gatal / kulit kemerahan ?

Sayang sekali informasi yang kami dapat sangat sedikit untuk dapat menegakkan diagnosa penyakit Anda. Faktor tersering yang menyebabkan telapak tangan menjadi kasar adalah : alergi kontak (deterjen / sabun / bahan kimia), ruangan dingin (AC), kurang minum air putih dan sering memegang benda kasar.

Jika keluhan dirasakan semakin tidak nyaman, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan terapi optimal. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

12 Apr 2017, 09:46 WIB