Kulit Melepuh Karena Bawang Putih

Info Penanya, wanita 180 Tahun

Jadi bulan Feb saya di recomend saya temen buat ngilangin bawang putih, alhasil kulit saya beda dgn kulit dia akhirnya melepuh, dan sekarang sudah biasa tapi tinggal bekasnya. Bekas nya itu bisa hilang dalam brp lama yaa dokter ? dan bagaimana solusinya. Trimakasih

27 Apr 2017, 09:54 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang kulit melepuh karena bawang putih melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda bisa mengarah kepada diagnosa dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar.

Gejala dermatitis kontak ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu yang dalam hal ini adalah bawang putih, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka. Kompres dilakukan saat luka masih belum kering, cukup dengan air biasa, tidak perlu menggunakan air es. Akan tetapi, kami tetap menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menegakkan diagnosis dan pengobatan yang tepat dan optimal. Hindari penggunaan obat/krim tanpa pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kulit melepuh akibat bawang putih. Semoga bermanfaat.

27 Apr 2017, 09:54 WIB

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter