Setelah MPASI, Bayi Sering Muntah

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Salam dok.ini saya mau tanya ank saya umr 9bulan dri mulai umur 6 bln ud mp'asi.yang mau saya tanyakan knp tiap ank saya mkan mp'asi sela bebera jm selalu muntah dan demam,dan saya sudah konsultasi k dokter SP'A ktny suru ganti merk mkanan ny.saya coba gnti tpi knp ttp saja muntah. Tlong penjelasaan ny dok,trimakasi

24 Mei 2017, 16:34 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menanyakan tentang bayi sering muntah melalui fitur Tanya Dokter.


Muntah bisa membuat bayi ketakutan hingga menangis. Jika bayi muntah berulang-ulang, berkonsultasilah dengan dokter untuk menemukan kemungkinan adanya masalah lain yang memerlukan penanganan khusus.
Setelah beberapa bulan, muntah pada bayi lebih sering disebabkan karena suatu infeksi. Infeksi yang dapat menyebabkan muntah pada bayi adalah:
1. Infeksi saluran cerna, biasanya disertai dengan gejala perut kembung dan diare
2. Infeksi saluran nafas, biasanya disertai dengan gejala demam dan batuk-pilek
3. Infeksi saluran kemih, biasanya disertai dengan gejala demam
4. Infeksi telinga, biasanya disertai dengan gejala demam, batuk-pilek, dan nyeri pada telinga

Selain infeksi, penyebab muntah lainnya adalah alergi makanan. Pada keadaan ini, jika bayi berhenti mengonsumsi makanan yang memicu alergi, maka gejala muntahnya akan hilang. Kemungkinan lainnya adalah adanya kontaminasi makanan dari bakteri atau zat berbahaya sehingga menyebabkan keracunan makanan.

Bila usaha untuk menghilangkan penyebab alergi telah Anda lakukan dan bayi masih muntah, kami sarankan Anda untuk membawanya ke dokter anak.

Demikian penjelasan tentang bayi sering muntah. Semoga bermanfaat.

 

24 Mei 2017, 16:34 WIB