Sering Lapar Walau Sudah Makan

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok, saya mau tanya. Kenapa ya walaupun saya sudah makan tapi perut saya sering bunyi, saya itu sering lapar walaupun baru saja sudah makan, dan saat makan pun kadang perut saya terasa lelah. Apa ini berbahaya ? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

21 Apr 2017, 23:39 WIB
dr. Fiona Amelia MPH
dijawab oleh: dr. Fiona Amelia MPH

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya, kami ingin bertanya terlebih dulu apa aktivitas Anda sehari-hari? Apakah Anda sedang mengalami stres atau kelelahan? Bagaimana dengan pola makan Anda apakah teratur? Apa saja jenis makanan yang Anda makan, apakah lebih banyak makan makanan manis, makanan berat, atau junk food? Apakah istirahat Anda cukup?

Rasa lapar bisa disebabkan oleh lambung kosong atau saat kondisi tubuh hipoglikemia (kadar gula rendah) yang akan memberi sinyal ke otak untuk makan. Selain itu, mencium bau makanan juga dapat memicu rasa lapar. Rasa lapar merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan dan terus menerus merasa lapar, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:

  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi/minuman bersoda
  • Kurang tidur: kurang tidur selain memperlambat metabolisme tubuh juga dapat merangsang hormon ghrelin yang memicu rasa lapar
  • Stress/bosan
  • Tidak sarapan
  • Mengalami diabetes atau hipertiroid
  • Aktivitas fisik berat atau kelelahan

Cobalah untuk tidur teratur minimal 8 jam setiap harinya agar tidak mengantuk pada siang harinya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Biasakan untuk selalu sarapan pada pagi hari dengan makanan tinggi protein. Makanan tinggi protein akan memberikan sinyal kenyang lebih lama ke otak. Jika sedang bosan, cobalah ngemil buah-buahan, jangan makanan yang mengandung tinggi gula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

21 Apr 2017, 23:39 WIB