Diabetes dan Gangguan Seksual

Info Penanya, pria 48 Tahun

Siang Dokter, mau tanya apakah orang yg kena diabets itu bisa menghilangkan kejantanan atau lemah syahwat..? dan bagaimana mengatasinya..? Apakah bisa sembuh..? Dan apa obatnya tx

16 Mei 2017, 10:59 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang diabetes dan gangguan seksual melalui fitur Tanya Dokter. 

Diabetes melitus (DM) atau biasa disebut dengan kencing manis bisa terjadi akibat kekurangan hormon insulin yang mengubah gula darah menjadi gula cadangan atau gula otot. Terapinya bertahap mulai dari pengetahuan yang cukup mengenai DM, perubahan pola makan, olahraga, hingga penggunaan obat-obatan (termasuk di dalamnya adalah obat antidiabetes oral dan / atau suntik insulin). Perlu diketahui bahwa diabetes bukanlah suatu penyakit yang dapat disembuhkan, melainkan dikontrol / dikendalikan agar terhindar dari segala keluhan ataupun komplikasi yang bisa timbul, salah satunya adalah disfungsi ereksi.

Namun, tidak semua disfungsi ereksi disebabkan oleh diabetes. Masih ada beberapa keadaan lain yang dapat menyebabkannya, seperti faktor psikologis, gaya hidup (merokok, alkohol), riwayat luka pada kemaluan, pengobatan tertentu, dan beberapa kondisi medis lain.

- Berapakah kadar gula darah Anda saat ini?
- Apakah selama ini Anda menderita DM?
- Bila iya, sudah berapa lama Anda menderita penyakit ini?, dan
- terapi apa yang sudah Anda jalani?
- dsb.

Diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti disfungsi ereksinya. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengendalikan diabetes dan dokter spesialis urologi untuk disfungsi ereksinya. Dokter mungkin akan memberikan Anda obat yang dapat membantu ereksi (misal sildenafil sitrat, obat penenang, dsb), atau beberapa alternatif lain bergantung penyebabnya, sambil dilakukan beberapa pemeriksaan dan terapi untuk mengendalikan kadar gula darah Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai diabetes dan gangguan seksual. Semoga dapat membantu. Salam.

 

16 Mei 2017, 10:59 WIB