Gigi Berlubang

Info Penanya, pria 27 Tahun

Selamat pagi bu...saya mau tanya...saya sekarang menderita sakit gigi karena gigi saya berlubang..setiap habis makan jika gigi saya kemasukan makanan sakit banget..lalu menyerang kepala saya...terasa sakit banget...mohon penjelasannya dok...terima kasih

16 Jun 2017, 11:52 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar gigi berlubang melalui fitur Tanya Dokter

Didalam gigi terdapat serabut saraf yang sensitif. Apabila gigi tersebut berlubang, maka iritasi berupa makanan, minuman dingin/panas dapat merangsang saraf tersebut dan menimbulkan rasa ngilu yang luar biasa, dan seringkali disertai dengan sakit kepala.

Perlu kami jelaskan sebelumnya bahwa penyakit gigi berlubang itu tidak sama dengan penyakit di organ lainnya. Kalau penyakit organ lainnya jika ditangani dengan obat, kemungkinan besar bisa langsung sembuh kembali. Namun berbeda dengan penyakit gigi atau yang kita sebut Karies Gigi. Gigi adalah jaringan keras yang bila sudah mengalami karies maka TIDAK DAPAT SEMBUH bila hanya diminumi obat, bahkan jika anda sudah menggosoknya setiap hari dan menggunakan mouthwash secara sangat teratur.

Yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan gigi-gigi lain yang masih sehat adalah menyembuhkan Karies gigi yang sudah dari lama itu dengan melakukan perawatan pada gigi-gigi tersebut di dokter gigi. Perawatan yang dilakukan tergantung dengan keadaan dan sisa gigi anda saat ini, bisa berupa penambalan, perawatan saluran akar bahkan pencabutan.

Oleh karena itu untuk mencegah agar karies gigi tidak menyebar ke gigi yang masih sehat, segera periksakan dan lakukanlah perawatan gigi anda ke dokter gigi. Karena sampai hari ini belum ada teknologi atau obat yang bisa menyembuhkan dan mengobati gigi yang sudah mengalami karies atau keropos. Tentunya anda tidak ingin memakai gigi palsu pada usia muda bukan?

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar gigi berlubang, Semoga bermanfaat

16 Jun 2017, 11:52 WIB

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter