Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Benar

Info Penanya, pria 21 Tahun

mengapa pada saat setelah makan ataupun mengunyah gigi langsung nyeri pada bagian gigi berlubang . akan tetapi rasa sakit itu ga berlangsung lama hanya sekitar 5-15 menit saja . apa penyebab dari gejala tersebut dan bagaimana cara saya mengatasinya ?

05 Jun 2017, 17:29 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi gigi berlubang dengan benar melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan gejala yang anda sampaikan, dugaan kami gigi berlubang anda sudah mencapai lapisan dentin. Gejalanya sakit setelah makan karena lubang gigi kemasukan makanan, lalu sakitnya hilang bila gigi terbebas dari sisa makanan. Gigi berlubang atau karies adalah suatu keadaan dimana gigi mengalami kerusakan. Kerusakan yang telah terjadi ini tidak boleh dibiarkan dan harus segera dirawat oleh dokter gigi. Perawatan pada gigi berlubang dapat berupa penambalan atau perawatan lainnya seperti perawatan saluran akar, bergantung dari kondisi gigi itu sendiri, yaitu seberapa dalam, besar dan letak dari lubang tersebut. Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan perawatan yang tepat.

Hal yang sangat penting untuk mengatasi lubang gigi adalah melakukan penambalan gigi. Minum obat saja tidak dapat menyembuhkannya, hanya meredakan sakitnya saja. Kunjungan kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali sangat diperlukan guna menditeksi dini lubang pada gigi yang tanpa gejala dan membutuhkan perawatan. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengatasi gigi berlubang dengan benar, semoga bermanfaat.

05 Jun 2017, 17:29 WIB

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter