Belum 6 Bulan Sudah MPASI, Bolehkah?

Info Penanya, pria 38 Tahun

Slamat sore dokter, Saya punya bayi umurnya 5,5 bulan, tinggi 60cm. Ada beberapa yg saya mau tanyakan : 1. Bayi sudah mulai memperhatikan ortunya makan, ada kenginan untuk mencoba makan dengan mencoba membuka mulutnya. Kira2 boleh saya kasi mpasi sebelum 6 bln ? 2. Bayi sering sekali bereaksi pingin muntah atau mual, kadang2 jadi muntah beneran. Kira2 penyebabnya apa yaa dok ? Terima kasih Dokter

27 Mei 2017, 06:05 WIB
dr. Fiona Amelia MPH
dijawab oleh: dr. Fiona Amelia MPH

Terima kasih telah bertanya tentang MPASI melalui fitur Tanya Dokter.

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) dianjurkan ketika bayi menginjak usia 6 bulan. Sebenarnya, sejak usia 4-6 bulan, bayi sudah mulai mampu mengontrol kepala dan memiliki koordinasi mulut. Selain itu, gusi bayi mulai mengeras dan saluran pencernaan bayi sudah mulai menghasilkan enzim-enzim pencernaan. Namun pada usia 4-6 bulan, kemampuan makan bayi baru dalam tahap perkembangan, saluran pencernaan pun belum sempurna untuk menerima makanan semi padat.

Secara fisik, bayi baru benar-benar siap untuk menerima makanan semi padat pada usia 6 bulan, sehingga berbagai organisasi kesehatan anak di dunia hingga saat ini menyarankan pemberian MPASI dimulai pada usia 6 bulan.

Bila yang Anda maksud dengan 'mencoba' hanya sekedar menjilat saja atau mencicipi saja, masih diperbolehkan. Yang penting tidak membuat konsumsi ASI bayi berkurang.

Terkait keluhan muntah pada bayi dapat Anda baca di sini: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Gumoh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar MPASI. Semoga bermanfaat. (FA)

27 Mei 2017, 06:05 WIB

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter